--> Skip to main content

Cara Mengembalikan Suara Yang Hilang

Cara Mengembalikan Suara Yang Hilang


Cara mengembalikan suara yang hilang. Tidak usah khawatir ketika suara tiba-tiba hilang karena ada berbagai cara mengembalikan suara yang hilang dengan cepat dan ampuh.

Suara serak atau hilang biasanya disebabkan oleh laringitis, yaitu kondisi ketika laring (kotak suara) teriritasi dan meradang akibat penggunaan pita suara secara berlebihan. Laringitis sering kali sembuh dengan sendirinya, namun terkadang bisa menjadi kronis. 

Gejala awalnya dialami dengan suara menjadi serak. Lama kelamaan suara akan menghilang dan kita tidak bisa bersuara dengan lantang. 

Kehilangan suara tentu menjadi hal yang tidak menyenangkan, apalagi untuk mereka yang yang memiliki profesi yang mengandalkan suara, entah itu penyanyi, pembaca berita, penyiar radio, sampai dengan operator telepon. 

Jika Anda mengalaminya jangan langsung panik, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk kembali mendapatkan suara Anda!


1. Berhenti bicara untuk sementara.

Memperbanyak waktu istirahat adalah langkah terbaik untuk mengembalikan suara yang hilang. Selain itu, usahakan untuk tidak berbicara sama sekali selama satu atau dua hari.

Jika mengharus berbicara, lakukan dengan pelan. Cara ini ampuh karena sering kali iritasi dan peradangan hanya memerlukan waktu untuk pemulihan. 

Sebaliknya, terlalu sering berbicara dapat menghambat proses penyembuhan. Maka dari itu, jangan mengajak atau mau diajak berbicara ketika bertemu seseorang. Bila perlu beri pengertian menggunakan isyarat.


2. Jangan berbisik 

Berbisik sebenarnya lebih sulit bagi pita suara untuk digunakan daripada bicara biasa, karena saat berbisik pita suara tertarik dengan kencang. Kondisi inilah yang dapat memperlambat pemulihan untuk mengembalikan suara yang hilang.


3. Minum air putih yang banyak

Ketika suara Anda hilang, itu artinya tubuh sedang tidak dalam kondisi fit. Anda harus tetap memberi hidrasi tubuh dengan cairan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

Asupan cairan juga dapat meningkatkan kelembaban di sekitar tenggorokan. Jadi, ketika tenggorokan terasa kering dan suara Anda menghilang, sebaiknya perbanyak minum air putih.


4. Minum cairan hangat 

Selain banyak minum, cairan hangat seperti teh atau sup juga bisa menjadi salah satu cara mengembalikan suara yang hilang. 

Minum cairan hangat bisa membantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Teh hijau yang mengandung banyak antioksidan juga membantu proses penyembuhan. Sebaiknya minum cairan hangat empat atau lima kali sehari. 

Meskipun biasanya disajikan hangat, hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh hitam karena dapat menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika sulit menghindari kopi di pagi hari, pastikan cukup minum air atau teh herbal.


5. Hindari makanan yang mengandung asam.

Kita sering mendengar kalau suara mulai serak, minumlah jeruk nipis. Faktanya, jeruk nipis adalah makanan yang mengandung asam. Kandungan asam ini memang tidak memberikan dampak langsung terhadap pita suara. Akan tetapi, zat asam dapat memicu asam lambung yang naik ke kerongkongan. Jika asam lambung naik sampai ke kerongkongan, maka hal tersebut akan memperparah peradangan dan suara Anda semakin hilang. Bukan hanya jeruk nipis saja, Anda juga harus menghindari sejumlah makanan dan minuman yang mengandung asam, seperti teh, cuka, dan cokelat.


6. Berhenti merokok.

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok dan ingin suara yang hilang bisa kembali secepatnya, sebaiknya untuk sementara waktu Anda berhenti merokok terlebih dahulu. Menghisap rokok hanya akan tambah memperparah kondisi pita suara Anda. Bahkan, bukan cuma sekedar kehilangan suara, merokok dapat membuat Anda terbatuk-batuk. Kalau pun Anda bukan perokok aktif, sebaiknya hindari paparan asap rokok sampai suara Anda benar-benar kembali.


7. Konsumsi bawang putih.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, termasuk saat kita mengalami gangguan pada pita suara. Yang perlu dilakukan adalah menghancurkan 1 siung bawang putih, lalu mencampurkannya dengan madu murni. Kemudian, makanlah satu sendok pasta bawang putih itu sebanyak 3-4 kali sehari.


8. Konsumsi cuka sari apel .

Manfaat cuka sari apel dapat membantu melawan infeksi pada tenggorokan karena memiliki memiliki sifat antimikroba di dalamnya. Bahan alami ini cocok menjadi salah satu cara mengembalikan suara yang hilang. Tuangkan 1 atau 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Bisa juga ditambahkan satu sendok agar obatnya lebih kuat dan memberikan rasa manis. Sebaiknya minumlah ramuan ini satu atau dua kali sehari sampai gejala membaik.


9. Berkumur dengan Air Garam 

Manfaat garam ketika digunakan untuk berkumur bisa menjadi obat suara hilang karena membantu mengatasi jaringan yang teriritasi di tenggorokan. Caranya cukup menambahkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan aduk sampai larut. Sebaiknya berkumur dengan air garam sebanyak 2 atau 3 kali sehari sampai suara kembali. 


10. Mengisap Permen 

Cara mengembalikan suara yang hilang ini sangat mudah, cukup dengan mengisap permen untuk meningkatkan produksi air liur, yang akan membuat tenggorokan tetap lembap. Cobalah mengisap permen yang mengandung madu karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi alami yang bagus untuk melegakan sakit tenggorokan.


11. Mandi air hangat 

Mandi air hangat yang menghasilkan uap adalah salah satu cara mengembalikan suara yang hilang dengan mudah dan cepat. Uap dari pancuran air hangat bisa membantu melembapkan pita suara dan menenangkan sakit tenggorokan penyebab suara serak atau hilang. Menambahkan minyak esensial yang menyegarkan seperti kayu putih juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 


12. Menghirup uap air panas 

Sebagai alternatif mandi air hangat, menghirup uap air panas bisa menjadi obat suara hilang karena membantu melembapkan kotak suara yang teriritasi. Caranya arahkan wajah di atas wadah berisi air panas dan tutupi belakang kepala menggunakan handuk agar mendapatkan uap secara maksimal. Lakukan dengan hati-hati agar tidak terkena air panas. Ketika menguapi wajah, bernapaslah dalam-dalam melalui mulut selama 3-5 menit. Beristirahatlah sesekali jika uap panas menjadi tidak nyaman. 


13. Hindari minuman beralkohol 

Minum alkohol menyebabkan dehidrasi sehingga menyebabkan mulut kering, sekalipun minum sedikit. Alkohol dapat menimbulkan efek samping mengeringkan tenggorokan, yang pada akhirnya akan merusak suara.


14. Menggunakan pelembap udara (Humidifier) 

Tenggorokan secara alami mengering ketika tidur malam, karena menghasilkan lebih sedikit air liur dan bakteri menumpuk di mulut yang membuat bau mulut. Ketika mulut dan tenggorokan mengering, kotak suara bisa menjadi lebih menyakitkan. Gunakanlah humidifier saat tidur untuk mencegah tenggorokan kering dan membantu penyembuhan secara maksimal.


15. Minum obat penghilang rasa sakit 

Menggunakan obat suara hilang dan atau serak seperti obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat membuat tenggorokan lebih nyaman. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), termasuk ibuprofen dan naproxen dapat membantu mengurangi pembengkakan pada pita suara. 

Hindari obat yang mengandung Dekongestan. Biasanya Dekongestan terdapat pada obat yang digunakan untuk mengobati pilek. Hal itu dapat menimbulkan efek samping, yaitu mengeringkan tenggorokan dan saluran hidung. Itu artinya dapat mengganggu kotak suara. Jadi, sebaiknya hindari obat ini.


16. Konsultasi ke Dokter

Jika suara Anda belum kembali setelah mencoba cara-cara diatas sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat suara hilang atau serak. 

--------------------------


Tag :

obat suara hilang di apotik, penyebab suara hilang, obat alami suara hilang, obat tradisional pita suara rusak, cara terapi pita suara, obat suara hilang karena radang tenggorokan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar