--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Cara mengatasi dan menghilangkan kutu pada kucing peliharaan


Cara mengatasi dan menghilangkan kutu pada kucing peliharaan. Kucing memang dapat dikatakan binatang paling lucu dan menggemaskan, sehingga banyak orang memeliharanya. Namun bagaimana jika kucing yang kita pelihara tejangkit kutu ?

Kutu merupakan parasit eksternal menular yang hidup dengan menghisap darah mamalia termasuk manusia.Jenis kutu pada kucing disebut Ctenocephalides felis. Serangga ini berukuran kecil dan susah dilihat dengan mata telanjang.


Kucing peliharaan kita dapat terjangkit kutu akibat kontak langsung dengan kucing peliharaan lain yang sebelumnya sudah terinfeksi. Kutu yang terdapat pada kucing tidak dapat hidup pada manusia, namun dapat menggigit manusia yang dapat menimbulkan gatal bahkan reaksi alergi bagi yang sensitif.


Gejala Kutu Pada Kucing.


Apabila Anda melihat bulu kuncing Anda rontok atau bulunya berantakan,adanya benjolan, disertai adanya luka memerah pada kulitnya, segera periksa bulu kucing Anda apakah benar ada kutunya.

Kucing yang sudah terinfeksi oleh kutu akan terlihat lesu dan tidak lincah seperti biasanya. Hal tersebut diakibatkan dehidrasi akibat gigitan kutu. Gejala akhir yaitu anemia. Makin banyaknya kutu yang menyerang kucing, makin banyak pula kucing tersebut kehilangan darah. Ini merupakan tahap yang paling parah.


Lalu bagaimana cara mengatasi kutu kucing tersebut ?

Baca juga : Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok.

Cara Mengatasi Kutu Pada Kucing Peliharaan.


Selain dibawa ke salon tempat perawatan kucing untuk mengatasi kutu kucing, kita juga dapat melakukannya sendiri untuk menghilangkan kutu pada kucing peliharaan kita.

Dengan cara melakukannya sendiri untuk hilangkan kutu pada kucing Anda, tentunya dapat mengurangi biaya perawatan kucing kesayangan Anda.

Berikut cara hilangkan kutu pada kucing yang dapat Anda lakukan sendiri :

1. Mandikan kucing menggunakan sampo anti kutu.
Kucing peliharaan seharusnya mendapatkan perawatan khusus, salah satunya yaitu memandikannya agar bersih. Dengan memandikan kucing juga bertujuan menghilangkan kutu dan juga telur kutu yang terdapat pada bulu kucing.

Saat memandikan kucing ini, gunakan sampo khusus anti kutu kucing. Sampo tersebut dapat Anda beli di toko-toko yang menjual produk tersebut. Anda dapat menggunakan sampo anti kutu ini secara rutin, sebulan sekali, agar kutu tidak kembali menghinggapi kucing kesayangan Anda.


2. Beri Obat anti kutu.
Selain sampo, di petshop biasanya juga menjual obat anti kutu. Anda dapat membeli dan menggunakan obat kutu tersebut untuk atasi masalah kutu pada kucing kesayangan Anda.


3. Olesi bulu kucing menggunakan minyak telon.
Ternyata minyak telon dapat menghilangkan kutu pada kucing. Caranya dengan mengusapkan minyak telon ke bagian kulit kucing yang terdapat banyak kutu. Namun perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak mengolesnya agar tidak terjilat si kucing.


4. Semprot Bulu kucing menggunakan cairan Lidah buaya.
Anda dapat memanfaatkan lidah buaya untuk mengusir kutu pada kucing peliharaan Anda. Caranya cukup mudah, buat jus campuran lidah buaya dan sedikit cabai rawit lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan pada bagian tubuh kucing yang terdapat banyak kutu. Namun ingat Jangan terkena atau masuk ke mata dan telinga kucing.


5. Semprot bulu kucing Menggunakan cairan Lemon.
Air lemon juga dapat menghilangkan kutu pada kucing peliharaan Anda. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon sangat tidak disukai oleh kutu kucing. Caranya cukup mudah, potong satu buah lemon menjadi empat bagian dan masukkan ke dalam air mendidih, pastikan lemon tersebut terendam air panas. Biarkan semalam, lalu saring. Kemudian masukkan ke botol semprotan. Lalu semprotkan pada bulu kucing Anda dijamin kutunya pada kabur.


6. Olesi bulu kucing Menggunakan Cuka Apel.
Cuka pada sari apel mengeluarkan bau busuk yang tidak disukai kutu sehingga Anda dapat menjadikan cuka apel sebagai cara alternatif hilangkan kutu pada kucing kesayangan Anda . Caranya pun mudah, Anda langsung olesi bulu kucing dengan cuka Apel. Selain diolesi Anda juga dapat mencampur sari buah apel dan air dengan perbandingan 2:1. Masukkan ke botol semprot, semprotkan pada bagian tubuh kucing yang terkena kutu.


7. Olesi bulu kucing menggunakan Minyak Zaitun.
Minyak zaitun dapat membantu menghilangkan kutu kucing secara alami. Tempatkan anak kucing Anda di bak mandi atau wastafel. Olesi bulu kucing Anda dengan minyak zaitun, berhati-hatilah saat menggosoknya. Diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit bilas kucing dengan air. Ulangi proses ini dua kali seminggu selama tiga minggu sampai Anda tidak melihat lagi kutu pada bulu kucing peliharaan Anda.


7. Rendam kucing dalam air garam hangat.
Garam juga dapat menghilangkan kutu pada kucing, terutama larva dan telur kutu. Caranya tambahkan garam ke air hangat yang cukup, lalu rendam kucing ke dalam air garam hangat.


8. Sisir bulu kucing menggunakan sisir khusus kutu kucing.
Dengan menyisir bulu kucing juga dapat menghilangkan kutu pada kucing. Anda dapat menggunakan sisir khusus yang bisa dibeli di petshop terdekat.


9. Batasi kucing keluar rumah.
Semakin sering kucing bermain di luar, semakin besar pula kemungkinannya terkena kutu. Selama masa pengobatan si kucing, Anda dapat mengawasi kegiatan kucing dan menutup aksesnya ke luar rumah.



Cara menghilangkan kutu kucing memang tidaklah mudah dibutuhkan konsistensi dan kesabaran Anda. Selain itu, lebih disarankan menggunakan cara yang alami dibanding menggunkan obat-obatan berbahan kimia. Selain itu, jaga lingkungan sekitar kandang kucing tetap bersih agar kucing kesayangan Anda terhindar dari berbagai macam penyakit salah satunya kutu kucing. Semoga artikel ini bermanfaat. 







Tag : cara menghilangkan kutu kucing dengan garam, cara menghilangkan kutu kucing di rumah, cara menghilangkan kutu kucing dengan sunlight, cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon, cara menghilangkan kutu kucing dengan jeruk nipis, cara menghilangkan kutu kucing di kasur, cara menghilangkan kutu kucing pada manusia, cara menghilangkan telur kutu kucing



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar