--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Blender Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Blender Tidak Berputar


Cara Memperbaiki Blender Tidak Berputar. Apakah blender Anda tidak berputar? Jangan panik dan berpikiran mengganti baru atau memperbaikinya ke tempat service dulu, cobalah periksa dan perbaiki sendiri. Dengan memperbaiki sendiri tentunya akan menghemat pengeluaran Anda.

Jika Anda mau mencoba memperbaikinya silahkan ikuti langkah berikut ini :

  1. Periksa kabel penghubung listrik apakah tersambung dengan baik atau putus? bila tidak ada masalah lanjutkan ke poin 2.
  2. Pisahkan gelas blender dari badan kemudian putar balik badan blender sehingga terlihat bagian bawahnya. Lepaskan penutup bagian bawah dengan membuka sekrupnya.
  3. Setelah penutup bagian bawah terlepas maka di dalamnya akan terlihat koponen seperti: motor penggerak, kapasitor, perkabelan. Periksalah setiap kabelnya apakah terpasang dengan baik atau ada yang terlepas?
  4. Untuk putaran motor yang tersendat-sendat kemungkinan carbon brush atau brostel sudah tipis dan yang terjadi adalah ngefong,untuk memperbaikinya gantilah komponen ini dengan yang baru dan yang berkualitas nomor satu karena bila anda memakai carbon brush atau brostel yang biasa-biasa saja maka usianya tidak akan lama. Perlu diketahui bahwa ukuran komponen dipasaran berbeda-beda maka bawalah contoh potongan sisa carbon brush beserta dudukannya saat anda akan membeli penggantinya, bila tidak ada ukuran yang pas maka anda dapat mengampelasnya agar dapat masuk pada dudukannya.
  5. Periksa lilitan atau spul pada motor penggerak apakah dalam keadaan yang wajar atau hitam seperti terbakar? kalau berwarna hitam dan tercium bau seperti terbakar kemungkinan lilitan terbakar, untuk memastikannya dapat diukur dengan AVO meter caranya: Atur posisi sakelar pemilih pada RX1 kilo ohm kemudian tempelkan masing-masing pena pengukur AVO ke kedua ujung jari steker, bila jarum AVO diam maka lilitan motor rusak tapi bila jarum AVO bergerak ke arah kanan dan diam maka kemungkinan motor masih dalam keadaan baik.
  6. Bila lilitan atau spul pada motor penggerak dalam keadan baik, tapi putaran motor lambat atau tidak berputar kemungkinan kapasitorya yang rusak dan harus diganti baru.
  7. Untuk putaran motor yang lambat biasanya akibat kapasitor yang sudah rusak, maka gantilah kapasitor dengan yang baru.
  8. Cara memperbaiki lilitan atau spul motor yang rusak adalah dengan cara dililit ulang, untuk pengerjaannya serahkan saja kepada jasa lilit yang biasanya bersatu dengan jasa serpis dinamo.
Jika setelah mengikuti langkah di atas blender Anda belum normal kembali sebaiknya periksakan ke tempat service apakah masih bisa diperbaiki atau tidak, jika sudah tidak bisi terpaksa Anda harus membeli yang baru.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar