--> Skip to main content

Cara Aman Membersihkan Udel Kotor

Cara Aman Membersihkan Udel Kotor



Cara Aman Membersihkan Udel Kotor - Udel atau pusar merupakan bagian dari tubuh kita yang biasanya kurang mendapat perawatan soal kebersihan. Padahal sangat dianjurkan untuk membersihkan pusar secara rutin.

Tanpa kita sadari ada ribuan bahkan jutaan macam bakteri di dalam pusar yang dapat membahayakan tubuh kita. Menurut sebuah penelitian, setidaknya ada 67 spesies bakteri yang ada dalam pusar atau udel. Oleh karena itu, butuh cara membersihkan udel yang kotor.


Ada dua jenis udel pada manusia, yaitu outie dan innies. Pusar outie adalah sebutan untuk pusar yang menonjol keluar alias udel bodong.

Sedangkan udel atau pusar innies adalah udel yang masuk ke dalam. Masing-masing jenis udel memiliki cara penanganan tersendiri untuk membersihkannya.

Pada pusar outie, cara membersihkan pusar yang kotor dengan menggunakan kain atau lap yang lembut. Sedangkan cara membersihkan pusar innies bisa menggunakan cutton bud untuk menjangkau kotoran yang ada di dalamnya.

Membersihkan udel sangat dianjurkan secara teratur. Hal ini dikarenakan banyaknya kuman yang bersarang dipusar. Pusar juga merupakan bagian yang seringkali terlewatkan ketika membersihkan tubuh.

Ada ribuan bakteri di pusat perut. Untuk itu, kamu perlu tahu cara membersihkan yang alami dan aman, juga berhati-hati dalam membersihkannya agar tidak menimbulkan luka dan tidak memberikan efek samping.

Ketika pusar tidak dibersihkan sama sekali, akan berpotensi mengeluarkan aroma tidak sedap hingga infeksi.Oleh karena itu disarankan untuk membersihkan pusar setiap kita mandi.

Membersihkan udel juga perlu berhati-hati agar tidak menimbulkan luka dan tidak memberikan efek samping. Berikut cara aman membersihkan udel yang kotor.


1. Cara Membersihkan Udel Menggunakan Cotton Bud.

Cara membersihkan udel yang kotor pertama bisa dilakukan dengan menggunakan cotton bud dan cairan. Gunakan satu cotton bud dan mencelupkannya ke dalam cairan zat pembersih.

Apabila kamu menggunakan alkohol atau hydrogen peroksida, kamu harus mengencerkan kedua cairan ini sehingga tidak membahayakan kulit. Caranya, celupkan cotton bud dalam cairan selama beberapa detik hingga cairan meresap ke dalam pori-pori. Kemudian gunakan gunakan untuk membersihkan secara perlahan dan lembut untuk mengorek kotoran bagian dalam pusar.


2. Cara Membersihkan Udel Saat Mandi.

Cara membersihkan udel yang paling mudah dan tepat adalah saat mandi. Setelah kamu selesai mandi, gunakan wadah atau gayung untuk mencampurkan air dengan sabun mandi secukupnya.

Gunakan kain atau handuk yang bersih dan lembut. Lalu celupkan kain tersebut ke air campuran sabun. KEmudian bersihkan bagian sekitar pusar dengan menyekanya dengan lembut. Bilas pusar dengan air bersih setelah kamu selesai membersihkannya.


3. Cara Membersihkan Udel Menggunakan Scrub.

Cara membersihkan udel yang kotor dapat dilakukan menggunakan scrub alami yang terbuat dari kopi bubuk dan campuran air. Caranya mirip menggunakan lulur pada tubuh.

Namun, saat menggosok pusar kamu harus menggosoknya secara perlahan dan lembut. Hal ini dikarenakan kulit yang ada di pusar sangat tipis dan rentan mengalami iritasi.


4 Cara Membersihkan Udel Menggunakan Minyak Kelapa Hangat.

Apabila kotoran di udel sudah terlihat sangat tebal dan sulit dibersihkan, gunakanlah minyak kelapa yang sudah dihangatkan untuk menghilangkannya. Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran dengan efektif.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa hangat pada pusar dan menyeka pusar dengan kapas atau kain katun searah jarum jam, lalu membersihkannya dengan arah sebaliknya.



5. Cara Membersihkan Udel Menggunakan Air Lemon.

Cara membersihkan udel yang kotor dengan bahan alami lainnya dengan menggunakan air lemon. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu rendam kapas dengan perasan air lemon.

Lalu gosok dengan lembut area pusar dengan kapas yang sudah direndam. Selain bisa membersihkan, air lemon dapat menghilangkan bau akibat tumpukan kotoran di pusar.



6. Cara Membersihkan Udel Menggunakan Baby Oil.

Cara membersihkan udel  yang besar lainnya dengan menggunakan baby oil. Caranya dengan meneteskan baby oil dalam lubang pusar dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Setelah kotoran udel melunak, gosok secara perlahan dan lembut udel kamu dengan kapas agar kotoran terangkat. keringkan bekas baby oil dengan tisu atau lap lembut dan bersih.

Apabila kamu memiliki udel innies, kamu bisa menggunakan cotton bud untuk memudahkan mengorek kotorannya. Selain menggunakan baby oil, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun atau losion tubuh.






Tag: cara membersihkan pusar yang bau, cara membersihkan kotoran pusar yang membatu, bahaya membersihkan pusar, cara membersihkan kotoran pada pusar saat hamil, pusar kotor hitam, hukum membersihkan pusar dalam islam, sakit perut setelah membersihkan pusar, cara membersihkan kotoran pusar yang membatu saat hamil.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar