--> Skip to main content

Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas


Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas - Tungku kompor merupakan bagian dari kompor gas yang paling sering dan rentan berkerak gosong. Hal itu dikarenakan tungku bersentuhan langsung dengan api dan juga sering terkena lelehan minyak dari makanan.



Cara Membersihkan Kerak Yang Membandel Pada Tungku Kompor Gas


Apabila tungku yang berkerak atau berkarat dibiarkan tentunya akan jadi masalah, api yang tadinya biru menjadi merah. Namun membersihkan tungku kompor das tidaklah mudah, karena sewaktu dicuci dengan air sabun pun tidak hilang, bahkan air sabun pun tidak berbusa. Hal itu dikarenakan banyak lelehan minyak sewaktu memasak.


Apabila Anda kesulitan bersihkan karat tungku kompor gas, silahkan coba dengan cara berikut ini.

Berikut cara menghilangkan kerak yang membandel pada tungku kompor gas :

  • Masukkan baking soda ke dalam wadah yang berisi air. Ukuran wadah harus bisa merendam semua bagian tungku kompor gas.
  • Kemudian masukkan tungku kompor gas ke dalam wadah yang berisi cairan baking soda, diamkan  semalaman.
  • Setelah dibiarkan semalaman, gosok tungku kompor yang bergerak menggunakan penggosok kawat yang biasa digunakan untuk mencuci piring menggunakan sabun. Apabila ada kerak yang membandel, coba gosok dengan sedikit lebih kuat. 
  • Setelah tungku kompor gas dibersihkan, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun. 
  • Setelah bersih segera keringkan. 
  • Selesai, tungku kompor gas sudah bersih dan segera pasang kembali ke kompor gas.


Itulah cara membersihkan tungku kompor gas yang berkerak yang bisa Anda coba. Jangan biarkan tungku kompor gas Anda berkerak, bersihkan secara rutin.



tag : cara membersihkan kompor gas yg apinya merah, cara membersihkan kompor tanam, cara membersihkan selang kompor gas, cairan pembersih tungku kompor gas, cara membersihkan kompor gas api kecil, cara membersihkan kompor minyak tanah, cara membersihkan kompor gas dengan coca cola, cara membersihkan kompor gas dengan baking soda
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar