--> Skip to main content

Cara Membuat Benda Bermuatan Listrik Statis

Cara Membuat Benda Bermuatan Listrik Statis


Cara Membuat Benda Bermuatan Listrik Statis. Seorang anak yang tanpa sengaja mengosok-gosokan sebuah penggaris yang baru dibelinya ke kulitnya. Setelah didekatkan dengan rambut temannya, ternyata ujung rambut temannya berdiri dan mendekati penggaris. 

Anak itu pun terheran-heran dan berpikir kenapa ujung rambut temannya berdiri dan mendekati setelah didekatkan dengan sebuah penggaris. Jika Anda mempelajari konsep listrik statis maka Anda sudah bisa menjawab permasalahan tersebut, karena pada penggaris tersebut sudah memiliki muatan listrik.

Tidak semua benda dapat dijadikan bermuatan. Berikut benda-benda yang bisa dijadikan bermuatan dan cara membuatnya sehingga menjadi bermuatan listrik, yaitu:


  • Kaca dengan Kain Sutra

Jika kita menggosok-gosokan kaca dengan kain sutra maka elektron-elektron yang ada pada kaca akan berpindah menuju kain sutra, sehingga kaca menjadi kekurangan elektron dan akibatnya kaca akan bermuataan positif. Sementara itu, kain sutra akan mendapat tambahan elektron sehingga menjadi kelebihan elektron dan akibatnya kain sutra akan menjadi bermuatan negatif.


  • Mistar/Penggaris dengan Rambut

Jika sebuah mistar atau penggaris kita gosok-gosokan pada rambut kering maka elektron-elektron pada rambut akan berpindah ke mistar sehingga mistar akan kelebihan elektron dan akibatnya mistar akan akan bermuatan negatif, sedangkan rambut akan kehilangan elektron karena sudah berpindah ke mistar akibatnya rambut akan kekurangan elektron dan menjadi bermuatan positif.


  • Sisir dengan Rambut

Kasus ini hampir sama seperti pada penggaris dengan rambut. Jika kita menyisir rambut maka elektron-elektron yang ada pada rambut akan berpindah ke sisir akibatnya sisir akan kelebihan elektron dan bermuatan negatif, sedangkan rambut akan kehilangan elektron karena sudah berpindah ke sisir akibatnya rambut akan kekurangan elektron dan menjadi bermuatan positif.


  • Balon dengan Kain Wol

Sebuah balon jika kita gosokan dengan kain wol maka balon tersebut akan bermuatan negatif dan kain wol akan bermuatan positif karena elektron yang ada pada kain wol akan berpindah ke balon sehingga balon akan kelebihan elektron dan sebaliknya kain wol akan kekurangan elektron.


  • Ebonit dengan Kain Wol

Ebonit itu sebangsa karet vulkanisir yang teksturnya keras dan dibuat dari karet yang dicampur dengan belerang atau sulfur, banyak dipakai diperalatan listrik sebagai isolator atau bahan penyekat. Jika ebonit ini digosokan dengan kain wol maka ebonit akan bermuatan negatif dan kain wol akan bermuatan positif karena elektron yang ada di kain wol akan berpindah ke ebonit sehingga kain wol kelebihan elektron dan ebonit kekurangan elektron.


---------------------



Pencarian Terkait :

contoh benda bermuatan listrik, contoh benda bermuatan positif dan negatif, jelaskan cara membuat benda bermuatan listrik statis dengan cara konduksi, cara membuat muatan listrik statis, cara membuat listrik statis dengan penggaris, contoh benda bermuatan positif negatif dan netral, sifat benda bermuatan listrik, gambar yang menunjukkan peristiwa elektroskop.

Sumber : https://mafia.mafiaol.com/2014/08/cara-membuat-agar-benda-dapat-bermuatan-listrik.html