--> Skip to main content

Cara Membuat Cincau Hijau





Cincau hijau sering digunakan sebagai bahan utama minuman segar misalnya es cincau hijau atau es campur. Cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh dan baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi.

Cincau hijau dibuat dari tumbuhan cincau hijau (C. barbata Myers.) yaitu tanaman merambat dengan daun berwarna hijau pucat dengan rambut di atas permukaannya. Selain sebagai penghasil cincau, ekstrak tumbuhan ini mengandung zat anti-protozoa, tetrandine, suatu alkaloid, khususnya terhadap penyebab malaria Plasmodium falciparum.


Kata “cincau” sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Cara Membuat Cincau Hijau Kental Dan Tidak Berbau Daun.



Cara pembuatan cincau hijau diawali dengan perendaman, yang biasanya dilakukan setelah daun diremas-remas atau dihancurkan. Ada juga yang menyertakan perebusan terlebih dahulu. Pemberian soda kue dapat dilakukan sebagai pengawet. 

Kenapa tidak diblender saja? Mungkin begitu komentar yang akan muncul. bisa dicoba, namun masalah terbesar adalah jelly yang terbentuk sulit disaring sehingga serat daun cincau perdu yang kasar akan tetap berada di sana. Akibatnya, cincau harus dikonsumsi bersama ampasnya. 

Tidak masalah jika ‘super fiber’ cincau yang menjadi tujuan, namun rasa dan aromanya menjadi super strong, yang akan membuat anda enggan untuk menyantapnya. Hm, Ibu saya sudah membuktikannya. Jadi remaslah daun-daun itu dengan jemari tangan, dan hanya membutuhkan waktu lima menit saja.

Warna cincau bermacam-macam, berkisar dari hijau hingga hijau pekat, bahkan hitam, namun disertai dengan kesan tembus pandang (transparan). Konsistensinya juga berbeda-beda. Warna dan konsistensi cincau berbeda-beda karena tumbuhan yang dipakai berbeda-beda.

Proses pembuatan cincau sebenarnya sangat mudah. Jika menggunakaan daun cincau perdu, maka gunakan daun yang lebar dan cukup tua namun jangan terlalu tua karena rasa cincau akan sedikit getir. Daun terasa masih lemas ketika disentuh, permukaannya tampak mengkilap, dengan warna yang hijau gelap. 

Namun cara pembuatan cincau sendiri sangat sulit bagi pemula yang kurang pengalaman, sehingga seringkali cincau yang dibuat  tidak mengental ataupun mengeluarkan bau daun yang menyengat sehingga tidak enak ketika dikonsumsi. Berikut penjelasan sekaligus solusi dari masalah tersebut :


Cara Membuat Cincau Hijau Tidak Berbau Daun.


Agar cincau hijau tidak berbau daun dapat mengakalinya dengan mengangin-anginkan daun beberapa jam agar terlihat layu. Penyebab bau ini adalah getah batang, buang semua tulang daun sebelum diremas-remas.

Cara ini sangat efektif untuk mengurangi bau daun pada cincau hijau yang telah mengental.


Cara Membuat Cincau Hijau Yang Kental

Cincau hijau tidak dapat mengental dapat terjadi dikarenakan air yang digunakan terlalu banyak atau daun yang terlalu sedikit. 

Sebenarnya tidak ada takaran yang pas karena tiap daun itu beda kandungannya.Agar sukses kita harus memastikan air sari cincau yang diremas sudah terlihat kental. Makin kental maka makin kenyal gel yang dihasilkan sedangkan kalau terlalu encer, tidak akan jadi.

Biasanya cincau hijau membutuhkan waktu agak lama untuk mengeras, sekitar 3 s/d 4 jam dan tidak terlalu padat/kenyal selayaknya cincau di pasaran. 

Ada juga yang juga menyarankan untuk menambahkan air rendaman abu gosok, sekitar beberapa sendok makan ke dalam jelly. Air rendaman abu yang memiliki pH alkali memang bisa membuat tekstur cincau menjadi kenyal dan keras. 

Selain itu, ada juga tips agar cincau cepat kenyal bisa ditambah jeruk nipis sedikit waktu meremas daun cincau hijau, langsung diatas kain putih untuk menyaring sari daun. Agar supaya cepat kenyal dan hasilnya halus lembut serta cincau hijau agar tidak bau daun. Kalau daunnya 60 lembar cukup 1 butir kecil kali hanya untuk mempercepat proses kekenyalan saja kalau terlalu kebanyakan nanti rasa cincau bisa terasa asam.

************




Tag : cara membuat cincau hijau dengan blender, cara membuat cincau hijau agar keras, cara membuat cincau hijau agar tidak bau daun, video cara membuat cincau hijau, cara membuat cincau anti gagal, cara membuat cincau hitam, daun cincau hijau, cara membuat es cincau hijau




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar