--> Skip to main content

Cara Penyerbukan Bunga Kamboja

Cara Penyerbukan Bunga Kamboja



Cara Penyerbukan Bunga Kamboja - Salah satu varietas bunga kamboja yang paling sering dicari dan termasuk dalam kelompok bunga paling indah di dunia jenis Adenium obesum.

Tanaman bunga kamboja ini di Indonesia terkenal dengan sebutan bunga kamboja jepang. Bunga ini bukan berasal dari negara Jepang. Kenapa disebut bunga kamboja jepang ? karena cara budidaya tanaman ini dengan cara bonsai sehingga disebut Bunga Kamboja Jepang.

Teknik memperbanyak atau budidaya tanaman kamboja jepang memang banyak, Namun bagi mereka yang merawat bunga kamboja jepang seringkali mengalami kesulitan.

Bisanya kesulitan bagaimana caranya untuk menghasilkan bunga kamboja jepang yang banyak, sehingga bonsai kamboja jepang akan terlihat lebih indah.

Lalu bagaimana caranya agar bunga kamboja menghasilkan bunga yang banyak ? 

Caranya adalah kita membantu penyerbukan bunga kamboja jepang itu sendiri.




Apa itu penyerbukan ?

Penyerbukan adalah salah satu fase pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman. Hasil dari penyerbukan ini dapat menghasilkan satu individu baru.

Dengan proses penyerbukanlah keberadaan bunga kamboja jepang di alam dapat dengan mudah ditemukan.

Bunga kamboja bisa dilakukan penyerbukan oleh hewan dan manusia. Penyerbukan kamboja jepang dapat dengan mudah dilakukan pada bulan akan lebih mudah berkembang. 

Faktor seperti banyaknya bunga yang dihasilkan lebih maksimal jika anda melakukan penyerbukan bukan pada masa bunga kamboja jepang berbunga. 

Bunga kamboja jepang merupakan bunga yang dapat tumbuh sepanjang tahun. Hanya saja karakteristik setiap jenis bunga kamboja jepang untuk berbunga berbeda.

Oleh karena itu fungsi penyerbukan dengan melakukan perkawinan antar jenis kamboja jepang banyak dilakukan oleh ahli tanaman. 



Cara Penyerbukan Bunga Kamboja Oleh Manusia.


Penyerbukan kamboja jepang oleh manusia cenderung lebih cepat menghasilkan dibandingkan dengan hewan.

Banyak sekali teknik yang dapat dilakukan para pecinta tanaman ini untuk membantu penyerbukan bunga kamboja agar menghasilkan bunga kamboja jepang yang indah dan banyak hanya dalam 1 cabang.

Jika Anda mau  membantu penyerbukan bunga kamboja, berikut cara penyerbukan bunga kamboja yang harus Anda lakukan :


  • Siapkan bunga kamboja jepang yang sudah memiliki diameter bunga yang cukup besar sebagai penyedia serbuk sari.  Serta bunga lainnnya sebagai tempat penyedia putik serta tempat berkembangnya bakal biji.
  • Kemudian potong pada bagian kelopak bunga hingga bagian serbuk sari terlihat. Gunakan tusuk gigi, korek kuping atau kayu kecil untuk mengambil serbuk sari bunga kamboja yang berdiameter besar.
  • Kemudian tempatkan pada bagian putik bunga kamboja jepang anda. Pastikan anda meletakkannya dengan benar supaya terjadi pembuahan nantinya.
  • Tutup permukaan bunga kamboja jepang yang anda lakukan penyerbukan dengan selotip supaya serbuk sari tidak berpindah tempat.


Apabila proses penyerbukannya berhasil, maka kelopak bunga kamboja jepang akan terlepas dengan sendirinya. Selanjutnya, bagian-bagian bunga yang berfungsi sebagai tempat terbentuknya bakal biji yaitu stigma akan berkembang. 

Bakal biji yang nantinya akan berkembang menjadi biji inilah yang perlu anda ketahui bagaimana cirinya. 

Biji bunga kamboja jepang memiliki ukuran yang kecil tetapi masih bisa dilihat dan dipegang dengan mudah. Bentuknya lonjong dan panjang serta memiliki tekstur biji yang kasar dengan warna cokelat muda yang seragam.

Itulah tentang cara penyerbukan bunga kamboja. Jika Anda ingin bunga kamboja Jepang berbunga yang banyak lakukan penyerbukan dengan mengikuti cara tadi. (rdzt)




-----------------







Tag : cara penyerbukan bunga kamboja brainly, cara penyerbukan bunga matahari, cara penyerbukan bunga mawar, cara penyerbukan bunga kamboja secara singkat, cara penyerbukan bunga sepatu, penyerbukan kamboja jepang, cara penyerbukan bunga melati, cara penyerbukan bunga anggrek.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar