--> Skip to main content

Cara Menanam Hidroponik Menggunakan Spon

Cara Menanam Hidroponik Menggunakan Spon


Cara Menanam Hidroponik Menggunakan Spon. Ada berbagai macam media yang di gunakan untuk menanam hidroponik, salah satunya adalah menanam hidroponik dengan spon yang biasa kita gunakan untuk alat pencuci piring. Untuk itu pada artikel ini akan di buat dengan mudah bagaimana langkah-langkah penanaman hidroponik dengan media spon tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara menanam hidroponik dengan menggunakan media spon, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu kriteria apa saja yang bisa di gunakan sebagai media hidroponik. Nah berikut ini ada beberapa kriteria yang harus di miliki agar tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik.

Media harus mampu untuk menyimpan kandungan air, sehingga tanaman memperoleh nutrisi yang cukup dari kandungan air yang tersimpan pada media.

  • Media memiliki struktur yang gembur, subur dan bisa menyerap air dengan baik.
  • Memiliki kandungan garam yang rendah.
  • Tidak mudah berubah bentuk atau tidak mudah untuk menjadi kering saat suhu yang ada di ruangan berubah.
  • Tidak memiliki hama atau penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.
  • Media memiliki kandungan kapur atau unsur kalsium.

Setelah mengetahui kriteria dasar tentang media yang bisa di jadikan bahan untuk bercocok tanam hidroponik diatas, selanjutnya kita dapat menyimpulkan dan mengetahui kira – kira media apa saja yang akan kita gunakan.


Menanam Hidroponik Menggunakan Spon

Untuk menggunakan spon sebagai media menanam secara sistem hidroponik. Untuk langkah – langkahnya dapat di lihat pada penjelasan berikut ini.

  • Potong spon seperti bentuk persegi empat, atau 2 x 2  cm, kemudian rendam spon kedalam air bersih, kemudian peras secara perlahan di dalam air tersebut agar suluruh pori – pori spon menyerap air dengan baik. Hal ini membuat spon akan mampu untuk tetap lembap dalam waktu yang lama.
  • Setelah selesai, angkat spon dan letakkan di tempat anda akan melakukan penyemaian.
  • Ambil bibit tanaman anda kemudian masukkan kedalam spon satu persatu, bisa 2 atau 3 bibit per spon.
  • Lakukan penyiraman secara rutin selama 2 x sehari yaitu pagi dan sore untuk menjaga spon tetap menyimpan nutrisi yang diperlukan selama masa pertumbuhan tanaman.
  • Lakukan pengecekan yaitu jauhkan dari serangga seperti semut yang mungkin akan mengganggu tanaman nantinya.
  • Biasanya lama penyemaian berkisar 8 hingga 10 hari sampai benih tersebut dapat di pindahkan ke media hidroponik yang lain.

Nah diatas tadi merupakan cara bagaimana menanam hidroponik dengan spon, selanjutnya sebagai bahan untuk menambah pengetahuan tentang media apa saja yang cocok untuk di gunakan dalam bercocok tanam hidroponik adalah sebagai berikut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar