--> Skip to main content

Cara Mengatasi Layar Laptop LCD bergaris (Dead Pixel)

Cara Mengatasi Layar Laptop LCD/LED bergaris (Dead Pixel)

Cara Mengatasi Layar Laptop LCD/LED bergaris (Dead Pixel). Layar laptop baik itu LCD atau juga LED merupakan salah satu komponen terpenting selain processor dan memori yang ada di laptop. Dengan adanya layar monitor memungkinkan kita dapat melihat output yang dihasilkan oleh laptop kita. 

Namun apa jadinya jika LCD laptop kita terdapat masalah sehingga menggangu tampilan pada layar kita seperti terjadi dead pixel atau bergaris atau bahkan mengakibatkan LCD laptop kita mati total.

Sebelum kita dapat memperbaiki layar laptop yang bergaris atau dead pixel, terlebih dulu kita mengenal apa itu Dead Pixel. Dead pixel merupakan sebuah istilah yang dipakai ketika ada cacat yang biasanya berupa titik pada layar tersebut. Dead pixel bisa terjadi pada perangkat apapun yang memiliki layar LCD seperti layar monitor, TV flat, Smartphone dan lcd laptop. tapi perlu di perhatikan bahwa dead pixel maupun layar bergaris ini berbeda dengan VGA Artifact.

Biasanya, dead pixel terjadi pada saat post production atau setelah keluar dari produksi yang berarti cacat terjadi pada bawaan pabrik, namun kini Dead pixel bisa terjadi tidak hanya pada saat proses produksi saja melainkan karena pemakaian yang bisa jadi terlalu lama, layar terlalu di tekan sehingga mengakibatkan garis - garis yang sangat menggangu. 


Cara Mengatasi LCD Bergaris pada laptop

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki layar bergaris pada laptop, yaitu diantaranya yaitu :

1. Reparasi Hardware

Memperbaiki dead pixel dan layar bergaris dengan melakukan service di tempat reparasi. namun kita tidak membahas yang ini karena membutuhkan komponen elektronik tertentu.

2. Menggunakan Software

Kita dapat memperbaiki layar bergaris pada laptop menggunakan sebuah aplikasi yang bernama PixelRepairer v2.0.0, aplikasi ini dapat mendeteksi  adanya dead pixel sekaligus memperbaikinya tanpa perlu membongkar laptop kita sendiri.

  • Yang pertama silahkan download : PixelRepairer V 2.0.0
  • Setelah kamu download, selanjutnya kamu extract di manapun kamu suka. di dalamnya kamu akan menemukan 3 buah file. untuk mengatasi layar dead pixel dan bergaris, kamu jalankan aplikasi PixelRepairer.exe.
  • Setelah dijalankan, kamu diharuskan memilih pattern untuk mengetes apakah benar bahwa di layar kamu terdapat dead pixel atau layar bergaris. lalu kamu klik Enable, nanti layar monitor kamu akan berubah sesuai dengan warna atau pola yang kamu pilih. untuk keluar kamu cukup tekan tombol esc pada keyboard.
  • Kamu tinggal menunggu prosesnya hingga selesai, mudah bukan ? memang tidak semua dead pixel atau layar garis - garis bisa di perbaiki dengan cara ini, jika LCD kalian masih belum bisa di perbaiki, maka cara satu - satunya adalah dengan membawanya ke service center  terdekat.

Tag :
harga service lcd laptop bergaris,lcd laptop bergaris horizontal,lcd laptop bergaris warna warni, lcd, laptop bergaris merah, lcd laptop bergaris dan berkedip, lcd laptop bergaris pelangi, lcd notebook bergaris, memperbaiki lcd laptop bergaris, lcd laptop asus bergaris, lcd laptop asus bergaris horizontal, layar lcd laptop asus bergaris, memperbaiki lcd laptop acer bergaris, apakah lcd laptop bergaris bisa diperbaiki, cara memperbaiki lcd laptop asus bergaris, atasi lcd laptop bergaris, cara memperbaiki lcd, laptop acer bergaris, biaya service lcd laptop bergaris, lcd laptop blank putih bergaris, cara benerin lcd laptop bergaris,  cara memperbaiki laptop lcd bergaris, cara memperbaiki lcd laptop bergaris warna warni, cara memperbaiki lcd laptop bergaris horizontal, cara membetulkan lcd laptop bergaris, cara mengatasi lcd laptop bergaris hitam, cara mengatasi lcd laptop bergaris putih, cara memperbaiki lcd laptop bergaris putih, cara memperbaiki lcd laptop bergaris pink, lcd laptop dell bergaris, cara memperbaiki lcd bergaris di laptop, lcd laptop bergaris garis, screen laptop bergaris hitam, lcd laptop bergaris hijau, penyebab lcd laptop bergaris hitam, layar lcd laptop bergaris hitam, mengatasi lcd laptop bergaris horizontal, lcd laptop hp bergaris, kenapa lcd laptop bergaris, kenapa lcd laptop bergaris merah, cara memperbaiki lcd laptop toshiba bergaris, lcd laptop bergaris vertikal, memperbaiki lcd laptop bergaris vertikal, cara memperbaiki lcd laptop yang bergaris, cara mengatasi lcd laptop yang bergaris, cara memperbaiki lcd laptop yang bergaris hitam, cara menghilangkan lcd laptop yang bergaris, cara memperbaiki layar lcd laptop yang bergaris, screen laptop bergaris.