--> Skip to main content

Cara Mudah Membersihkan Blender Yang Kotor dan Berbau

Cara Mudah Membersihkan Blender Yang Kotor dan Berbau

Apakah Anda mengalami kesulitan sewaktu membersihkan kotoran yang ada pada blender di bagian sisinya. Bukan hanya itu, sering juga keluar bau tidak sedap meski sudah dicuci. Tak perlu khawatir, berikut ada cara menghilangkan bau pada blender dengan mudah.

Blender merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sering digunakan, mulai dari pembuatan jus buah hingga hingga membuat sambal.

Itulah dia penyebabnya, mengapa blender sering kotor dan mengeluarkan bau tak sedap. Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bau pada blender beserta kotorannya? Silahkan ikuti caranya di bawah ini.


1. Menggunakan Air Hangat

Penyebab kotor dan berbau pastinya kamu pernah tidak langsung mencuci blender setelah digunakan. Terkadang, blender disimpan begitu saja di wastafel sampai sisa-sisa masakan mengering. Kalau sudah begini, bau dan kotoran pasti tak akan terhindarkan.

Cobalah hilangkan bau pada blender menggunakan air hangat. Caranya, masukkan air hangat, beberapa tetes sabun pencuci piring, dan satu sendok makan cuka. Diamkan sampai kotoran mulai terangkat.


2. Pakai Baking Soda

Cara menghilangkan bau pada blender yang satu ini, hampir mirip dengan poin pertama. Perbedaannya, siapkan satu sendok makan baking soda dan secangkir air hangat.

Langkah pertama yaitu memasukkan keduanya ke dalam blender dan nyalakan selama beberapa saat. Dalam proses ini, baking soda akan mampu mengangkat kotoran dan lemak yang menempel di sela-sela blender.

Jika dirasa sudah cukup, cuci blender seperti biasa. Selanjutnya, keringkan blender dan lihatlah perbedaan yang ada.


3. Alkohol dan Hidrogen Peroksida

Kedua bahan ini mampu menghilangkan noda-noda yang mengerak atau sulit dibersihkan dari permukaan blender.


Memang sudah banyak blender yang bagian pisaunya dapat dilepas, sehingga bagian bawahnya bisa dibersihkan dengan sangat mudah.

Kalau tidak bisa dilepas, cukup masukan cairan alkohol atau hidrogen peroksida ke dalam blender. Selanjutnya, cukup diamkan selama satu malam. Esok harinya, bersihkan blender dan coba lihat setiap bagian dari blender tersebut.


4. Menggunakan Beras

Setelah menghaluskan bumbu dapur, maka aromanya di dalam blender sulit hilang. Bukan tidak mungkin aroma tersebut menempel pada bahan yang selanjutnya diblender. Sebenarnya kamu hanya butuh 15 detik dan satu sendok beras.

Caranya sangatlah mudah, cukup haluskan satu sendok beras selama 15 detik. Tekstur beras yang kasar, mampu mengangkat sisa bumbu dan bau yang menempel pada bagian dalam blender.


5. Air Lemon

Setelah membersihkan bagian dalam, kini saatnya kita bersihkan sisi luar blender. Cara untuk menjaga tetap bersih adalah segera mencucinya setelah selesai digunakan.

Bagaimana jika sudah sering tidak langsung dicuci dan sudah kotor?

Kamu hanya perlu membuat larutan air lemon yang dicampur dengan air dan tiga sendok baking soda. Selanjutnya, bersihkan permukaan blender menggunakan spons. Jika sudah, bilas dengan air bersih dan lap hingga kering.



Apabila semua cara di atas sudah dilakukan, bukan tidak mungkin blender yang kotor dan berbau  akan tampak seperti baru. Selamat mencoba !

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar