Cara Mengusir Nyamuk Di Rumah Secara Alami - Monstutor.com

Menu Atas

Cara Mengusir Nyamuk Di Rumah Secara Alami

Rudiruzt
Selasa, Juni 16, 2020

Cara mengusir nyamuk di rumah secara alami - Nyamuk akan cepat sekali untuk berkembang biak saat memasuki musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya tempat genangan air yang menjadi sarang nyamuk untuk tempat bertelur.

Nyamuk cukup sulit untuk dibasmi karena dapat berkembang biak dengan cepat. Terutama lingkungan yang kotor dan banyak genangan air. Untuk itulah kita harus selalu memperhatikan lingkungan kita agar tidak ada genangan air yang dijadikan sarang untuk bertelur oleh nyamuk.





Jangan pernah menyepelekan gigitan nyamuk, karena nyamuk dapat menyebarkan penyakit, salah satunya penyakit demam berdarah Dengue.

Selain menggunakan obat nyamuk bakar dan semprotam pembasmi nyamuk yang ada di toko-toko, kita juga dapat mengusir nyamuk menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Selain murah, dengan menggunakan bahan alami tentunya lebih aman untuk kesehatan kita dan keluarga daripada menggunakan bahan kimia.

Lalu, bagaimana cara mengusir nyamuk secara alami tersebut ?



Untuk mengusir nyamuk dengan cara alami tanpa menggunakan bahan kimia sangat mudah. karena bahannya banyak di sekitar kita. Berikut cara pengaplikasian bahan alami tersebut untuk cara mengusir nyamuk yaitu :


1. Menggunakan Daun Serai.



Cara pertama untuk mengusir nyamuk secara alami yaitu menggunakan daun serai. Wangi dari daun Serai sering digunakan untuk memasak ini sangat dibenci oleh nyamuk. Jika ada lahan kosong di halaman rumah Anda lebih baik gunakan untuk menanam tanaman serai ini.

Untuk cara penggunaan daun serai untuk mengusir nyamuk caranya yaitu :


  1. Ambil daun serai secukupnya
  2. Lalu, campurkan dengan air secukupnya lalu haluskan dengan blender. 
  3. Kemudian diamkan kurang lebih 12 jam
  4. Setelah 12 jam kemudian saring air daun serai tersebut.
  5. Selanjutnya,masukkan air serai tersebut ke dalam botol semprotan 
  6. Semprotkan air daun serai tersebut  ke ke seluruh ruangan di rumah Anda. 




2. Menggunakan Kulit Jeruk.


Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Kulit Jeruk

Cara selanjutnya untuk mengusir nyamuk secara alami yaitu menggunakan kulit jeruk. Bau dari kulit jeruk sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kulit jeruk sudah terkenal sebagai bahan alami yang dapat mengusir nyamuk, salah satu buktinya banyak produk semprotan pengusir nyamuk yang di toko-toko menggunakan wangi dari kulit jeruk.



Untuk cara menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk sangat mudah, Hanya meletakkan kulit jeruk tersebut di ruangan-ruangan di rumah Anda.  Dengan begitu, selain memberi wangi alami pada ruangan juga dapat mengusir nyamuk.


3. Menggunakan Minyak Lavender.


Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Minyak Lavender


Aroma dari bunga lavender sangat dibenci oleh nyamuk. Seperti halnya kulit jeruk. Wangi dari Lavender juga sering digunakan di obat nyamuk bakar dan semprotan anti nyamuk. Jika halaman Anda memungkinkan, tanamlah bunga ini. Jika tidak memungkinkan kini banyak di toko-toko yang menjual minyak lavender, jadi lebih praktis.

Cara menggunakan minyak lavender untuk mengusir nyamuk yaitu :


  1. Siapkan minyak lavender dalam wadah.
  2. tambahkan dengan air sekitar 10% dari minyak lavender tersebut.
  3. Kemudian tambahkan ragi secukupnya.
  4. Kemudian aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
  5. Simpan wadah yang berisi larutan tersebut di ruangan rumah Anda.



4. Menggunakan Rosemary.


Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Rosemary.


Selain bunga lavender, ada juga bunga yang memiliki wangi yang tidak disukai oleh nyamuk yaitu bunga rosemary.

Sosok Rosemary sangat mirip Lavender, hanya berbeda dibentuk daunnya, rosemary daunnya kecil dan keras, sedangkan lavender lebih lembut dan panjang.

Manfaatkan halaman rumah Anda untuk menanam bunga rosemary di sekeliling rumah Anda. Bisa juga bunga rosemary yang berukuran kecil dapat ditanam di pot, sehingga dapat disimpan di ruangan dalam rumah, nyamuk pun enggan mendekat.

Jika Anda kesulitan menanam rosemary Anda dapat menggantinya dengan membakar dupa atau lilin yang beraroma rosemary.



5. Menggunakan Minyak Kayu Putih.


Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Minyak Kayu Putih.


Minyak eucalyptus atau minyak kayu putih mengandung zat aktif yang memiliki sifat antiseptik dan penolak serangga termasuk nyamuk ketika diterapkan pada kulit. Biasanya minyak kayu putih juga digunakan pada bayi atau untuk obat masuk angin.

Untuk cara mengusir nyamuk menggunakan kayu putih caranya sangat mudah, Anda tinggal mengoleskan  minyak kayu putih pada bagian tubuh Anda. Agar lebih efektif Anda dapat menambahkkan tetesan lemon.

Selain dioleskan pada tubuh Anda, dapat juga menyemprotkan minyak kayu putih yang sudah dicampur air lemon tempat nyamuk banyak bersarang atau seluruh ruangan rumah Anda.




6. Menggunakan Bawang Putih.





Banyak sekali khasiat dari bumbu dapur ini. Bawang putih sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, ternyata bawang putih juga tidak disukai oleh nyamuk.

Anda  mungkin tidak menyukai dari bau bawang putih ini tapi karena baunyalah nyamuk menjauh dari rumah Anda. Bau kuat dan pedas dari bawang putih mencegah gigitan nyamuk dan mencegah mereka memasuki rumah.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengusir nyamuk adalah :

  1. Siapkan beberapa siung bawang putih 
  2. Kemudian  rebus bawang putih tersebut.
  3. Ambil dan masukkan air rebusan tersebut ke dalam botol semprotan. 
  4. Setelah itu, semprotkan air bawang putih tersebut ke seluruh ruangan di rumah Anda.


Baca juga : Cara Mengusir Kelelawar Dari Rumah

7. Menggunakan Kopi Bubuk.

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Kopi Bubuk


Selain mengusirnya, kita juga harus mencegah nyamuk tersebut berkembang biak dengan membasmi telur-telur nyamuk tersebut. Untuk membasmi telur nyamuk kita dapat menggunakan bubuk kopi.


Caranya sangat mudah yaitu taburkan bubuk kopi di tempat-tempat yang memiliki genangan air. Kemudian, telur nyamuk yang ada dalam air genangan tersebut akan muncul ke permukaan air karena bubuk kopi. Ketika telur nyamuk menempel di bubuk kopi dan naik ke permukaan, mereka akan kehilangan oksigen. Cara ini akan menghambat benih nyamuk menetas dan mencegah nyamuk berkembang biak.



8. Menggunakan Kapur Barus.


Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Kapur Barus.


Kapur barus memang ampuh untuk cara mengusir berbagai macam serangga termasuk mengusir nyamuk.  Untuk mengusir nyamuk menggunakan kapur barus caranya yaitu :

  • Siapkan beberapa butir kapur barus.
  • Gerus dan haluskan kapur barus tersebut.
  • Kemudian masukkan ke dalam sgelas yang berisi air.
  • Letakkan gelas yang berisi air  kapur barus tersebut di sudut ruangan  rumah Anda.


9. Menggunakan Aplikasi Suara Ultrasonik.


Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Aplikasi Suara Ultrasonik.




Gelombang ultrasonik merupakan gelombang suara dengan frekuensi di atas 20 KHz yang bisa didengar oleh berbagai serangga termasuk nyamuk. Dengan mendengar gelombang ultrasonik tersebut, nyamuk akan terganggu dan akan segera menyingkir.


Suara Ultrasonik ini dapat kita unduh dari internet menggunakan smartphone kita.Setelah Aplikasi tersebut berhasil terpasang di ponsel Anda. Coba Anda buka aplikasi tersebut dan Anda nyalakan gelombang suara tersebut, maka nyamuk pun akan menjauhi gelombang suara tersebut. Tapi tenang saja Tapi jangan khawatir, Anda tidak akan mendengar bunyi suara ultrasonik terbut. Karena, suara Ultrasonik berada di luar jangkauan kemampuan telinga manusia.



Kesimpulan :
Itulah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengusir nyamuk. Sebenarnya masih banyak cara-cara lainnya untuk mengusir nyamuk. Selain mengusirnya, cegahlah nyamuk untuk berkembang biak dengan cara membersihkan lingkungan rumah Anda dan memastikan tidak ada genangan air yang dijadikan sarabg oleh nyamuk untuk bertelur. Semoga bermanfaat..!!




Buka Komentar

Tidak ada komentar: