--> Skip to main content

Cara Sablon Kaos Dengan Kertas HVS

Cara Sablon Kaos Dengan Kertas HVS Yang Dilubangi



Cara Sablon Kaos Dengan Kertas HVS Yang Dilubangi - Untuk melakukan sablon kaos manual dibutuhkan screen dengan gambar film yang sudah di afdruk. Tapi sebenarnya tanpa diafdruk pun bisa saja, hanya menggunakan kertas HVS yang sudah dilubangi.

Namun cara sablon kaos dengan HVS ini punya kekurangan yaitu gambar sablonnya harus sesederhana  mungkin dan mudah dilubangi, misalnya huruf atau nomor.



Kekurangan lainnya adalah tidak bisa digunakan dalam jumlah yang banyak, karena kertas HVS yang terkena obat atau cat sablon akan melembek, hal ini akan membuat sablon yang berikutnya akan kurang bagus. Bisa dikatakan ini adalah teknik sablon sekali pakai yang sangat efektif digunakan saat keadaan darurat saja.

Berikut langkah-langkah cara menyablon kaos tanpa afdruk dengan HVS :


  • Cetak atau print desain gambar Anda menggunakan kertas HVS. Cetak hanya bagian outlinenya saja agar memudahkan saat melubanginya.
  • Lubangi desain gambar yang sudah tercetak di dalam kertas HVS menggunakan cutter yang tajam agar hasil potongan terlihat rapi..
  • Setelah kertas HVS dilubangi, Tempelkan kertas HVS tersebut di belakang screen sablon .
  • Rekatkan pinggiran kertas dengan lakban. Lebih baik tutupi  semua bagian screen yang tidak terhalang oleh kertas HVS dengan lakban agar tidak ada tinta sablon yang bocor.
  • Setelah itu, Lakukan proses penyablonan seperti biasa.

Itulah cara sablon manual dengan HVS yang dilubangi. Seperti yang dikatakan sebelumya, teknik ini hanya dapat dilakukan hanya dalam keadaan darurat saja, karena hasilnya pun tidak sebagus dengan screen sablon yang sudah difdruk terlebih dahulu. Dan itu tergantung dalam bagaimana hasil kerapihan Anda saat melubangi kertas HVS tersebut.  Selamat mencoba..!!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar