--> Skip to main content

Cara Berhenti Mendengkur Saat Tidur

Cara Berhenti Mendengkur Saat Tidur


Cara Berhenti Mendengkur Saat Tidur
. Apakah Anda mendengkur saat tidur ?. Mendengkur atau mengorok saat tidur merupakan salah satu kebiasaan yang sering dianggap wajar. Ketika seseorang tertidur, lidah, mulut, tenggorokan, dan saluran udara menjadi rileks. 

Kondisi tidur mengorok sering kali dianggap sebagai tanda bahwa seseorang sedang kelelahan.


Penyebab Mendengkur Saat Tidur.

Meski begitu, mendengkur merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami hipersomnia atau gangguan tidur yang menyebabkan rasa kantuk berlebihan.

Salah satu penyebab hypersomnia yang paling umum adalah sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur).

Penyebab mendengkur juga dikaitkan dengan gaya hidup seseorang, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, kelebihan berat badan, dan gangguan pada saat tidur seperti sleep apnea. Bisa juga karena posisi tidur, misalnya terlentang.


Lalu bagaimana cara berhenti mendengkur saat tidur?


Tips Cara Berhenti Mendengkur.

Berikut tips cara berhenti mendengkur atau ngorok yang dapat Anda lakukan, yaitu :


1. Mengatur Posisi Tidur

Seseorang mungkin mendengkur jika mereka tidur telentang karena dapat menyebabkan lidah bergerak ke belakang tenggorokan. Hal ini membuat pernapasan menjadi lebih sulit, sehingga menyebabkan getaran mendengkur.


2. Jaga Berat Badan

Orang Asia memiliki prevalensi ngorok lebih tinggi dibandingkan dengan orang ras kaukasia, yakni sebanyak 50 persen. Pasalnya, orang Asia yang memiliki rahang lebih sempit dan terdapat faktor keturunan.

Kegemukan itu faktor risiko ngorok, saluran napas jadi tambah sempit. Pada orang Asia, berat badan turun tapi masih ngorok. Namun sebagai pencegahan tetap harus jaga berat badan.


3. Berhenti Merokok

Gaya hidup juga dapat menjadi penyebab seseorang sering mengorok. Selain membahayakan kesehatan secara keseluruhan, merokok dapat mengiritasi saluran udara, sehingga berpotensi memperparah dengkuran.


4. Tidak Mengonsumsi Alkohol Sebelum Tidur

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas serta terhindar dari ngorok, kamu harus menghindari konsumsi alkohol menjelang jam tidur. Bahkan, pada orang yang tidak terbiasa mengorok, minum alkohol dapat membuat mereka mengorok saat tidur.


5. Menambah Bantal Kepala

Menambah bantal kepala dapat membuat posisi kepalamu lebih tinggi. Hal ini dapat membantu membuka saluran udara, sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan dengkuran.


------------------







Tag:

Cara mendiamkan teman ngorok, obat mendengkur di apotik, cara menghilangkan ngorok dengan bahan alami, cara menghilangkan ngorok saat tidur secara alami, penyebab tidur ngorok dan cara menghilangkanya, doa agar tidak ngorok, tidur mendengkur menurut islam, cara menghilangkan dengkuran pada anak saat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar