--> Skip to main content

Cara Membersihkan Lidah Agar Bersih Penyebab Bau Mulut

Cara Membersihkan Lidah Agar Bersih Penyebab Bau Mulut. Berikut cara membersihkan lidah penyebab bau mulut agar bersih dan segar.

Cara Membersihkan Lidah Agar Bersih Penyebab Bau Mulut

Apakah anda pernah mengalami sudah rutin sikat gigi tapi mulut masih bau? 

Salah satu penyebab bau mulut adalah lidah yang kotor atau jarang dibersihkan.  Contoh lidah yang menyebabkan bau mulut  seperti apa sih? Lidah yang kotor dapat membuat bau mulut, biasanya lidah yang terdapat lapisan putih atau disebut dengan oral candidodis adalah salah satu akibat anda kurang memperhatikan kebersihan lidah.

Lapisan putih ini disebabkan oleh jamur candida albicans yang dapat membuat bau mulut.   Kemudian timbulnya sariawan, ataupun kanker lidah adalah contoh masalah pada kesehatan lidah yang lainnya.  

Emang lidah bisa dibersihkan ya?  Bisa dong, caranya sangatlah mudah dan berikut ini merupakan 5 cara mudah membersihkan lidah, yaitu : 


1. Menyikat lidah.

Tidak hanya gigi yang perlu disikat, lidah juga perlu disikat agar bersih dari jamur yang menjadi penyebab bau mulut. Tapi dalam menyikat lidah, ada yang harus diperhatikan.

Pertama jangan gunakan sikat gigi yang keras atau malah sikat wc, karena akan membuat lidah kita terluka. Gunakanlah sikat yang berbulu lembut untuk menyikat lidah. Kedua, jangan terlalu keras. Dan yang ketiga, lakukan hal tersebut secara teratur.   


2. Gunakan pembersih khusus lidah.

Selain dengan menyikat lidah dengan bulu yang halus, anda juga dapat memaksimalkannya dengan menggunakan pembersih khusus lidah. Dengan menggunakan pembersih lidah ini, jamur candidas albicans yang merupakan jamur penyebab bau mulut dapat hilang. Anda pun akan terbebas dari bau mulut.   


3. Mengonsumsi makanan pembersih lidah.

Ada beberapa makanan yang mempunyai sifat membersihkan, salah satunya adalah strowberi, lemon dan apel. Ketiga buah tersebut dapat membersihkan dan menjaga kesehatan lidah, selain itu juga dapat membantu menjaga gigi tetap bersih dan putih.

Jadi, tidak ada salahnya anda mencoba ketiga buah diatas, semoga saja berhasil dalam membantu membersihkan lidah anda.   


4. Gunakan Obat kumur secara teratur.

Anda juga dapat membersihkan lidah dengan menggunakan obat kumur, dengan obat kumur ini selain akan mematikan bakteri atau kuman di mulut juga akan membersihkan lidah dari jamur penyebab bau mulut. Sehingga diharapkan dengan berkumur dengan obat kumur ini, jamur akan hilang, lidah bersih dan tidak bau mulut.  


5. Mengonsumsi Yoghurt.

Selain menggunakan ke-empat cara diatas, anda juga dapat mengkonsumsi yoghurt untuk membatu menghilangkan jamur penyebab bau mulut. Yoghurt yang merupakan salah satu minuman hasil fermentasi dari susu ini, dipercaya dapat mematikan jamur candida albicans di lidah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar