--> Skip to main content

Cara Mencegah Biawak Agar Tak Masuk Rumah

Biawak merupakan hewan reptil yang berbahaya. Biawak dapat memakan hewan ternak bahkan menyerang manusia. Jadi penting bagi Anda mengetahui cara mengusir dan mencegah biawak masuk ke rumah.

Ada banyak sekali jenis reptil yang ada di Indonesia salah satunya adalah Biawak. Biawak termasuk dalam golongan kadal besar. 

Biawak yang sering dijumpai di Indonesia adalah biawak air. Tubuh Biawak tidaklah sebesar komodo. Ukuran Biawak biasanya  mempunyai ukuran panjang hanya sekitar 1 meter, namun ada juga yang mencapai 2,5 meter. 

Biawak yang berukuran besar sangat agresif dan mampu memburu hewan-hewan besar seperti, rusa, babi hutan, anak kerbau, dan bisa juga menyerang manusia. Biawak sangat menyukai tempat lembap seperti, sungai, parit, danau, rawa-rawa, dan masih banyak lagi. 

Makanan kesukaan biawak antara lain adalah serangga. Selain itu, dia menyukai ikan-ikan kecil, tikus, kodok, bahkan bisa saja memanjat pohon untuk mencuri telur-telur burung. 

Sebagian jenis biawak memiliki bisa yang cukup berbahaya pada bekas gigitannya yang dapat menyebabkan infeksi. Pada liur hewan ini terdapat bakteri hidup yang menimbulkan efek langsung setelah gigitan.

Biawak juga sering masuk ke dalam rumah, masih ingatkan dengan foto viral seekor biawak yang tertangkap kamera sedang memanjat pagar sebuah rumah.


foto viral biawak masuk rumah
foto viral biawak masuk rumah

Jadi, dari kasus itu kita harus mempersiapkan cara mencegah biawak masuk rumah. Untuk itu silahkan simak cara membuat perangkap Biawak agar tak masuk rumah.


Cara Membuat Perangkap Biawak


Cara mencegah biawak masuk ke dalam rumah adalah membuat perangkap yang terbuat dari pipa. Hal tersebut dikarenakan jika Biawak sudah masuk kedalam perangkap pipa yang sempit, maka tidak bisa keluar lagi karena Biawak  tidak dapat berjalan mundur.

Berikut langkah-langkah cara membuat perangkap biawak dari pipa :


Cara Mencegah Biawak Agar Tak Masuk Rumah



  • Siapkan Pipa paralon yang sesuai dengan ukuran biawak yang sering berkeliaran dekat rumah Anda. 
  • Tutup salah satu lubang pipa tersebut dengan penutup pipa yang berat. 
  • Siapkan umpan untuk ditaruh di dalam pipa, gunakan umpan daging yang masih berlumuran darah. Kemudian, pasang perangkap tersebut di lokasi Biawak tersebut sering muncul . 
  • Lalu, tunggu biawak terpancing oleh prangkap.


Selain dengan cara membuat perangkap dapat juga dengan cara dipancing. Anda hanya perlu alat pancing yang sudah dipakaikan umpan dengan menggunakan kail yang besar serta senar yang kuat.


Setelah kamu memasang pancingannya, tinggalkan dulu beberapa saat sampai Biawak memakan umpan.

Ketika biawak sudah menarik umpan, langsung tarik dan masukkan biawak kedalam kandang yang sudah disiapkan.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar