--> Skip to main content

Cara Menanam Dan Merawat Aglaonema Yang Baik




Cara Menanam Dan Merawat Aglaonema Yang Baik - Tanaman Aglaonema atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sri Rejeki merupakan salah satu tanaman hias daun yang juga biasa disebut sebagai Ratu Tanaman

Bentuk tanaman Aglaonema terihat anggun dan cantik. Biasanya Aglaonema dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

Nilai jual tanaman hias ini lumayan mahal. Harga tanaman hias Aglaonema dapat sangat mahal jika telah menjadi tanaman hias yang cantik. 


Tertarik untuk menanam tanaman hias aglaonema ini ? Sebaiknya Anda membaca artikel berikut agar mengetahui cara menanam dan cara perawatan aglaonema yang baik.


Cara Menanam Aglaonema


Cara menanam aglaonema terbagi menjadi 2, yaitu dengan  cara menanam aglaonema secara vegetatif dan menanam aglaonema secara generatif. 

  • Cara menanam aglaonema secara vegetatif atau tidak kawin dilakukan dengan stek, cangkok, dan pemisahan anakan.


  • Cara menanam aglaonema secara generatif atau kawin bisa dilakukan dengan menanam biji aglaonema. 


1. Cara Menanam Aglaonema dengan Biji

Agar dapat menanam aglaonema dari biji, pilihlah biji yang berasal dari indukan yang sudah cukup tua atau berumur. Untuk mempercepat munculnya kecambah, rendam biji sekitar 2 atau 3 jam sebelum ditanam.

2. Cara Menanam Aglaonema dengan Stek.

Menanam tanaman hias aglaonema melalui stek bisa dilakukan dengan menanam pucuk indukan aglaonema. Pilihlah indukan yang mempunyai batang kokoh dan mempunyai setidaknya 5 daun tersisa sesudah diambil pucuknya untuk menjaga indukan tetap hidup sesudah dipotong pucuknya.

Potong pucuk indukan yang terpilih, setidaknya sampai 6 sampai 7 ruas daun. Tanam pucuk aglaonema pada media tanam dan taruh di tempat yang cukup teduh. Kelemahan dari cara menanam aglaonema dengan stek pucuk ini yaitu induk yang diambil pucuknya nantinya akan tumbuh bercabang.

3. Cara Menanam Aglaonema dengan Cangkok.

Menanam aglaonema dengan cangkok lumayan mudah tetapi memerlukan ketelitian. bila berhasil akan mendapatkan tanaman baru secara cepat, tetapi bila gagal, indukan yang dicangkok akan mengalami pembusukan batang.

Cara menanam aglaonema dengan cangkok dimulai dengan pemilihan indukan. Tanaman yang siap dijadikan indukan ialah tanaman yang mempunyai batang yang kokoh dan sudah berwarna cokelat, daun batang dengan warna ini pada umumnya sudah gugur atau bila belum daun akan gugur dengan gampang ketika tersentuh manusia.

Bila sudah menemukan batang yag cocok, kelupas sedikit batang pohon sampai terlihat bagian dalamnya yang putih dan liat. Lapis bagian ini dengan kombinasi tanah sekam, pasir malang, humus kamu, dan pakis dengan perbandingan 1:5:2:2 dan bungkus memakai plastik.

Setelah terbungkus rapat, berilah lubang kecil pada plastik untuk sirkulasi udara sekaligus sebagai lubang pengakaran. Semprotlah plastik pembungkus ini 2 kali dalam satu hari dan tanaman aglaonema baru siap dalam 3 sampai 4 minggu.

4. Cara Menanam Aglaonema dengan Pemisahan Anakan

Cara menanam aglaonema dengan pemisahan anakan bisa dilakukan dengan memotong akar sambung antara induk dengan anakan. Anakan yang bisa dipisahkan ialah anakan yang sudah mempunyai daun yang mekar dan sudah tidak tergulung.

Tetapi sebelum memustuskan untuk memotong akar sambung, pastikanlah indukan mempunyai akar yang kuat. Akar yang kuat ditandai dengan warnanya yang putih dan gemuk.

Agar mempercepat proses penunasan kembali sesudah dilakukan pemisahan anakan, potong pucuk indukan sampai tersisa 1 daun saja. Cara ini akan sangat berfungsi untuk merangsang aglaonema membentuk tunas baru.

Supaya keadaan tanaman indukan tetep terjaga, oleskan cairan antiseptik khusus tanaman di bagian yang sudah dipotong lalu padatkan daerah sekitar akar tanaman induk




Cara Merawat Aglaonema


Tanaman Aglaonema mempunyai pesona dan keindahan yang sangat menarik dan unik. Walaupun begitu untuk mendapat tanaman hias Aglaonema yang mempesona, tentu diperlukan perawatan dan pemeliharaan Aglaonema dengan bagus dan tepat.

Meskipun dapat dikatakan cara merawat aglaonema ini cukup mudah, tetapi bila disepelekan atau dirawat sembarangan tak akan didapatkan hasil yang maksimum.

Oleh sebab itu pecinta tanaman Aglaonema harus memperhatikan apa yang diperlukan tanaman Aglaonema untuk tumbuh kembang si ratu daun ini, yaitu teknik cara merawat Aglaonema yang baik.

Bagaimana cara perawatan Aglaonema yang baik? Untuk mendapat tanaman Aglaonema yang indah dan cantik, berikut ini merupakan cara merawat Aglaonema yang baik, yaitu:



  • Media tanam tanaman hias aglaonema sebaiknya mempunyai tingkat keasaman (pH) netral antara 6-7. Kamu bisa menggunakan campuran antara humus daun dan pasir sebagai media tanam dengan perbandingan 3:1. Masukkan media tanam pada pot sampai dengan ¾ bagian sesudah sebelumnya kamu letakkan pecahan bata merah atau genting pada dasar pot.
  • Penyiraman bisa dilakukan satu hari sekali dengan takaran air yang disesuaikan dengan kelembaban media tanam itu sendiri. Ingat, aglaonema ialah tanaman yang menyenangi area tidak kering namun tak terlalu basah. Jangan memakai air kaporit pada dalam merawat dan menyiram tanaman Aglaonema.
  • Pemupukan perlu dilakukan dalam tiga bulan sekali denganmemakaipupuk yang memang dirkomendasikan oleh para ahli. Kamu dapat bertanya kepada tukang taman yang kamu percaya untuk merk atau jenis pupuk apa yang cocok bagi aglaonema beserta takarannya. Untuk pupuk alami dapat menggunakan air cucian beras. Siram ke media tanam, bukan di daun/batang.
  • Tempatkan tanaman hiasini ditempat yang teduh sebab aglaonema pada hakikatnya tidak sesuai dengan penyinaran matahari secara langsung. Kamu dapat menaruh tanaman ini pada teras atau tempat lain dengan intensitas cahaya matahari yang rendah



Perawatan Daun Aglaonema


Keindahan tanaman hias Aglaonemaialahdi bagian daunnya. Jika daun Aglaonema yang bersih, indah dan mengkilap kian menambah pesonanya. Sebab itu salah satu cara merawat tanaman hias aglaonema ialah membuat daunnya mengkilap.

Untuk mengkilapkan daun tanaman Aglaonema kita dapat memakai beberapa bahan yaitu air, susu dan ampas kelapa. Cara memakai bahan-bahan tersebut untuk merawat daun Aglaonema supaya mengkilap yaitu dengan mengelapkannya air ke daun Aglaonema.

Spon yang amat halus dibasahi dengan air sumur bersih kemudian dilapkan di bagian daun. Cara tersebut merupakan cara sangat sederhana merawat daun tanaman Aglaonema.

Air susu juga bermanfaat untuk merawat daun tanaman hias Aglaonema. Air susu mempunyai fungsi sebagai pupuk daun. Susu yang dipakai ialah susu bubuk yang sudah dilarutkan dalam air atau susu cair juga bisa digunakan.

Tetapi selain bermanfaat dalam merawat tanaman Aglaonema susu juga mempunyai risiko mengundang bakteri perusak tanaman. Jadi jika anda menggunakan susu, pastikan juga menggunakan pestisida

Ampas kelapa juga berguna untuk membuat daun Aglaonema mengkilap, sehingga dapat dipakai untuk merawat tanaman Aglaonema. Dengan memakai ampas kelapa maka daun akan mengkilap.

Cara memakai ampas kelapa untuk merawat tanaman hias aglaonema ialah ampas kelapa tersebut bisa dioleskan ke permukaan daun memakai kain bersih, maka akan berdih dan mengkilap.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar