--> Skip to main content

Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Cara Membuat Sabun Cuci Piring. Dengan mengetahui cara membuat sabun cuci piring sendiri berikut ini, kamu bisa lebih hemat!


Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Monstutor.com - Siapa di sini yang gemar menumpuk cucian piring? Kebiasaan tersebut tentunya tak baik jika terus-terusan dibiarkan. 

Namun, memang ada momen-momen di mana kamu mau tak mau menumpuk piring, gelas, dan alat masak kotor karena jadwal yang padat. 

Akibatnya, area wastafel cuci piring di mana peralatan masak dan makan diletakkan bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Apalagi jika didiamkan, noda yang menempel pada peralatan masak dan makan menjadi semakin susah dibersihkan. 

Wah, kalau begini, bukan cuma tenagamu yang terkuras. Kamu pun butuh biaya ekstra untuk belanja sabun pencuci piring tambahan. 

Tentu tak mungkin kan kamu mengirit pemakaian sabun dengan tujuan berhemat? Bisa-bisa, anggota keluarga jatuh sakit nantinya karena masih banyak kuman dan bakteri yang menempel.


Cara Membuat Sabun Cuci Piring Rumahan

Untungnya, ada cara membuat sabun cuci piring sendiri di rumah! Selain lebih hemat, kamu pun bisa mencampurkan formula yang lebih efektif membuat kotoran dan bakteri musnah. 

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Cukup gunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan di mana saja.


Bahan-bahan :

  1. Foam booster 2 liter
  2. Sodium Sulfat 9 kg
  3. Texapon 18 kg
  4. Camperlan secukupnya
  5. Air bersih 180 liter
  6. Pewarna secukupnya
  7. Fisatif secukupnya
  8. Parfum dengan aroma menyesuaian dengan selera secukupnya
  9. EDTA atau pengawet 1,2% (pengawet jenis ini bisa tahan sampai kurun waktu 8 tahun)


Untuk takaran bahan atau formula sabun cuci piring tersebut bisa dimodifikasi sendiri menyesuaikan dengan jumlah sabun yang akan dibuat. Jadi, bisa dikurangi atau ditambah sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Cara pembuatan:

  • Langkah awal yang perlu dilakukan adalah campurkan Sodium Sulfat dan Texapon ke dalam suatu wadah berukuran cukup besar supaya bisa menampung seluruh bahan ini. Setelah itu, aduk kedua bahan ini hingga menjadi rata dan berubah warna putih.
  • Secara perlahan-lahan masukkanlah air ke dalam adonan Sodium Sulfat dan Texapon. Air yang dimasukkan e dalam adonan ini cukup setengahnya saja. Sembari dituangkan jangan lupa selalu mengaduknya menjadi merata.
  • Langkah selanjutnya lakukan penambahan camperlan pada adonan, lalu aduk semuanya supaya tercampur dengan sempurna dan rata. Selain itu, pastikan tidak ada gumpalan di dalam adonan tersebut.
  • Setelah itu, tuangkan seluruh sisa air yang telah disiapkan dengan perlahan sambil terus diaduk supaya seluruh bahan tercampur secara merata.
  • Jika sudah, masukkan foam booster ke dalam adonan yang telah terbentuk sedikit demi sedikit hingga adonannya berubah mengental, lalu tambahkan EDTA dan fisatif, kemudian aduk lagi sampai semuanya tercampur rata.
  • Tambahkan parfum serta pewarna yang sebelumnya sudah dipersiapkan, lalu aduk kembali hingga rata.
  • Sekarang sabun cuci piring cair yang berkualitas seperti Sunlight siap untuk digunakan.

Jika takaran yang Anda gunakan sesuai dengan penjelasan tersebut, maka sabun cair yang Anda hasilkan bisa mencapai sekitar 215 liter. Dengan membuat sabun cuci piring sendiri tentunya akan lebih menghemat pengeluaran. Selain digunakan sendiri, sabun cair tersebut bisa Anda pasarkan atau jual kembali ke orang lain.

Keuntungan yang diperoleh juga cukup lumayan apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan tidak sulit dicari. Anda bisa mendapatkannya di toko bahan kimia terdekat. Mengenai mau dijual dengan harga berapa itu menyesuaikan dengan berapa keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Proses untuk membuat sabun cair tersebut sangat mudah. Untuk harganya relatif terjangkau.


------------------------






Tag :

cara membuat sabun cuci piring jeruk nipis, cara membuat sabun cuci piring yang kental, cara membuat sabun cuci piring banyak busa, formula rahasia membuat sabun cuci piring, cara membuat sabun cuci piring untuk usaha, komposisi sunlight sabun cuci piring, bisnis membuat sabun cuci piring, cara membuat sabun cuci piring ramah lingkungan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar