--> Skip to main content

Cara Mencuci dan Merawat Bantal Dacron

Cara Mencuci dan Merawat Bantal Dacron



Bantal merupakan media yang paling rentan terpapar air liur saat kita tidur. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pencucian secara rutin untuk menjaga agar bantal tetap harum dan nyaman saat digunakan. 

Apabila Anda menggunkan bantal sintetstis dacron, cucilah bantal dacron Anda minimal 3-6 bulan sekali agar lebih mudah dibersihkan. Jika Anda memiliki bantak kapuk, silakan ikuti cara mencucinya di artikel ini.



Kini, hampir semua produk bantal dan guling yang dijual di toko-toko berbahan dacron
Apa itu Dacron ? Dacron merupakan bahan sintetis yang sedang populer dalam kebutuhan tekstile sebagai bahan untuk pengisian boneka, guling dan juga bantal.

Dacron merupakan nama merek dagang dari serat tekstile yang di buat oleh perusahaan dari inggris sebagai merek dagang , Dacron sendiri memiliki nama asli yaitu Polietilena tereftalat yaitu suatu resin polimer plastik termoplast dari kelompok poliester

Bahan dacron ini dapat menyerap kelembaban udara, keringat, minyak dari rambut, dan debu. Meskipun pada awalnya tidak berbau, tetapi jika bantal dacron terus menerus digunakan tentu akan berbau tak sedap.

Cara untuk membuat bantal dacron jadi kembali bersih dan wangi adalah mencucinya secara teratur. Mengingat bantal itu dipakai setiap hari, sebaiknya cucilah bantal dacron Anda setiap 3-6 bulan sekali.



Cara Mencuci Bantal Dacron Menggunakan Tangan


Beberapa orang menganggap mencuci bantal dacron menggunakan mesin cuci dapat merusak dacron dan membuat bantal menjadi tidak rata dan juga membuat bantal dacron menjadi kempis.

Maka sebab itu, ada beberapa orang yang memilih untuk menghilangkan kotoran di bantal dacron dengan cara mencuci secara manual menggunakan  tangan. Berikut adalah panduan cara mencuci bantal dacron dengan tangan yang bisa Anda lakukan untuk membuat bantal kembali bersih dan bebas bau:

  • Rendam bantal dacron di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan deterjen selama 30 menit. Anda bebas menggunakan deterjen bubuk atau cair, tetapi sebaiknya gunakan deterjen cair untuk meminimalkan reside deterjen yang tertinggal di bantal.
  • Tekan-tekan seluruh permukaan bantal, tetapi jangan dikucek atau diperas.
  • Jika Anda ingin menghilangkan noda kuning di bantal, tuangkan deterjen langsung ke bagian yang ternoda, ambil sikat berbulu halus dan gosok nodanya dengan sikat tersebut.
  • Rendam kembali bantal yang sudah digosok dengan air deterjen tadi ke dalam air hangat yang bersih.
  • Jemur bantal di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering dan hindari memasukkan bantal ke dalam pengering di mesin cuci agar isi bantal di menggumpal.


Cara Mencuci Bantal Dacron Menggunakan Mesin Cuci


Sebenarnya, tak perlu takut untuk mencuci bantal dacron dengan mesin cuci. Sebab, Anda dapat mengakali cara mencuci bantal dacron di dalam mesin cuci agar isinya tidak kempis. Cucilah 2 bantal sekaligus agar bantal dacron tidak kempis. Pastikan tabung mesin cuci sudah terisi penuh oleh kedua bantal Anda.

  • Masukkan dua bantal dacron secara vertikal ke dalam tabung mesin cuci Anda (untuk mesin cuci top load).
  • Isi tabung dengan air sampai seluruh bagian bantal terendam. Baca petunjuk pencucian bantal, jika bantal harus dicuci dengan air hangat, isilah mesin cuci dengan air hangat.
  • Tuangkan deterjen cair khusus mesin cuci bukaan atas.
  • Pilih siklus pencucian singkat (kurang lebih 10 menit saja) dan kecepatan putaran rendah.
  • Bilas bantal dengan air bersih untuk menghilangkan residu deterjen.
  • Tekan-tekan bantal untuk memeras air di dalamnya.
  • Keringkan 2 bantal tersebut di dalam mesin pengering. Namun, jangan lupa untuk menambahkan 2 bola tenis di dalam bantal agar isinya tidak menggumpal.
  • Jemur bantal di bawah sinar matahari, bila perlu guncang-guncang bantal Anda setiap 1 jam sekali untuk menghilangkan sisa air yang masih ada di dalam bantal.


Sebelum memakai kembali bantal dacron yang baru dicuci, Anda harus memastikan bahwa bagian dalam bantal benar-benar kering. Hal tersebut dikarenakan pertumbuhan bakteri akan lebih pesat jika berada di tempat yang lembab, seperti bagian dalam bantal dacron yang masih basah.


Cara Memutihkan Bantal Dacron Menguning


Tanpa kita sadari noda air liur yang mengenai bantal akan meninggalkan noda kuning dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya semua jenis bantal maupun guling bisa dibuat kembali putih seperti baru.

Kali ini, kami akan memberikan petunjuk cara mencuci bantal Dacron untuk menghilangkan noida dan bau tidak sedap pada bantal:


  • Cek petunjuk label pencucian bantal. Jika bantal bisa dicuci di dalam mesin cuci, maka Anda bisa menggunakan cara memutihkan bantal dacron yang akan kami berikan ini.
  • Apabila pada petunjuk pencucian bantal memperbolehkan bantal dicuci dengan pemutih, maka gunakan pemutih pakaian. Namun, jika penggunaan pemutih dilarang untuk bantal, ganti dengan jeruk nipis.
  • Isi mesin cuci dengan air panas hingga 1/3 tabung.
  • Masukkan deterjen cair sesuai dengan jenis mesin cuci Anda.
  • Tambahkan pemutih pakaian atau jeruk nipis ke dalam mesin cuci.
  • Masukkan dua buah bantal dacron ke dalam mesin cuci (ingat, jangan memasukkan lebih dari 2 bantal agar proses pencuciannya lebih maksimal).
  • Jalankan siklus pencucian singkan (sekitar 5-10 menit saja).
  • Setelah melakukan pembilasan pertama, tambahkan pewangi pakaian agar bantal Anda yang terkena air liur jadi kembali wangi dan nyaman.
  • Lakukan pembilasan lagi sebelum pada akhirnya Anda harus mengeringkan bantal secara alami dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari.


Tidak semua bantal bisa dicerahkan dengan pemutih pakaian. Agar bantal dacron Anda tidak rusak, sebaiknya baca petunjuk perawatan bantal yang tertera pada bagian dalam bantal. Jika tidak bisa diberikan pemutih pakaian, gunakan saja jeruk nipis dan lemon seperti yang dianjurkan. Kedua buah ini memiliki manfaat dapat memutihkan pakaian maupun bantal.


Cara Memulihkan Bantal Dacron Kempis


Bantal dacron kempis atau isinya menggumpal di satu sisi setelah dicuci? Tak perlu khawatir atau buru-buru membeli bantal dacron yang baru. Anda bisa memulihkan kembali bantal dacron yang kempis dan menggumpal dengan cara berikut ini:

  • Buka kurung bantal bagian dalam dan keluarkan semua dacron yang berada di dalamnya.
  • Ambil sisir rambut yang geriginya kaku, lalu pakai untuk menyisir dacron yang menggumpal. Selain untuk menguraikan dacron yang menggumpal, Anda juga dapat memisahkan debu-debu yang menempel pada dacron dengan cara menyisirnya.
  • Sebelum dimasukkan ke dalam kurung bantal, jemur dacron yang sudah dikeluarkan tadi di bawah sinar matahari.
  • Masukkan dacron ke dalam kurung bantal dan jahit dengan rapi agar dakronnya tidak berantakan keluar.
  • Perlu Anda ketahui bahwa dacron yang bermutu bagus tidak mudah kempis atau menggumpal meskipun dicuci di dalam mesin cuci. Jadi, pastikan bahwa bantal dakron yang Anda beli benar-benar berkualitas bagus agar tidak perlu mengeluarkan isinya untuk menguraikan gumpalannya.

Itulah cara mencuci dan merawat bantal dacron untuk menjaga agar bantal tetap harum dan nyaman saat digunakan dan tidak rusak saat dicuci.







Tag: cara mengembalikan keempukan bantal dacron, cara mencuci bantal leher miniso, cara mencuci bantal kapuk, cara mencuci bantal leher polyester, cara mencuci bantal polyester, cara mencuci bantal leher dengan tangan, cara mencuci bantal boneka dengan tangan, cuci bantal di laundry.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar