--> Skip to main content

Cara Cek Kuota Gratis Bantuan Kemendikbud

Cara Cek Kuota Gratis Bantuan Kemendikbud


Cara Cek Kuota Gratis Bantuan Kemendikbud  - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai menyalurkan bantuan kuota belajar untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Bantuan kuota belajar Kemendikbud nantinya bisa digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19.

Kuota belajar Kemendikbud diberikan pada nomor handphone murid dan pendidik dari semua operator komunikasi. Tentunya nomor handphone harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

"Bantuan kuota data internet yang diberikan terdiri atas kuota umum dan kuota belajar Kemendikbud. Untuk kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran," seperti yang dikutip dari laman Kemendikbud

Saat ini ada beberapa operator komunikasi yang melayani kebutuhan masyarakat Indonesia termasuk untuk internet. Koneksi internet sangat penting untuk belajar online yang diterapkan selama pandemi COVID-19.

Berikut cara cek kuota belajar Kemendikbud untuk Telkomsel, Indosat, Tri, XL dan Axis


1. Cara Cek Kuota Kemendikbud Telkomsel.


Koneksi internet Telkomsel saat ini tersedia melalui produk Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U. Guru dan murid yang telah menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud akan menerima SMS dari Telkomsel. Bagi yang ingin mengecek kuota belajar Telkomsel bisa langsung menghubungi nomor *888# atau lewat aplikasi MyTelkomsel.


2. Cara Cek Kuota Kemendikbud Indosat


Guru dan murid pengguna Indosat Ooredoo tentu tidak absen dari pemberian bantuan kuota belajar Kemendikbud. Pengecekan bantuan kuota belajar bisa melalui aplikasi myIM3 atau menghubungi nomor Unstructured Supplementary Service Data (USSD). Nomor USSD untuk kuota belajar Kemendikbud adalah *123*075# lalu pilih nomor satu.



3. Cara Cek Kuota Kemendikbud Tri


Pengguna Tri yang nomornya terdaftar dalam Dapodik dan PD Dikti akan menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud. Guru dan murid yang ingin mengecek sudah menerima bantuan atau belum bisa langsung menghubungi nomor USSD *123*10*3#. Pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang informasinya akan muncul di kolom kuota aplikasi dan edukasi.



4. Cara Cek Kuota Kemendikbud Xl dan Axis


Pengguna Xl dan Axis tak perlu repot jika ingin mengetahui apakah sudah menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud. Guru dan murid bisa langsung menghubungi nomor *123# lalu pilih info. Cara lain untuk mengeceknya adalah lewat aplikasi myXL dan AxisNet sesuai nomor operator komunikasi yang digunakan.