--> Skip to main content

Cara Membersihkan Oven Listrik

Cara Membersihkan Oven Listrik

Cara Membersihkan Oven Listrik. Cara membersihkan oven listrik harus benar-benar diperhatikan agar oven listrik anda tetap awet. Kotoran yang menumpuk pada oven listrik akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dari oven tersebut dan juga hasil makanan tidak akan maksimal. 

Berbagai tumpahan cairan seperti saus, coklat dan minyak yang sudah mengering pada oven secara otomatis akan mengurangi kemampuan oven dalam menghantarkan panas sehingga tidak berjalan kurang maksimal.

Selain itu, percikan atau cipratan makanan pada ventilasi oven juga akan menghambat sirkulasi udara d bagian dalam oven sehingga tingkat kematangan makanan yang di panggang tidak maksimal.

Berbagai remah makanan dan juga lemak juga bisa memicu api jika dibiarkan menumpuk di dalam oven. Memang dalam membersihkan oven dibutuhkan waktu dan ekstra tenaga khususnya jika membersihkan kerak membandel yang sulit dibersihkan.  

Akan tetapi dengan cara membersihkan dan teknik yang tepat, maka pekerjaan ini akan terasa lebih ringan.


Cara Membersihkan Oven Listrik

Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan oven listrik yang bermanfaat sehingga proses bersih-bersih oven listrik bisa berjalan dengan cepat dan hasil memuaskan.


1. Cara Bersihkan Rak Oven Listrik

Untuk membersihkan bagian oven yang bisa dilepas seperti rak, bisa dilakukan dengan melepaskan rak-rak oven tersebut kemudian gunakan produk khusus pembersih oven yang mengandung penghancur lemak dan minyak lalu gosok dengan busa halus sampai semua kotoran luntur dan cuci bersih dengan air kemudian keringkan dan pasang kembali dalam oven.


2. Cara Membersihkan Oven Listrik Bagian Dalam.

Untuk mengangkat sisa makanan gosong di dalam oven yang tertempel pada dinding oven, anda bisa mengerik kotoran tersebut memakai bagian ujung sendok atau benda tumpul lainnya sehingga kotoran bisa dengan mudah diangkat.

Bersihkan bagian dalam oven listrik Anda. Agar mudah membersihkannya Anda dapat menggunakan bahan-bahan berikut : 

  • Baking Soda. Untuk membersihkan bagian dalam oven, masukkan 2 sendok makan baking soda ke dalam botol semprot dan tambahkan setengah gelas air lalu kocok sampai baking soda larut. Semprot bagian dalam oven dengan air tersebut dan diamkan selama 1 jam sampai kerak seperti arang atau sisa makanan bisa terangkat lalu lap dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  • Lemon. Untuk oven listrik dari berbagai noda karat bisa dilakukan dengan menggunakan sari air lemon sekitar setengah cangkir dan campur dengan 1 gelas air lalu aduk sampai rata. Masukkan campuran ini dalam wadah besar lalu masukkan ke dalam oven dan hidupkan pada suhu tinggi selama 5 menit. Matikan oven dan biarkan wadah tetap di dalam selama 10 menit. Dengan metode ini, berbagai karat pada oven akan mudah dibersihkan sebab sudah terbantu dengan uap yang keluar dari sari air lemon tersebut.
  • Garam dan Cuka. Cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan oven listrik dari noda makanan dan karat bisa dilakukan dengan cara menuang air secukupnya ke dalam botol semprot kemudian tambahkan dengan beberapa sendok garam dan beberapa sendok cuka. Kocok sampai rata dan semprot ke seluruh bagian oven secara merata, setelah itu nyalakan oven dengan suhu rendah selama 5 menit. Sesudah panas hilang, tinggal menggunakan lap kering untuk mengangkat sisa kerak dan juga karat pada oven dengan mudah.
  • Saus Tomat. Saus tomat ternyata tidak hanya bisa dikonsumsi saja, namun juga bisa digunakan untuk membersihkan oven listrik yang anda miliki. Apabila ada noda di dalam oven yang terbakar, maka silahkan kecilkan oven sampai suhu terendah dan tuang saus tomat pada noda dan gosok lalu diamkan selam 5 menit. Gunakan tisu atau kain untuk mengangkat kotoran tersebut dengan sangat mudah sampai bersih.
  • Kulit Jeruk Nipis. Untuk menghilangkan noda dan kerak pada oven juga bisa dilakukan dengan menggunakan kulit jeruk nipis. Caranya adalah dengan meletakkan beberapa buah kulit jeruk nipis pada wadah tahan api yang sudah diisi dengan air lalu masukkan ke dalam oven dan nyalakan pada suhu 175 derajat celcius selama 25 menit. Setelah itu, matikan oven dan tunggu sampai panas hilang dan tinggal dibersihkan memakai lap dengan mudah untuk menghilangkan noda serta bau amis oven listrik tersebut.
  • Cuka Apel dan Baking Soda. Untuk membersihkan oven sekaligus menghilangkan bau oven bisa dilakukan dengan cara mencampur cuka apel dan baking soda memakai perbandingan 1 banding 2 lalu aduk sampai menjadi adonan dan bersihkan seluruh bagian dalam oven. Setelah selesai, bilas dengan kain yang sudah dibasahi dan bilas kembali dengan kain kering.
  • Minyak Dengan Garam.  Cara Membersihkan Oven Listrik yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garam. Untuk membersihkan noda berminyak atau lemak bisa menggunakan garam dapur. Caranya adalah dengan menaburkan garam pada oven yang masih panas lalu tunggu sampai dingin. Sesudah itu silat memakai sikat yang kasar lalu tinggal di lap sampai bersih.
  • Air.  Cara mudah lain untuk membersihkan oven listrik adalah dengan menuangkan air secukupnya pada mangkuk khusus oven lalu masukkan ke dalam oven dan nyalakan selama 10 menit sampai air mendidih dan mengeluarkan uap. Uap air inilah yang nantinya akan melembutkan noda minyak dan lemak sehingga akan mudah dibersihkan memakai spons lembut sampai bersih dan kering.
  • Minyak Esensial Vanili. Agar oven listrik tidak hanya bersih namun juga harum, anda bisa menggunakan minyak esensial vanili yang biasanya sering dipakai untuk membuat kue. Caranya adalah dengan Mencampur satu sendok makan sabun cair dengan satu setengah cangkir baking soda, 4 tetes minyak esensial vanili dan seperempat cangkir cuka putih. Oleskan campuran ini dengan kuas ke seluruh bagian dalam oven lalu diamkan selama 8 jam atau semalaman. Siapkan air dalam mangkuk dan gunakan spons untuk menggosok dengan lembut seluruh bagian dalam oven dan keringkan memakai lap.

3. Cara Membersihkan Oven Listrik Bagian Luar.

Untuk membersihkan bagian luar oven listrik bisa memakai handuk atau kain sehingga tidak akan menimbulkan garis atau baret pada oven. Sedangkan untuk cairan pembersih kaca bisa menggunakan air cuka dan usap perlahan kaca searah seperti saat mengelap bagian luar oven listrik.


Peralatan memasak seperti contohnya oven listrik ini memang harus selalu dibersihkan secara rutin sehingga bisa higienis, sebab alat memasak ini nantinya akan bersentuhan langsung dengan makanan yang akan disajikan untuk anggota keluarga anda.

---------------------------




Tag:

cara membersihkan oven dari kerak, cara membersihkan oven dengan baking soda, cara menghilangkan bau pada oven tangkring baru, cara membersihkan oven tangkring baru, cairan pembersih oven, cara membersihkan oven tangkring yang berkarat, oven berkarat, cara membersihkan oven.