--> Skip to main content

Cara Mengobati Bengkak Akibat Sengatan Tawon

Cara Mengobati Bengkak Akibat Sengatan Tawon



Cara Mengobati Bengkak Akibat Sengatan Tawon - Orang yang tersengat tawon atau lebah biasanya akan mengalami reaksi alergi. Sengatan tersebut dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa terasa panas seperti terbakar, kemerahan, rasa gatal, hingga pembengkakan pada bagian luka akibat sengatan tawon. 


Bahkan bila seseorang terkena sengatan secara bersamaan oleh beberapa/banyak tawon akan beresiko muntah, diare, pingsan, sesak nafas, bahkan kematian.

Pengobatan untuk sengatan tawon tergantung pada tingkat keparahan kondisi. Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada antiracun (penawar) khusus yang tersedia untuk melawan racun yang disengatkan oleh tawon. Namun, berikut ini merupakan cara mengobati bengkak akibat sengatan tawon, yaitu:


  • Cuci bagian kulit yang terkena sengatan menggunakan sabun dan air untuk mengeluarkan bisa tawon.
  • Kompres dengan es batu pada bagian yang tersengat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan.
  • Jaga agar luka bekas sengatan tawon tetap bersih dan kering untuk mencegah infeksi.
  • Tutup luka sengatan tawon dengan kain kasa atau perban  jika dibutuhkan.
  • Olesi luka sengatan menggunakan krim hidrokortison, losion kalamin, atau obat antihistamin jika gatal atau iritasi kulit mengganggu.
  • Minum obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen, jika nyeri akibat sengatan tidak tertahankan.
  • Pertimbangkan untuk melakukan suntik tetanus, beberapa hari setelah sengatan terjadi.
  • Jika terjadi syok anafilaktik setelah disengat tawon, Anda akan memerlukan suntikan epinefrin untuk menstabilkan peredaran darah, resusitasi jantung paru (RJP) jika pernapasan berhenti sejenak, serta pemberian oksigen dan obat lain seperti kortikosteroid atau antialergi untuk membantu pernapasan Anda.

Baca juga : Cara Mengusir Tawon atau Lebah.

Cara Mengobati Sengatan Tawon Secara Alami.



Setelah Anda tersengat tawon, sebaiknya segera cabut sengat yang biasanya tertinggal di lokasi bekas sengatan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi jumlah racun yang masuk ke dalam kulit.

Meski sengat telah dicabut rasa sakit dan bengkak tersebut tak akan mudah hilang, jadi lakukanlah beberapa tips cara pengobatan sengatan tawon secara alami di bawah ini untuk meringankan rasa sakit Anda.

Berikut cara mengatasi sengatan tawon secara alami yaitu :



  • Es batu. Es batu merupakan salah satu pengobatan yang baik digunakan untuk mengatasi inflamasi. Caranya, masukkan es batu ke dalam pembungkus/kain lalu oles-oleskan ke kulit yang tersengat tawon. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan rasa gatal akibat sengatan.
  • Pasta gigi. Pasta gigi juga dapat memberikan sensasi dingin pada kulit yang mengalami peradangan. Oleskan pasta gigi tersebut ke daerah yang terkena sengatan. Diamkan selama kurang lebih 1,5 jam lalu bilas dengan air bersih.
  • Madu. Madu dapat membantu kita meringankan sakit tersengat lebah. Caranya cukup mudah, siapkan madu murni dan oleskan pada lokasi bekas sengatan, kemudian diamkan sejenak selama kurang lebih 1 jam. Namun jika orang yang terkena sengatan mengalami alergi, maka jangan gunakan madu.
  • Minyak lavender. Minyak lavender yang mempunyai bau harum yang khas ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi sengatan lebah. Minyak lavender bekerja dengan cara menetralisir racun lebah sehingga tidak menyebar ke dalam tubuh. Caranya, teteskan satu sampai dua tetes minyak lavender pada luka bekas sengatan.




Jika Anda disengat oleh tawon, cobalah untuk menerapkan cara mengobati sengatan tawon di atas. Namun jika bengkak akibat sengatan tawon tersebut tidak kunjung sembuh atau Anda merasa lemas dalam waktu yang cepat, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.



Tag : cara mengobati sengatan lebah yang sudah membengkak dan gatal, cara mengobati wajah bengkak akibat sengatan tawon, cara mengobati sengatan tawon vespa. obat digigit tawon di apotik, obat alami digigit tawon yang sudah bengkak, resep obat digigit tawon, cara mengobati sengatan lebah di kepala, sengatan lebah dapat dinetralkan dengan menggunakan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar