--> Skip to main content

Cara Mengatasi Penyakit Bintik Putih Pada Ikan Hias


Cara Mengatasi Penyakit Bintik Putih Pada Ikan Hias


Cara Mengatasi Penyakit Bintik Putih Pada Ikan Hias. Ichthyophthirius multifiliis ialah ektoparasit yang biasa ditemukan pada ikan hias air tawar yang menyebabkan penyakit bercak putih ( White Spot ) atau ich

Penyakit white spot sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering sekali muncul pada ikan. Penyakit ini muncul di tubuh ikan, sirip ikan, dan insang ikan.


Penyebab Munculnya Penyakit Bintik Putih 

Penyebab munculnya white spot biasanya lewat ikan yang baru datang atau perlatan aquarium yang dipindah dari suat tempat ke tempat lain tanpa dibersihkan atau di karantina. 

Bintik putih ini berkembang sangatlah cepat sehingga dapat menyebabkan kematian pada ikan.


Ciri-ciri ikan terkena white spot 

Ciri-ciri ikan terkena white spot ialah ikan yang secara visual terlihat bercak atau bintik putih di tubuhnya atau jika white spot pada insang biasanya tidak terlalu kelihatan. 

Ciri-ciri terkena penyakit bercak putih atau white spot biasanya ikan tersebut terlihat lemas, diam di pojokan. menyendiri dan biasanya jugaikan yang terkena bercak putih tidak mau makan atau kehilangan nafsu makannya.


Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Hias

Penyakit white spot pada ikan ini bukanlah penyakit yang main-main, kalian harus segera melakukan pertolongan sehingga ikan kalian selamat dan penyakit bercak putih ini juga agar tidak menular ke ikan lainnya.

Lalu bagaimana cara mengobati atau membunuh white spot pada ikan ? 


  • Menguras Air Aquarium

Langkah pertama yang kalian lakukan ialah langsung menguras aquarium kalian sebanyak 25% dari volume air aquarium kalian. 

Tujuannya agar membuang sebagian parasit-parasit yang sudah berkembang di dalam air yang menjadi penyebab ikan terkena jamur white spot.

Dalam hal pengisian ulang air aquarium kembali kalian juga harus berhati-hati jika air di rumah anda mengandung senyawa yang tidak baik untuk ikan misalnya klorin pada air terlalu banyak dapat menyebabkan ikan malah menjadi stress dan menjadi percuma.

Cara paling aman ialah ketahui kualitas air di rumah kalian terlebih dahulu atau biar lebih aman kalian bisa menggunakan air galon isi ulang untuk mengisi kembali air aquarium.


  • Gunakanlah Heater

Cara untuk menangani bakteri jamur bercak putih pada ikan bisa dengan menggunakan heater aquarium. Karena jamur white spot tidak akan bisa berkembang biak di air yang panas sehingga kalian perlu alat yang satu ini. Setting heater 30 derajat ceclius unutk membunuh jamur white spot.

Merk heater yang beredar di Indonesia sudah sangat banyak ada yang mahal dan murah semua tergantung budget hobies. Namun saya sarankan belilah heater yang bagus alias mahal karena heater murah dapat menyebabkan suhu yang tidak stabil, konslet listrik bahkan pecah kaca heater.


  • Memberikan Garam Ikan Pada kolam/Akuarium

Pertolongan pertama lainnya kalian bisa menggunakan garam ikan, ingat ya garam ikan bukan garam dapur. Garam ikan mudah kalian dapatkan di toko-toko ikan hias. Harga garam ikan pun sangtalah murah sekitar 5000rb rupiah saja. 


Dalam memelihara ikan hias kalian wajib punya stok garam ikan buat jaga-jaga kalo ikan kenapa-kenapa. Gunakanlah garam ikan secukupnya ya, takaran garam ikan sendiri janganlah kebanyakan ya kalian bisa menakar 1 sendok teh garam dengan 4 liter air.


  • Memberi Daun Ketapang

Daun ketapang ini sangatlah populer dikalangan hobies untuk dijadikan obat untuk ikan hias peliharaannya. Manfaat daun ketapang untuk ikan sangatlah banyak yaitu bisa menyerap racun yang terkandung dalam air, sebagai anti jamur mengobati luka serta membuat ikan menjadi tidak stress.


  • Mengobatinya dengan Obat biru ( Methylene Blue )

Methylene Blue atau biasa disebut dengan obat biru ini merupakan obat ikan yang berfungsi untuk membunuh jamur dan parasit-parasit pada ikan.

Obat biru ini banyak dijual di toko-toko ikan hias dengan harga yang bervariasi tergantung merknya. 

Penggunaan obat biru sendiri harus berhati-hati ya karena jika kebanyakan akan mengakibatkan ikan mabok dan mati karena obat biru merupakan obat yang keras. Gunakan 1 tetes obat biru ke dalam aquarium berukuran 20cm.

Pada saat memberikan obat biru janganlah di tetes di 1 titik ya kalian harus membagi beberapa titik agar obat biru dapat merata ke dalam air.


  • Mengobatinya dengan obat ikan lainnya

Selain obat biru kalian bisa menggunakan obat lain yang beredar di pasaran. Sebelum membeli obat ikan kalian harus mengetahui terlebih dahulu fungsi obat yang ingin kalian beli. Cara paling aman kalian bisa bertanya ke sesama hobbies obat apa yang paling ampuh untuk white spot dan lain-lain.


  • Meningkatkan Penggunaan Aerator 

Aerator sangatlah diperlukan dan wajib dalam memelihara ikan hias bahkan ikan yang sehat pun membutuhkan aerator. Fungsi aerator ialah untuk memberikan oksigen ke dalam air. 

Oksigen yang banyak diperlukan untuk ikan yang lemas atau sakit karena ikan yang sakit apalagi penyakit white spot dapat menyebabkan ikan kesulitan dalam bernafas sehingga memerlukan oksigen yang sangat banyak di dalam air. 


  • Memperhatikan pemberian pakan

Setelah ikan sembuh atau mencegah ikan dari penyakit white spot adalah memberikan pakan yang benar-benar bersih, steril dan aman untuk ikan kalian.

Jika kalian memelihara ikan predator dan memberikan pakan hidup berupa ikan cere atau anakan ikan mas kalian bisa menaruh pakan hidup terlebih dahulu di wadah lain yang diberi oksigen serta obat anti jamur selama sehari sampai 3 haru baru kalian bisa berikan pakan hidup ersebut ke ikan kalian.

---------------------






Tag :
cara mengobati bintik putih pada ikan, cara mengobati bintik putih pada ikan cupang, penyebab penyakit bintik putih pada ikan hias adalah brainly, cara menghilangkan jamur pada ikan koki, mengobati white spot dengan bawang putih, apakah white spot bisa hilang sendiri, cara mengobati white spot pada ikan oscar, cara menghilangkan white spot pada ikan hias air laut

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar