--> Skip to main content

Cara Membuat Perangkap Nyamuk dari Botol Plastik Bekas

Cara Membuat Perangkap Nyamuk dari Botol Plastik Bekas - Apabila dibandingkan dengan singa, buaya, ular, atau hiu, ada hewan lain yang lebih mematikan bagi manusia. Hewan yang paling mematikan ini bisa masuk ke dalam rumah, apalagi jika di rumah terdapat genangan air, suasananya gelap, dan ada sudut-sudut yang kotor. Apa Anda bisa menebaknya?

Ternyata, hewan yang paling mematikan di dunia itu adalah nyamuk!

Berdasarkan info dari WHO dan berbagai sumber lainnya, dibandingkan hewan-hewan seperti ular, buaya, hiu, atau singa, nyamuk lebih banyak menyebabkan kematian manusia setiap tahunnya.

Contohnya pada tahun 2014, Kematian manusia yang disebabkan oleh hiu adalah sekitar 10 kasus, kemudian singa sekitar 100 kasus, buaya sekitar 1.000 kasus, dan ular sekitar 50.000 kasus. Sedangkan oleh nyamuk menyebabkan kematian pada sekitar 725.000 orang setiap tahun.

Ngeri kan ? Oleh sebab itu kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di sekitar kita. Selain itu kita juga harus mengetahui cara mengusir nyamuk dari rumah kita. Setelah sebelumnya dibahas Cara Mengusir Nyamuk Di Rumah Secara Alami, sekarang kita akan belajar cara membuat perangkap dari botol plastik.

Cara yang satu ini  sangat ekonomis karena hanya memanfaatkan barang-barang bekas yang bisa didapatkan dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, simak bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya di bawah ini!


Cara Membuat Perangkap Nyamuk dari Botol Plastik Bekas





Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat perangkap nyamuk:
  1. Botol plastik bekas berukuran 1 – 1,5 liter
  2. 50 gram gula merah atau gula palem
  3. 1 sdt ragi roti
  4. 200 ml air panas
  5. Pisau atau gunting
  6. Sendok
  7. Lakban hitam


Cara membuat perangkap nyamuk:
  • Cuci botol plastik bekas sampai tidak berbau.
  • Potong botol menjadi dua bagian dengan pisau atau gunting. Kamu bisa memotongnya tepat di tengah atau sekitar satu jengkap dari ujung botol. Hati-hati karena potongan botolnya bisa melukai tangan.
  • Pilih bagian bawah botol untuk wadah. Masukkan gula merah dan ragi ke dalamnya.
  • Tuang air panas dan larutkan gula tersebut, lalu biarkan hingga dingin.
  • Tutup bagian bawah botol dengan bagian atas botol. Lakukan dengan menaruh leher botol ke bagian dalam. Tutup bagian sisi botol dengan lakban hitam.
  • Taruh botol di sudut rumah dan biarkan selama satu minggu.
  • Kamu bisa mengganti cairan di dalamnya dengan campuran yang sama. Namun, tetap cuci botol hingga bersih setelah memakainya.


Larutan yang terdiri dari gula merah dan ragi akan menghasilkan gas karbon dioksida (CO2). Gas ini ternyata sangat disukai dan buat nyamuk datang ke sana. Setelah masuk ke dalam botol, nyamuk-nyamuk akan terperangkap ke dalam cairannya sehingga sulit untuk keluar.




Tag: cara membuat perangkap nyamuk dengan minyak goreng, cara membuat perangkap nyamuk elektrik sendiri, on the spot cara membuat perangkap nyamuk, perangkap nyamuk selain ragi, cara membuat alat setrum nyamuk sederhana, jebakan nyamuk paling ampuh, sebutkan langkah-langkah membuat perangkap nyamuk sederhana, perangkap nyamuk diy.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar