--> Skip to main content

Cara Membersihkan Aquarium Yang Berlumut dan Berkerak

Cara Membersihkan Aquarium Yang Berlumut dan Berkerak



Cara Membersihkan Aquarium Yang Berlumut dan Berkerak - Menghilangkan kerak pada aquarium sangatlah mudah. Namun terlebih dahulu anda perlu mengetahui penyebab-penyebab munculnya kerak, supaya dikemudian hari anda bisa mencegahnya. 

Penyebab utama munculnya kerak adalah karena kurang perawatan dari pemiliknya misalnya akuarium tidak dibersihkan secara rutin atau minimal tidak diberi ikan pembersih akuarium. Inilah kesalahan yang banyak dilakukan pemula. 

Perlu Anda ketahui bahwa air yang ada di dalam akuarium itu mengandung mineral yang berasal dari kotoran ikan, sisa makanan ataupun alga yang hidup di tumbuhan air/hardscape.

Penyebab lainnya akuarium yang sudah tidak dipakai, lalu dibiarkan di samping rumah dalam jangka waktu yang lama sehingga lama-kelamaan muncul jamur lumut yang susah dibersihkan walaupun sudah disikat, digosok dengan alat apapun.

Nah ketika air mengalami penguapan yang berdampak pada penurunan permukaan air, maka akan muncul noda putih pada kaca. Jika noda putih tersebut dibiarkan, lama-kelamaan akan timbul kerak yang sulit dibersihkan. Itulah mengapa kita harus perhatian terhadap kebersihan akuarium baik yang terbuat dari kaca, plastik atau fiber. Dan untuk menghilangkan lumut/alga kalian harus memelihara ikan pembersih akuarium.

Meskipun terlihat sepele, munculnya kerak pada kaca aquarium ataupun aquascape cukup mengganggu, karena dengan adanya noda hitam atau kerak dapat membuat kaca akuarium menjadi buram sehingga keindahan yang ada di dalamnya terlihat kurang menarik.

Bagi Anda yang sedang menghadapi masalah ini jangan khawatir. Berikut cara membersihkan Aquarium yang berlumut dan berkerak paling ampuh:


1. Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Cairan Pembersih Khusus.


Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Cairan Pembersih Khusus


Yang paling efektif dan paling ampuh adalah menggunakan cairan pembersih kerak kaca khusus aquarium. Menggunakan cara ini tidaklah gratis, untuk mendapatkan cairan anda harus membeli di toko akuarium. Cairan pembersih ini umumnya dijual antara Rp50.000-Rp100.000 (tergantung ukuran dan merknya).

Membersihkan Aquarium menggunakan cairan pembersih khusus tidak perlu menunggu lama, cukup disiramkan langsung pada kaca yang berkarat lalu dibersihkan menggunakan spons.

Merek cairan pembersih kaca aquarium sangatlah banyak, ada merk Titanic, merk Super Glass Cleaner bahkan yang tidak bermerk pun banyak. Cairan tersebut bisa anda gunakan untuk kaca bagian dalam maupun luar. Caranya:


  • Siapkan lap berupa, kuas bekas, spons, kain atau sikat gigi.
  • Ambil akuarium lalu bersihkan dari benda-benda apapun seperti sejenis aksesoris aquarium.
  • Fiber/kaca aquarium disiram pakai air, lalu diolesi cairan pembersih kaca memakai kuas tadi.
  • Jika cairannya bagus, paling tidak sampai satu menit kerak sudah terangkat.
  • Selanjutnya tinggal kalian sikat pakai spons lalu bilas dengan air dingin atau lebih bagus pakai air hangat.


Dengan langkah di atas kerak membandel tersebut akan hilang seketika.



2. Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Pasta Gigi.


Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Pasta Gigi

Bagi Anda yang ingin sedikit berhemat dapat memakai cara sederhana yang gratis tanpa harus membeli cairan khusus pembersih, cukup menyediakan pasta gigi atau sering disebut juga odol .

Berikut langkah-langkah membersihkan kerak aquarium menggunakan odol yang paling mudah:

  • Siapkan alat-alat pembersih kerak pada kaca akuarium: odol (bahan utama), spon/sikat, air bersih kalau bisa yang hangat dan handuk lembut/tisu/kain lembut.
  • Berikutnya siram kaca aquarium yang berkerak dengan air bersih.
  • Lumuri kaca dengan odol secukupnya saja.
  • Setelah itu diratakan menggunakan sikat atau spon.
  • Jika sudah rata, tunggu 15-30 menit jangan langsung dibilas ya. Setelah 30 menit, sikat lagi memakai spon biar mantep. Di daerah pojokan harus diperhatikan ya.
  • Kemudian siram memakai air hangat. Saya yakin keraknya sudah terangkat.
  • Terakhir tinggal membersihkan sisa-sisa odol memakai tisu atau handuk halus.



3. Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Pembersih Lantai.

Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Pembersih Lantai


Sebenarnya cara membersihkan Aquarium menggunakn pembersih lantai ini tidak ada bedanya dengan menggunakan odol atau pasta gigi, hanya saja beda bahannya.

Merk pembersih lantai atau keramik sendiri ada banyak, misalnya Prostek, Wipol dan lain-lain.

Caranya  cukup siramkan ke kaca aquarium yang berkerak, tapi jangan langsung dibilas, sikat terlebih dulu dan tunggu sampai 20 menit.

Setelah 20 menit di siram lagi dan disikat lagi. Hal ini biar kotoran yang paling sulit bisa terangkat. Dikarenakan baunya sangat tajam, harap dibilas dengan bersih setelah dibersihkan. Pakailah air hangat agar baunya cepat hilang.




4. Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Sitrun.


Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Sitrun


Sitrun dikombinasikan dengan air hangat juga dapat membersihkan kerak pada kaca aquarium. Cara membersihkan kaca aquarium dengan sitrun cukup mudah yaitu siramkan pada bagian yang bergerak. Kemudian bersihkan atau sikat menggunakan spons atau sikat gigi. Siram atau bilas dengan air hangat.

Biasanya kerak sudah terangkat dan kaca menjadi bersih kembali. Jika masih ada kerak atau lumut yang tertinggal, Anda sebaiknya mengulangi langkah di atas hingga kaca benar-benar bersih.



5. Cara Membersihkan Aquarium Dengan Ikan Pembersih.

Cara Membersihkan Aquarium Dengan Ikan Pembersih



Jangan salah paham, ikan pembersih seperti sabu-sabu, ikan oto atau lainnya tidak bisa membersihkan kerak kaca tapi tugas mereka hanya mencegah dan mengurangi resiko berkerak. Atas dasar itulah saya masukkan mereka ke dalam pembahasan ini. Peliharalah ikan sabu-sabu sebagai cleaning service akuarium anda, namun apabila kalian pengguna aquascape maka peliharalah ikan pembersih yang aman dan tidak merusak tanaman.



6. Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Alat Pembersih Kaca.

Cara Membersihkan Aquarium Menggunakan Alat Pembersih Kaca


Cara yang terakhir adalah mengandalkan alat canggih pembersih kaca aquarium. Memang lebih efektif tapi sebaiknya menggunakan bahan cairan pembersih juga.

Alat pembersih kaca cocok untuk menghilangkan noda-noda yang ringan atau tidak untuk mencegah biar kaca tetap bersih. Di sisi lain ada juga alat pembersih kaca dengan bahan magnet, sehingga kita tinggal menggeser dari luar kaca maka secara otomatis alat tersebut akan bergerak dan membersihkan lumut-lumut.



Itulah cara-cara terbaik membersihkan kaca aquarium yang berkerak. Silahkan gunakan cara yang menurut anda mudah dilakukan. Selamat mencoba..!!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar