--> Skip to main content

Cara Memberi Password Pada Folder Windows dan Android




Cara Memberi Password Pada Folder Windows dan Android - Apakah Anda punya file penting yang tidak boleh orang lain mengetahuinya dan Anda ingin mengunci folder penting tersebut ?

Sangat penting sekali mengetahui cara memberi password pada folder agar aman tidak dapat dibuka oleh orang lain.

Penguncian sebuah folder dengan menggunakan password merupakan hal yang sangat penting. Dan bagi Anda yang ingin data-datanya lebih aman, Anda bisa membuat password untuk folder yang ada di Windows (PC) atau di Ponsel Android.

Berikut akan dijelaskan bagaimana caranya membuat password untuk setiap folder penting Anda. Simak penjelasannya di bawah ini.



Cara Memberi Password Folder di Windows (PC/Laptop)


Pada sistem operasi Windows sendiri memiliki sebuah fitur yang dinamakan enkripsi folder. Fitur yang satu ini dapat mengunci sebuah folder dengan sandi yang menempel pada akun standar atau akun administrator yang sedang melakukan login.

Apabila Anda memiliki suatu folder rahasia yang tak ingin dibuka oleh pengguna lain di komputer yang digunakan lebih dari satu orang, maka gunakanlah cara berikut  ini untuk mengunci folder-folder tersebut.

Cara Memberi Password Folder di Windows Tanpa Software

Berikut cara membuat password pada folder di windows tanpa menggunakan software yaitu :
  • Langkah pertama, buka file explorer. Kemudian buka folder yang akan diberi password.
  • Selanjutnya, klik kanan pada folder tersebut, lalu pilihlah menu Properties.
  • Selanjutnya pada menu bar General, klik Advanced.
  • Untuk memberi password pada folder, berikan tanda centang pada Encrypt content to secure data. Kemudian klik OK.
  • Klik OK lagi.
  • Terakhir, pilihlah Apply change to this folder, subfolder, and files. Lalu klik OK.


Cara Memberi Password Folder di Windows Menggunakan Software

Cara paling mudah untuk mengunci folder adalah menggunakan software. Salah satu software tersebut  yaitu 7Zip.

Berikut langkah-langkah menggunakan 7Zip untuk memberi password pada folder :

  • Pertama, download software 7-Zip. Kemudian, instal software tersebut.
  • Selanjutnya buka folder yang ingin diberi password, lalu klik kanan pada folder > 7Zip > Add to archive.
  • Setelah itu akan muncul jendela 7Zip. Pilihlah format arsip pada menu Archive Format.
  • Masukkanlah kode password untuk mengunci folder. Lalu klik OK.
  • Folder telah aman dengan password. Dan jika ZIP dibuka dengan file explorer, maka akan muncul pesan  "Windows cannot complete the extraction".



Cara Memberi Password Folder di Android


Cara terbaik untuk melindungi data-data file pada folder rahasia pada smartphone Android tentunya menggunakan password.  Hal tersebut bertujuan guna menjaga data pribadi pada smartphone agar tidak jatuh ke tangan orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebagian besar HP Android terbaru sudah mendukung fitur keamanan ini.  Fitur tersebut menjaga keamanan untuk mengunci aplikasi apa pun yang ada di sistem HP termasuk galeri.

Bagaimana jika smartphone Anda belum mempunyai fitur tersebut?

Tenang, jika Smartphone Android kita belum mempunyai fitur penguncian folder kita dapat menggunakan bantuan aplikasi tertentu yang dapat kita unduh di Google Playstore.

Di Google Playstore ada banyak sekali aplikasi keamanan yang bisa digunakan untukmenhunci aplikasi dan folder rahasia, salah satu aplikasi tersebut bernama App Lock.







App Lock adalah sebuah aplikasi Android yang dirancang khusus untuk memberi password, agar aplikasi-aplikasi lain yang terinstal tidak dapat dibuka oleh orang lain. Termasuk untuk mengunci folder galeri, 

Dengan aplikasi ini kita dapat mengunci aplikasi dan galeri dalam bentuk pola rahasia untuk membukanya. 

Untuk mengunci Aplikasi dan galeri di Android menggunakan Aplikasi AppLock adalah sebagai berikut :


  • Unduh di Google Playstore aplikasi yang bernama App Lock, kemudian  diinstal seperti biasa.
  • Buka aplikasinya. Setelah itu, di halaman awal, Anda bisa ketuk Setuju pada notifikasi yang muncul, lalu buat pola awal untuk aplikasi.
  • Masukkan email keamanan. Nanti akan muncul sesuai email Android yang posisinya sedang login di HP Anda. Kalau sudah, ketuk tombol Simpan.
  • Di menu utama aplikasi App Lock > Geser ke bawah > Kemudian cari aplikasi Galeri. Jika sudah ketemu, klik logo kunci yang ada di bagian kanan.
  • Dengan demikian, sekarang aplikasi Galeri di HP Anda sudah berhasil terkunci. Untuk mencobanya cukup buka saja galeri Hp Anda. Jika belum berhasil, coba restart dulu HP Anda, kemudian hapus cache dari aplikasi Galeri.




Demikian cara-cara mengenai  memberi password pada folder di Windows dan Android. Dengan cara ini folder pribadi Anda pun akan aman. Semoga ini bermanfaat.




tag: cara membuat folder lock, cara membuat password pada folder file tanpa software, cara mengunci folder di windows 10 tanpa aplikasi, cara mengunci folder dengan properties, cara membuat password pada folder sharing windows 10, cara buat security folder, cara mengunci folder dengan 7zip, tutorial cara membuat password pada folder.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar