--> Skip to main content

Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut

Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut



Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut - Dilihat dari bentuk, tampilan, warna, aroma dan tekstur,  kue sarang semut sangatlah unik. Warnanya cokelat kehitaman dengan tekstur kuenya yang berongga-rongga layaknya sarang semut dan tentunya sangat menggoda selera setiap orang untuk mencicipinya. 

Kue sarang semut yang banyak digemari ini sering disajikan sebagai salah satu kue pada saat hari raya dan juga momen perayaan lainnya seperti pesta pernikahan, acara kenduri, acara selamatan atau syukuran serta acara sosial keagamaan lainnya.

Kue bolu  sarang semut berasal dari gula pasir yang dipanaskan hingga menjadi karamel. Karenanya, masyarakat di berbagai daerah di Pulau Sumatera menyebut kue sarang semut ini dengan nama bika karamel. Selain itu, kue sarang semut ini juga dikenal dengan nama bolu karamel.

Kue ini mudah ditemukan di berbagai toko kue karena banyak sekali penggemarnya. Selain membelinya Anda juga dapat membuatnya sendiri,,caranya mudah kok dengan mengikuti caranya di bawah ini.


Resep Kue Sarang Semut


Bahan-bahan untuk membuat kue sarang semut:

  1. Tepung terigu berprotein tinggi 200 gram (jangan lupa diayak terlebih dahulu)
  2. Gula pasir putih yang bagus 500 gram
  3. Air bersih panas sekitar 500 ml
  4. Telur ayam 8 butir
  5. Tepung maizena yang bagus 100 gram
  6. Soda kue yang bagus 1 sdt
  7. Margarin yang bagus 130 gram (kocok dan aduk margarin dengan sendok sampai lembut)
  8. Baking powder 1 sdt
  9. Susu kental manis yang bagus 200 gram
  10. Garam dapur beryodium ½ sdt


Cara membuat kue sarang semut :

  • Buatlah karamelnya yang nanti akan dicampur dengan adonan bolunya.
  • Siapkan penggorengan untuk membuatnya, sebaiknya menggunakan wajan dengan lapisan teflon supaya tidak lengket.
  • Masukkan gula pasir putih bersih yang sudah dipersiapkan dengan api kecil saja. Sekali kali diaduk gulanya sampai gulanya berubah warna menjadi agak kecoklatan dan cair.
  • Air panas yang sudah dipersiapkan di atas kemudian masukkan dan tuang ke dalam wajan teflonnya. Aduk aduk supaya larutan karamel gulanya tercampur rata dengan air dan meleleh lalu angkat dan dinginkan (kurang lebih butuh sekitar 600 ml).
  • Langkah berikutnya adalah membuat adonan kue nya. Ambil satu tempat agak besar. Tepung terigu protein dapat Anda masukkan sedang saja, tepung maizena, soda kue dan baking powdernya.
  • Aduk aduk semua bahan sampai benar benar tercampur rata lalu saring atau diayak supaya benar benar halus.
  • Masukkan telur ayam yang sudah dipersiapkan lalu ambil satu tempat yang lebih besar dan garam dapur beryodiumnya. Aduk aduk dan kocok lepas kedua bahan diatas secukupnya sampai mengental (tidak perlu pakai mixer).
  • Campuran bahan tepung dan bahan lain diatas masukkan ke dalam wadah telur yang sudah dikocok diatas. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai habis.
  • Mentega yang sudah dilembekkan di atas selanjutnya masukkan ke dalamnya sedikit demi sedikit sambik diaduk sampi benar benar rata dan habis.
  • Masukkan susu kental manis kurang lebih sebanyak 200 gram yang sudah dipersiapkan di atas.
  • Larutan gula karamel yang telah Anda buat tadi kemudian Anda masukkan ke dalamnya dan aduk-aduk sampai karamel tercampur dengan rata dengan adonan kue bolu Karemelnya.
  • Siapkan oven untuk memanggang dan hidupkan kompor dengan api besar.
  • Lapisi loyang yang akan digunakan dengan sedikit mentega dan taburi tepung di atasnya supaya tidak lengket.
  • Untuk hasil akhir tuanglah adonan ke dalamnya dan masukkan ke dalam panggangan oven dengan api besar.
  • Tunggu sampai adonan sudah agak matang (tandanya adonan kue bolu sudah agak mengembang dan naik) lalu kecilkan apinya dan terus panggang sampai benar benar matang (kurang lebih selama 43-50 menit).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar