--> Skip to main content

Cara Menghitung Frekuensi dan Periode Getaran Benda

Cara menghitung frekuensi dan periode getaran benda.  Anda pasti pernah melihat jam dinding yang memakai bandul. Jarum jam dinding bergerak akibat  gerak bolak-balik bandul. Gerak bolak-balik bandul jam disebut getaran.

Anda juga pernah memperhatikan buaian anak atau ayunan di taman. Jika buaian anak ditarik kemudian dilepaskan maka buaian anak akan bergerak bolak balik sampai pada waktu tertentu akan berhenti. 

Begitu pula halnya ayunan yang terdapat pada taman hiburan. Gerak bolak balik ayunan atau buayan juga disebut getaran.

Jadi, getaran adalah gerak-bolak balik suatu benda terhadap titik kesetimbangan. Berapa frekuensi dan periode getaran tersebut?  Untuk memahami hal ini akan diberikan contoh soal tentang frekuensi dan periode getaran benda.


Pertanyaan :

Perhatikan gambar ayunan bandul berikut ini.


Cara Menghitung Frekuensi dan Periode Getaran Benda

Jika bandul bergerak dari A-B-C selama 5 sekon maka frekuensi dan periode getaran bandul adalah…

A. 0.2 Hz dan 10 sekon/getaran
B. 0.1 Hz dan 5 sekon/getaran
C. 0.2 Hz dan 5 sekon/getaran
D. 0.1 Hz dan 10 sekon/getaran


Pembahasan :
Bila bandul ditarik sampai pada titik A kemudian dilepaskan. Bandul akan bergerak ke titik B- C dan kembali ke titik B dan A. Gerak bandul A-B-C-B-A disebut 1 getaran penuh. Sedangkan gerak bandul A-B-C atau C-B-A disebut ½ getaran.

Jika bandul bergerak ½  getaran (A-B-C) selama 5 sekon maka frekuensi getaran adalah jumlah getaran per waktu yang dibutuhkan, atau disimbol f = n/t, dimana n = jumlah getaran dan t = waktu getar. Oleh sebab itu;

f = n/t
f = ½  getaran/ 5 sekon
f = 0.1 getaran/sekon
f = 0.1 Hz

Periode getaran adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh 1 getaran penuh. Maka: periode adalah waktu getar per jumlah getaran, disimbol : T = t/n, dimana t = waktu getar dan n = jumlah getaran.

T = t/n
T = 5 sekon/1/2 getaran
T = 10 sekon/getaran

Frekuensi berbanding terbalik dengan periode getaran sehingga dapat ditulis f = 1/T atau T = 1/f

Kunci jawaban:
D. ( 0.1 Hz dan 10 sekon/getaran )



Tag :
contoh soal periode getaran, rumus frekuensi getaran, bagaimana hubungan antara frekuensi dan periode, rumus periode bandul, rumus getaran, frekuensi getaran adalah, cara menghitung getaran bandul, contoh soal getaran.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar