--> Skip to main content

Cara Sablon Kaos Menggunakan Setrika

Cara Sablon Kaos Sendiri Pake Setrika


Cara Sablon Kaos Menggunakan Setrika –  Salah satu kekurangan dari teknik sablon kaos manual yaitu jumlah kaos yang harus disablon harus dalam jumlah yang banyak, oleh karena itulah alasannya banyak para pengrajin sablon manual menolak kita jika hanya ingin menyablon kaos satu atau sedikit saja.

Hal itu dikarenakan dalam proses sablon kaos manual membutuhkan biaya besar untuk membuatnya.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan teknik sablon kaos digital, misalnya dengan teknik sablon kaos transper paper.


Dengan cara sablon kaos transper paper ini, kita dapat menyablon sendiri di rumah. Cukup dengan setrika saja sudah bisa menyablon kaos sendiri. Selain setrika, juga memerlukan alat dan bahan yang lainnya yaitu printer warna, kertas teflon dan tentunya kertas khusus transper paper.

Prinsip kerja dari sablon digital transper paper adalah memindahkan gambar yang sudah kita cetak memakai printer pada media kaos. Media yang dipakai untuk mengalihkan gambar ini dinamakan sebagai transfer paper.

Teknik sablon kaos transfer paper memerlukan daya panas yang tinggi untuk mengencerkan tinta supaya meresap ke serat kain. Hal ini biasa dilakukan oleh tukang sablon profesional memakai alat hot press. 

Tetapi jika tidak mempunyai alat ini, kamu bisa memakai setrika listrik yang ada di rumah dengan teknik sebagai berikut.

  • Siapkan kertas transfer paper ( dapat dibeli di toko kertas).
  • Print gambar yang sudah kita desain pada kertas transfer paper.
  • Biarkanlah tinta meresap dan mengering di kertas transfer paper (biarkanlah beberapa saat). Untuk hasil yang maksimal Anda dapat menggunakan printer sublime dan tinta sublime khusus dipakai untuk sablon digital.
  • Setrika gambar yang sudah di print tadi pada kaos, jangan lupa lapisi kertas teflon.
  • Untuk sablon kaos warna hitam kamu perlu mengelupasnya terlebih dahulu lantas meletakkannya di atas kaos setelah itu lapisilah dengan kertas teflon / kalkir, Sedangkan pada kaos yang berwarna putih Anda dapat meletakkannya langsung di kaos dan menyetrikanya.
  • Pastikan setrika dalam suhu yang sangat panas sampai kertas transfer paper melekat penuh ke dalam kain. Setrika secara perlahan dan jangan terlalu ditekan.
  • Pastikan semua kertas transfer paper dan gambar terkena panas dari setrika secara merata. Setelah itu dinginkan kaos kita sejenak lantas lepaskanlah kertas transfer paper atau kertas kalkir dari kaos anda.
  • Lihatlah hasil dari gambar yang terdapat di dalam kaos Anda. Jika gambar tidak mengelupas ketika kamu kibaskan maka gambar telah melekat sempurna. Akan tapi andai ada bagian gambar yang mulai mengelupas berarti setrika yang Anda pakai kurang panas.
  • Tempelkanlah lagi kertas kalkir maupun kertas transfer paper Anda lantas setrikalah lagi dan pastikan setrika kamu dalam kondisi panas. Setelah itu Anda akan melihat gambar kamu lebih melekat dengan sempurna.


Itulah cara menyablon kaos sendiri di rumah menggunakan teknik transfer paper. Selamat mencoba.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar