--> Skip to main content

Cara Bersihkan Face Shield Yang Benar

Cara Bersihkan Face Shield Yang Benar



Cara Bersihkan Face Shield Yang Benar - Face shield merupakan salah satu alat penting yang dipakai perlindungan dari covid-19 di era new normal sekarang ini. Lalu bagaimana cara membersihkan pelindung wajah atau face shield yang benar ?

Sama seperti masker, face shield merupakan salah satu barang atau alat yang wajib dimiliki pada era new normal seperti sekarang ini.

Face shield dibuat bertujuan sebagai alat alat perlindungan diri tambahan untuk melindungi Anda dari cipratan droplet.

Cara mendapatkannya juga cukup mudah, hanya tinggal membelinya di online shop atau beli di toko perlengkapan terdekat di sekitar rumah Anda.

Namun, pemeliharaan face shield tidak mendapatkan perhatian khusus seperti masker. Masih banyak masyarakat yang belum tahu kalau face shield harus sering dibersihkan dan dicuci dengan benar.

Untuk itu, kami buat artikel tentang bagaimana cara membersihkan face shield agar tetap terlindung dari bahaya virus corona, silahkan simak tips berikut ini.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) tidak pernah menganjurkan penggunaan face shield untuk tambahan pencegahan utama COVID-19 setelah masker dan cuci tangan dengan sabun dan air secara rutin.

Sama halnya dengan masker, face shield juga beresiko terpapar virus dan bakteri. Maka itu, menurut alat ini harus rutin dibersihkan. Bisa saja ada droplet lawan bicara kita menempel di face shield yang kita gunakan.

Perlu diketahui, penggunaan face shield oleh nakes di rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya hanya untuk sekali pakai.

Namun untuk masyarakat, sebaiknya gunakan face shield yang dapat dicuci atau digunakan lebih dari sekali pakai. Face shield masyarakat ini bisa digunakan sebagai perlindungan diri untuk ke pasar, ke mall, tempat kerja, dan masih aman digunakan jika sering dibersihkan.

Face shield memang bisa digunakan berulang, namun bukan berarti bisa digunakan selamanya. Alat proteksi ini ada masa kedaluwarsa atau masa pakainya.

Face shield harus dibuang jika karet-karet penyangganya sudah kendur, kaca sudah buram, atau kacanya sudah retak, bahkan bolong-bolong. Jangan paksakan penggunaan face shield kalau barangnya sudah rusak. Bukan melindungi, malah nantinya merugikan Anda sendiri. Gantilah dengan baru dan rawatlah dengan baik kalau face shield mau berumur lebih panjang.

Untuk Membersihkan face shield tidak boleh sembarangan atau hanya sekedar dibersihkan dengan air, ada beberapa langkah atau step yang harus diperhatikan agar  face shield dapat digunakan berulang kali. Berikut caranya:


  • Pertama, rendam face shield dalam air hangat untuk menghilangkan partikel droplet, debu, atau virus.
  • Bersihkan bagian dalam serta luar face shield dengan kain, spons, atau lap bersih yang dibasahi dengan sabun (bisa pakai sabun pencuci piring). Setelahnya bilas dengan air.
  • Lalu bersihkan bagian luar pelindung wajah menggunakan kain bersih yang dibasahi larutan desinfektan. Lakukan dengan hati-hati, jangan menggosok terlalu keras.
  • Setelah itu, bilas bagian luar pelindung wajah dengan air bersih untuk menghilangkan residu sabun.
  • Agar plastik kaca face shield tetap bening, seka dengan alkohol.
  • Setelah selesai, keringkan face shield dengan handuk atau kain lembut berbahan katun.
  • Tempatkan pelindung wajah di wadah penyimpanan yang memiliki sirkulasi udara.
  • Pastikan juga Anda telah mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah membersihkan face shield. Kebersihan tangan diperlukan supaya Anda tidak mengotori face shield Anda dengan bakteri dan virus di tangan.

Itulah cara membersihkan face shield yang benar agar face shield dapat digunakan berulang kali.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar