--> Skip to main content

Cara Memanggil Burung Walet Agar Bersarang Di Rumah

Cara Memanggil Burung Walet Agar Bersarang Di Rumah

Cara Memanggil Burung Walet Agar Bersarang Di Rumah - Pastinya Anda sudah mengetahui banyak sekali orang yang sudah berternak walet, dikarenakan betapa luar biasanya bisnis walet saat ini dan harga sarang burung walet pun juga luar biasa.

Burung  walet itu memiliki sejuta manfaat di dalam sangkarnya, yang konon katanya dapat membatu menyembuhkan segala macam penyakit, memang bukan konon lagi sekarang.


Manfaat Sarang Burung Walet

Sarang Burung Walet kelihatanya hewan yang satu ini memang memiliki perhatian yang sangat luar biasa, tidak hanya di indonesia melainkan di seluruh dunia. burung ini tergolong dari keluarga Apodidae. Burung ini terkenal dengan kasiat air liurnya yang digunakan sebagai sarang.

Sejak dulu sarang ini lah yang menjadi daya tarik bagi burung ini yang konon katanya bisa memberikan kasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Sangking banyaknya kandungan gizi yang terdapat di dalam air liur burung walet ini sehingga banyak yang membudidayakan selain itu harga sarang burungnya 1 kilonya juga relativ mahal.

  • Meningkatkan produksi sel dalam tubuh .
  • Melawan radikal bebas, karena banyaknya asam amino dan antioksidan di dalam sarang burung walet.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit.
  • Menambah nafsu makan
  • Memperkuat kerja fungsi paru-paru dan ginjal.
  • Meningkatkan kerja jantung
  • Bagi penderita hipertensi mengkonsumsi obat dari sarang burung walet sangatlah baik karena dapat menurunkan tekanan dalam darah.
  • Membantu pengobatan penderita kanker dan mencegah terjadinya kanker.
  • Biasanya sarang burung walet dapat diolah menjadi minuman ataupun dijadikan sup yang kaya gizi. Namun, tidak semua orang bisa menikmati makanan dari sarang burung walet, mengingat harganya yang mahal dan sulitnya untuk mendapatkan sarang burung walet.
  • Sarang burung walet juga baik bagi ibu hamil dan pasca melahirkan karena dapat meningkatkan kesehatan dan meningkatkan antibody serta kesehatan ibu juga janin yang dikandung.
  • Sarang burung walet banyak mengandung kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan mengencangkan kulit.


Harga Pasaran Sarang Burung Walet

Banyak sekali sekarang ini yang memiliki usaha membuat rumah yang nantinya untuk sarang walet.

Sarang walet banyak sekali jenisnya, dan harganyapun juga berfariasi sesuai dengan kualitas sarang walet tersebut, nah untuk sementara harga sarang walet bisa anda lihat di bawah 


  • Mangkok Rp. 9- 12 Juta/ Kg. 
  • Sudut Rp. 7Juta/ Kg. 
  •  Patahan Rp. 5 - 6 Juta/ Kg. 
  • Campur( CONG) Rp. 9,4 Juta/ Kg.  

Sarang walet Gua 

  • Mangkok Rp. 6,7  Juta / Kg. 
  • Patahan Rp. 4,5 Juta/ Kg. 

catatan:

Harga di atas bukan harga mutlak yang menjadi acuan.


Nah pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memanggil Burung Walet agar bersarang di Rumah. 


Cara Memanggil Burung Walet Agar Bersarang Di Rumah

Berikut ini merupakan 2 cara untuk memanggil Burung Walet agar bersarang di Rumah yaitu :


1. Cara memanggil Burung Walet menggunakan Sriti Kembang

Cara memanggil walet dengan menggunakan sriti kembang (Hirundo javanica) ini dengan memanfaatkan sriti kembang sebagai burung pemanggil. 

Layaknya dengan menggunakan teknik suara (Compact Disc) sehingga sriti kembang berperan sebagai kaset hidup untuk mengundang sriti atau walet. 

Selain itu gerakan sriti kembang yang berterbangan dan aroma kotorannya merupakan pemikat sriti atau walet untuk tinggal bersama di dalam satu gedung.


2. Cara memanggil Burung Walet menggunakan suara/audio

Teknik ini memanfaatkan media audio soundsystem dari CD player sebagai sumber bunyi guna menarik dan memanggil walet, hal ini lebih mengacu pada perilaku hidup walet yang berkoloni. 

Suara tiruan walet diperdengarkan dari dalam gedung, seolah-olah telah ada koloni walet lainnya yang bersarang di sana. 

Dengan demikian, burung-burung walet yang berterbangan atau melinta gedung/rumah walet yang telah kita siapkan akan terpikat untuk memasuki gedung.


Demikian artikel ini saya pos  semoga dapat bermanfaat bagi anda pencinta walet, atau bahkan yang belum mengerti semoga ini sebagai bahan pertimbangan untuk membangun usaha ternak walet.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar