--> Skip to main content

Cara Buat Gelembung Kabut dari Dry Ice

Cara Buat Gelembung Kabut dari Dry Ice



Cara Buat Gelembung Kabut dari Dry Ice. Membuat gelembung tentunya merupakan permainan yang menyenangkan untuk anak-anak terutama jika gelembung tersebut dapat menjadi lebih besar dan besar.

Banyak sekali cara membuat mainan gelembung, salah satunya menggunakan bahan dry ice. Namun untuk melakukannya membutuhkan pengawasan orang dewasa untuk menangani es kering atau biang es ini. 

Karena yang akan digunakan adalah dry ice dapat menyebabkan kerusakan kulit. Oleh sebab itu, sarung tangan harus digunakan ketika memegang es kering dan hindari menghirup langsung uapnya.


Cara Buat Gelembung dari Dry Ice



Bahan dan peralatan :

  • Air
  • Sebuah mangkok besar dengan ‘bibir’ di bagian atasnya (mangkok atau cangkir yang lebih kecil juga dapat digunakan)
  • Selembar kain
  • Campuran sabun untuk membuat gelembung (ini dapat diperoleh dengan mencampurkan air dan cairan sabun pencuci piring)
  • Es kering (satu kotak jika menggunakan cangkir, tetapi lebih jika menggunakan mangkok).

Cara membuat :

  1. Letakkan es kering dalam mangkok dan tambahkan air.
  2. Celupkan kain dalam campuran sabun dan basahi bagian bibir mangkok dengan kain tersebut sebelum diseret ke bagian atas tengah mangkok untuk membentuk lapisan gelembung diatas es kering
  3. Mundurlah sedikit menjauh dan perhatikan gelembung-gelembungnya membesar!


Edukasi :

Membuat gelembung dari dry ice merupakan bagian dari kimia, tentunya ini dapat menjadi mainan sekaligus edukasi buat anak Anda. Jelaskan pada anak Anda tentang proses gelembung tersebut.

Jelaskan pada anak-anak bahwa Es kering atau dry ice adalah karbon dioksida (CO2) dalam bentuk padat. Pada temperatur diatas -56.4 °C (-69.5 °F), es kering akan berubah bentuk dari padatan langsung menjadi gas tanpa melalui bentuk cairan. 

Proses ini disebut dengan sublimasi. Ketika es kering dimasukkan ke dalam air, tahap ini akan mempercepat proses sublimasi tersebut dan membentuk awan kabut yang dapat mengisi es kering hingga tekanan menjadi terlalu besar. 

Akibatnya gelembung pecah dan menumpahkan kabut keluar pinggiran mangkok. Es kering sering digunakan dalam pertunjukan teatrikal atau konser musik yang membutuhkan efek kabut. Kegunaan lainnya adalah untuk mengawetkan makanan, membekukan sampel-sampel laboratorium dan bahkan untuk membuat es krim.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar