--> Skip to main content

Cara Mencuci Cardigan Rajut Yang Benar Agar Awet

Cara Mencuci  Cardigan Rajut Yang Benar Agar Awet

Cara Mencuci Cardigan Rajut Yang Benar Agar Awet - Sweater rajut atau yang sering disebut cardigan selain bisa melengkapi penampilan Anda juga berguna untuk penghangat tubuh ketika musim hujan atau dingin berangin. Anda bisa menyimpan kardigan di lemari untuk beragam kebutuhan.

Namun, apa jadinya jika Cardigan kesayangan Anda terkena noda atau remah-remah yang tak terlihat oleh mata. Banyak orang membawa Cardigan kotornya ke laundry atau binatu untuk mencucinya, karena tidak tahu cara mencucinya dengan benar, yang justru akan rusak.

Kini tak usah ragu, semuanya bisa mengatasi dengan mencucinya sendiri tanpa takut rusak, belel atau sobek. 


Berikut langkah-langkah mencuci Cardigan yang benar :


1. Jangan Cuci Menggunakan Mesin Cuci.

Jangan sekali-kali mencuci cardigan kesayangan Anda dengan mesin cuci, sebaiknya cucilah dengan tangan. Sebelum mencuci sweater dengan tangan, coba membaliknya dengan bagian luar di dalam. Ini dapat membantu mencegah pilling atau gesekan pada serat. Selanjutnya, isi wastafel bersih (atau bak mandi, jika ingin beberapa sweater sekaligus) dengan air hangat dan sabun ringan, sampo, atau sabun cuci piring. Penting untuk tidak menggunakan udara yang terlalu panas atau dingin untuk menghindari penyusutan atau peregangan.

Jika sudah lama sekali tak sesuai, maka tambahkan sedikit cuka putih untuk menghilangkan bau. Pastikan sweater terendam penuh di dalam udara, lalu biarkan meresap selama sekitar 10 hingga 15 menit. Noda yang sulit, harus dikerjakan dengan lembut dengan penghilang noda.


2. Keringkan Cardigan dengan hati-hati.

Saat Cargdigan sudah direndam, bilas lah dengan air bersih. Kemudian, peras air sebanyak mungkin dan memerasnya dengan hati-hati, berhati-hatilah agar tidak meregangkan Cardigan.

Anda bisa memasukkan beberapa Cardigan ke dalam pengering pada putaran rendah mesin cuci selama lima menit untuk mendapatkan lebih banyak uap udara. Sebaiknya Cardigan dibiarkan kering atau dijemur dengan handuk bersih di bawahnya, sehingga menyerap sinar matahari dan panas.


3. Jangan gunakan gantungan baju.

Saat Cardigan sudah kering, lipat dengan rapi dan meletakkan di laci atau di rak. Jangan pernah menggantung sweater di gantungan pakaian, karena ini dapat menyebabkan peregangan dan membuat sweater tidak terbentuk.

Cardigan yang dilipat rapi akan tetap segar dan bebas kerut. Sweater atau cardigan juga akan terlihat baru seperti baru ketika siap memakainya lagi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar