--> Skip to main content

Cara Mengusir Tokek Secara Alami

Cara Mengusir Tokek Secara Alami - Tokek  merupakan hewan yang berkerabat dekat dengan cecak dan keduanya merupakan hewan yang dapat memutuskan dan menumbuhkan ekornya (autotomi), tetapi tokek berukuran lebih besar. 

Kulit punggung ditutupi oleh sisik-sisik samar (granular) dengan bintil-bintil yang agak besar dan menonjol. Pupil mata tegak bentuk jorong, dengan tepian yang bergerigi. Jari-jari kaki depan dan belakang tumbuh sempurna, melebar di ujung, terkadang dengan selaput di antara pangkal jari. 

Cakar (kuku) terdapat pada ujung jari bagian bawah. Sisi bawah jari dihiasi dengan bantalan pelekat (disebut scansor) yang berguna untuk menahan langkah agar tidak jatuh, biasanya digunakan ketika memanjat pohon, dinding atau langit-langit rumah.

Tokek biasanya aktif di saat senja dan malam hari. Ciri khas tokek adalah sering mengeluarkan suara panggilan ketika menjelang malam, meski suara panggilannya kadang-kadang terdengar di siang hari. Tokek tinggal di lubang pepohonan di hutan atau di bawah kayu atau bebatuan, tetapi sering juga berada di lingkungan manusia, biasanya di balik lemari atau di gudang. 

Tokek adalah pemakan serangga yang masif, namn mereka juga memburu makanan lain, seperti cacing, dan terkadang reptilia yang lebih kecil. Tokek betina berkembangbiak dengan bertelur, biasanya diletakkan menempel di sudut lubang atau dinding, sering pula di balik lemari atau pajangan di dalam rumah. Tempat menyimpan telur ini biasanya akan digunakan berulang kali oleh tokek yang sama.

Kehadiran tokek yang ukurannya lebih besar dibandingkan cicak biasa di rumah memang tidak membahayakan keselamatan penghuni. Akan tetapi, kehadiran mereka cukup mengganggu kenyamanan karena tokek sering mengeluarkan suara yang kencang. Ditambah lagi, mereka juga suka membuang kotoran di sembarang tempat sehingga rumah jadi kotor. Kalau sudah seperti ini, kamu perlu mengetahui cara mengusir tokek yang tepat dan efektif.

Nah, untuk itu Kami ingin membagikan cara mengusir tokek di rumah yang manjur.  Dengan mengikuti cara mengusir tokek yang Kania bagikan di bawah ini, kamu tidak perlu mengawasi tokek setiap saat atau menyentuhnya secara langsung. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan. Yuk, langsung simak penjelasan berikut ini!


1. Cara Mengusir Tokek Menggunakan Kulit Telur Ayam.

Kalau kamu memasak telur ayam, jangan buru-buru buang kulit telurnya, ya! Pasalnya, tokek akan mengira kulit telur itu adalah telur predator. Tokek yang merasa terancam pun akan enggan berlama-lama di rumahmu.


Cara mengusir tokek yang satu ini cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu meletakkan kulit telur ayam di area yang sering dilalui tokek. Jangan cuci kulit telur ayam tersebut supaya tokek lebih cepat menemukannya. Rutinlah mengganti kulit telur setiap tiga sekali hari supaya penghuni rumah tidak terganggu dengan bau amis


2. Cara Mengusir Tokek Menggunakan Aroma Bawang Merah.


Cara mengusir tokek yang berikutnya adalah menggunakan bawang merah dengan aromanya yang sangat menyengat dan pedas. Ada dua cara mengusir tokek dengan bawang merah. Pertama, dengan cara mengiris bawang merah hingga halus, kemudian letakkan di sudut rumah atau tempat bersarangnya tokek. Aroma menyengatnya akan membuat tokek menyingkir. Gantilah irisan bawang merah ketika aromanya sudah mulai berkurang atau menghilang.

Cara yang kedua adalah dengan menghaluskan bawang merah dan melarutkannya ke dalam air. Simpan larutan bawang merah ke dalam botol semprot. Ketika kamu melihat ada tokek yang melintas, semprotkan larutan bawang merah ini ke tubuh tokek. Dengan demikian, tokek akan merasa tubuhnya perih akibat larutan bawang merah sehingga kapok kembali masuk ke rumahmu.



3. Cara mengusir Tokek Menggunakan Lada Bubuk.


Bubuk lada mampu menyedapkan rasa dan aroma masakan. Akan tetapi, apa yang terjadi ketika kamu tidak sengaja menghirup bubuk lada tersebut? Tentu kamu akan bersin-bersin dan pernapasan akan terasa panas. Tokek pun akan merasakan hal yang sama. Ditambah lagi, tubuhnya akan terasa perih jika terkena lada.

Kamu bisa mengisi penuh lada di dalam sebuah mangkuk, lalu letakkan mangkuk tersebut di tempat-tempat yang sering dilalui tokek. Selain itu, agar cara mengusir tokek ini lebih ampuh, larutkanlah lada dengan air. Semprotkan larutan lada tersebut ke tubuh tokek saat ia melintas atau berada di sarangnya


4. Cara Mengusir Tokek Menggunakan Kapur Barus.

Pada umumnya, kapur barus digunakan untuk mengusir serangga dan menjaga kelembapan ruang. Aromanya sedap untuk manusia, tapi sangat mengganggu untuk tokek. Untuk menggunakan kapur barus sebagai cara mengusir tokek di rumah, sebaiknya kamu menghancurkan kapur barus yang masih utuh menjadi bubuk. Kapur barus yang sudah menjadi bubuk akan lebih mudah disebar ke sarang tokek. Selain itu kamu juga bisa mengoleskannya pada dinding rumahmu agar tokek enggan melintasinya. Cara mengusir tokek ini tergolong mudah kan?


5. Cara Mengusir Tokek Menggunakan Aroma Kopi.

Apakah kamu penikmat kopi hitam di pagi hari? Jika iya, setelah menikmati secangkir kopi, simpanlah ampas kopi hitam tersebut. Aroma kopi yang nikmat ini ternyata tidak disukai oleh tokek, apalagi jika dicampurkan dengan tembakau.

Cara mengusir tokek dengan ampas kopi ini pun cukup mudah. Campurkan ampas kopi dengan tembakau, kemudian bentuk adonan tersebut menjadi bulatan kecil. Letakkan adonan yang sudah dibentuk pada sarang tokek. Dijamin semua tokek akan segera meninggalkan sarangnya. Jika tidak menemukan sarangnya, kamu bisa meletakkannya pada area tertentu yang sering dilalui tokek.


6. Cara Mengusir Tokek Menggunakan Asap.

Hampir semua makhluk hidup akan merasa terganggu saat ada asap. Begitu juga dengan tokek. Denagn demikian, kamu bisa mencoba cara mengusir tokek dengan membakar daun-daunan kering. Cara mengusir tokek yang satu ini membutuhkan kaleng bekas, daun kering, dan tentunya korek api.

Bakarlah daun kering yang sudah dikumpulkan, kemudian arahkan asapnya ke sarang tokek. Perhatikan jumlah daun kering yang dibakar supaya asapnya tidak mengganggu penghuni rumah. Saat melakukan cara mengusir tokek ini, kamu memerlukan perhatian ekstra karena cukup berbahaya dan berisiko.


Demikian enam cara mengusir tokek di dalam rumah yang efektif. Cara mana yang akan kamu coba pertama kali? Selamat mencoba!

-------------


Tag:
cara memancing tokek rumah agar keluar, ada tokek di dalam rumah menurut islam, apakah tokek rumah berbahaya, cara mengusir tokek dengan bawang, suara pengusir tokek mp3, suara untuk memancing tokek, mitos membunuh tokek, cara mengusir cicak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar