--> Skip to main content

Cara Membedakan Emas Asli Dengan Emas Palsu

Cara Membedakan Emas Asli Dengan Emas Palsu - Beberapa panduan tips cara membedakan antara emas asli dengan emas palsu.

Cara Membedakan Emas Asli Dengan Yang Palsu


Monstutor.com. Selain saham atau reksadana, logam mulia yaitu emas juga sebagai salah satu bentuk investasi yang dapat membawa keuntungan untuk Anda. Anda bisa menganggap investasi emas sama dengan menabung.

Akan tetapi, salah satu keuntungan terbaik dari tabungan emas adalah nilai asetnya yang tidak tergerus inflasi secara signifikan. Nilai asetnya yang jarang mengalami perubahan drastis membuat tabungan emas jadi pilihan investasi dengan tingkat risiko yang cenderung mudah diatur.

Jika tertarik untuk investasi emas atau bahkan sudah siap, siapakah yang Anda beli emas asli. Tetapi jika ragu, sebenarnya ada berbagai cara untuk membedakan emas asli atau palsu.

Berikut cara membedakan cincin emas asli dengan kuningan:


Uji Keaslian Emas Dengan Cara Mengigitnya

Cara sederhana ini ternyata sangat dilakukan setiap orang. Sebagai contoh, jika Sobat pernah melihat atlet yang memenangkan pertandingan lalu menggigit medali emasnya? Ternyata selebrasi itu dikabarkan sebagai cara mengecek keaslian emasnya. Menarik ya!

Mengingat emas adalah logam yang memiliki sifat unik. Semakin tinggi atau semakin murni emas, maka akan semakin banyak lunak logam tersebut. Jika Sobat menggigit emas dan ada bekas gigitan yang tertinggal, maka kemungkinan besar emas itu adalah asli atau memiliki tingkat kemurnian yang tinggi.

Namun cara ini tidak bisa Anda untuk emas perhiasan ya, sebab pakai perhiasan biasanya sudah bisa berhubungan dengan logam lain seperti perak dan tembaga. Pencampuran emas dan logam lain dilakukan untuk mempertahankan tingkat ketahanan emas.

Oleh karena itu jika Anda menggigit emas perhiasan atau emas palsu dengan campuran logam, tidak akan ada bekas apapun ketika digigit. Jadi jangan langsung khawatir kalau perhiasan emas Anda palsu, coba cara lainnya.


Uji Keaslian Emas Dengan Cara Menggosoknya

Untuk melihat emas asli bisa dicek dari kadar warnanya. Cobalah gosok-gosok permukaan emas menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan bahwa itu adalah palsu. Namun, bila tak ada perubahan warna jaminan itu berarti emas asli.


Uji Keaslian Emas Menggunakan Magnet

Magnet adalah salah satu metode tambahan yang bisa digunakan untuk mengukur, apakah emas tersebut asli atau palsu. Mengingat emas bukan logam magnetik maka jika didekatkan ke magnet, maka emas yang asli tidak akan menempel.


Uji Keaslian Emas Dengan Cara Menggoreskannya

Cara sederhana lainnya adalah dengan menggoreskan emas pada keramik atau kertas, jika emas digoreskan pada keramik atau kertas, emas asli tidak akan tergores sama sekali. Lain halnya dengan logam lain atau emas palsu, logam lain atau emas palsu akan meninggalkan goresan-goresan kecil atau warna kehitaman.


Uji Keaslian Dengan Cara Periksa Sertifikat Emas

Sebelum membeli emas, memeriksa sertifikat emas tersebut. Caranya dengan meletakkan sertifikat emas tersebut di bawah sinar ultraviolet. Jika sertifikat tersebut asli, maka akan ada garis-garis minor warna seperti layaknya uang kertas dan blok berwarna hijau di setiap deskripsi detail sertifikat. Lalu juga terdapat logo watermark perusahaan pencetak sertifikat yang asli.


Uji Keaslian Emas Menggunakan Suara

Kebebasan atau perselisihan emas menggunakan koin menjadi cara alternatif lainnya. Bunyi emas asli akan membuat suara yang panjang dan bernada tinggi ketika beradu dengan logam lain. Sedangkan, imitasi emas atau logam lain suaranya akan jauh lebih pendek.


Uji Keaslian Emas Menggunakan Cairan Asam

Cara membedakan emas dan kuningan yang terakhir adalah dengan meneteskan cairan asam di permukaan. Reaksi pertama yang akan ditimbulkan kuningan pada saat cairan asam akan muncul gelembung kecil. Sedangkan emas tidak akan bereaksi apapun.

---------------------


Tag :

cara membedakan emas asli dengan cuka, cara membedakan emas putih asli dan palsu, cara cek emas ubs asli atau palsu, cara membedakan cincin emas asli dengan kuningan, kode emas asli, emas asli jika dibakar, aplikasi cek emas asli emas palsu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar