--> Skip to main content

Cara Membuat Eksperimen Lumpur Hisap

Cara Membuat Eksperimen Lumpur Hisap


Cara Membuat Eksperimen Lumpur Hisap . Apakah kalian tahu mengenai lumpur hisap? Lumpur hisap (bahasa inggrisnya: quicksand) adalah lumpur yang dimana jika kamu melangkah ke dalamnya akan menyebabkan dirimu tenggelam hingga pinggang. 

Bisa dibayangkan bagaimana  kalau kita bisa membuat lumpur hisap itu sendiri. Tentunya bukan lumpur hisap sungguhan, tetapi lumpur hisap mainan atau eksperimen.

Lumpur hisap mainan ini merupakan eksperimen dan edukasi bagaimana prinsip kerja lumpur hisap yang asli.

Jika kamu menambah volume air yang tepat ke dalam tepung maizena, lumpur hisap yang terbentuk akan menjadi lebih tebal ketika diaduk dengan cepat. 

Hal ini terjadi karena biji-bijian yang terdapat dalam tepung maizena tercampur dan tidak dapat saling meluncur akibat kurangnya air diantara mereka. 

Pengadukan secara perlahan dapat memberikan ruang lebih banyak untuk masuknya air sehingga biji-biji dalam tepung maizena tersebut dapat meluncur kebawah ketika dituang.

Jika menyodok-nyodok dengan cepat akan memberikan hasil yang sama terhadap lumpur hisap tersebut, yaitu membuatnya menjadi lebih keras. 

Jika disodok dengan pelan, lumpur hisap tidak bercampur dengan cara yang sama membuatnya lebih basah (runny). Prinsip kerja ini sama dengan yang lumpur hisap yang asli!

Untuk mempraktejkannya ayo disimak langkah-langkah dibawah ini.


Bahan :

  • 1 cangkir tepung maizena (tepung jagung)
  • 1/2 cangkir air
  • Wadah plastik besar
  • Sendok


Cara Membuat :

  1. Campurkan semua air dan tepung maizena dalam wadah plastik besar untuk membuat lumpur hisap instanmu.
  2. Ketika akan menunjukkan orang lain bagaimana prinsip kerja dari lumpur hisap, aduk perlahan dan tuang sambil titiskan sedikit demi sedikit untuk menunjukkan bentuknya yang cair.
  3. Pengadukan yang cepat akan membuatnya keras sehingga kamu dapat menyodok atau memukul lumpur hisap tersebut (ingat diaduk cepat bukan diaduk dengan keras).
  4. Jangan lupa untuk melakukan eksperimen ini diluar ruangan karena akan mengotori ruangan jika dilakukan didalam.
  5. Selalu aduk lumpur hisap instanmu sebelum digunakan. Mudah bukan? 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar