--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara menghilangkan karat pada besi. Banyak dari kita yang sering mengeluh jika barang-barang kesayangan di rumah mengalami korosi atau jadi berkarat. Sering kali kita mencoba melakukan berbagai cara untuk menghilangkan karat pada besi tersebut. Lalu apa saja cara menghilangkan karat pada besi? Yuk, simak pembahasan Kania selengkapnya di bawah ini!

Karat merupakan sebuah kondisi di mana besi mengalami korosi melalui proses oksidasi sehingga akan meninggalkan kotoran hasil korosi yang berwarna kuning dan seperti besi. Karat itu sendiri bisa terbentuk karena terdapat uap air atau akibat udara di lingkungan sekitar yang lembab, uap garam dan asam di udara bebas, kondisi fisik logam yang permukaannya tidak rata, bahkan akibat saling bersinggungannya logam satu dengan logam lainnya.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan karat pada besi.


1. Cuka.

Salah satu cara menghilangkan karat pada besi adalah dengan menggunakan cuka biasa yang dapat dengan mudah kita temukan di dapur. Kamu hanya perlu menuangkan cuka biasa pada benda yang berkarat dengan waktu kurang lebih 24 jam.

Setelah itu, gosok bagian karatnya menggunakan spons atau sikat. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah spons atau sikat berbahan dasar alumunium foil karena lebih efektif dan cepat dalam menghilangkan sisa-sisa karat pada besi. Memang cara kerja cuka biasa dalam menghilangkan karat pada besi tidak Cipta cuka putih, tapi setidaknya cuka biasa lebih mudah ditemukan.


2. Campuran garam, soda kue dan air jeruk

Cara menghilangkan karat pada besi sebenarnya mudah, beberapa bahannya pun dapat dengan mudah ditemukan dalam keseharian kita. Jika ada bahan yang mudah ditemukan dan bisa dimanfaatkan, seperti garam, bubuk soda kue dan air perasan jeruk, kenapa tidak dicoba saja? Kamu akan menemukan cara menghilangkan karat pada besi jika mengombinasikan bahan tersebut.

Caranya adalah campurkan setengah sendok garam, setengah sendok bubuk soda kue, dan air perasan jeruk. Diamkan campuran ketiga bahan tersebut selama kurang lebih dua jam.

Setelah itu, oleskan ke benda yang berkarat. Diamkan beberapa saat mulai dan laporan karat pada besi akan memudar dan menghilang. Setelah dirasa cukup, bersihkan dengan kain kering. Cara menghilangkan karat pada besi dengan cara ini sangat ampuh tanpa merusak benda yang terbuat dari besi tersebut. 



3. Ampelas

Ampelas biasanya digunakan sebagai alat untuk melakukan finishing agar permukaan benda bisa rata atau halus. Ampelas juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada besi.


Penggunaannya juga mudah, kamu hanya perlu menggosok-gosokkan ampelas ke semua bidang dari benda yang berkarat. Hal yang perlu diingat, jangan tekan terlalu keras dalam proses penggosokannya, ya agar tidak merusak benda yang terbuat dari besi tersebut. Penggunaan ampelas sebagai cara menghilangkan karat pada besi ini terbukti cukup ampuh, lho!


4. Bahan bakar solar

Selain fungsi utama solar yang digunakan sebagai bahan bakar, ternyata solar juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada benda-benda berbahan besi, seperti tang, obeng, atau peralatan lainnya. Cara menghilangkan karat pada besi dengan masalah solar sulit. Kamu hanya perlu merendam benda yang berkarat ke dalam wadah yang sudah diisi dengan solar. Diamkan semalaman agar terjadi reaksi terlebih dahulu. Jika dirasa sudah cukup, angkat benda tersebut dari rendaman solar.


5. Kombinasi kentang dan sabun cuci piring

Mengombinasikan kentang dengan sabun cuci piring, pernah terpikirkan sebelumnya? Nyatanya dua bahan ini dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada besi. Kentang, selain enak untuk dimakan ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada besi dengan cara yang cukup mudah.

Potong kentang dalam beberapa bagian dan blender atau tumbuk hingga halus. Selanjutnya, campurkan kentang tersebut dengan sabun pencuci piring. Aduk hingga merata dan oleskan pada benda yang berkarat. Biarkan hingga beberapa waktu agar campuran ketang dan sabun cuci piring meresap hingga ke bagian karat pada besi. Setelah itu, gosok dengan menggunakan spons berbahan dasar alumunium foil atau spons berbahan dasar kawan. Jika sudah selesai, gunakan kain kering untuk membersihkan dan mengeringkannya.


6. Minuman bersoda

Tak hanya sebagai minuman penyegar, minuman bersoda juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan karat pada besi, lho! Cara menghilangkan karat pada besi dengan minuman soda ini pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu menuangkan soda pada sebuah wadah, kemudian rendam benda yang berkarat ke dalam wadah tersebut. Diamkan hingga karat memudar dan hilang sampai bersih. Setelah itu, bersihkan benda yang sudah hilang karatnya dengan kain lap basah agar tidak lengket dan segeralah mengeringkannya dengan kain lap kering.


7. Bubuk asam sitrat

 Cara menghilangkan karat pada besi yang tak kalah ampuh adalah menggunakan bubuk asam sitrat yang bisa kamu dapatkan di toko kue. Untuk mengaplikasikannya, coba campurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat di dalam sebuah wadah, kemudian rendamlah benda-benda yang berkarat ke dalamnya.

Dengan melakukan cara menghilangkan karat pada besi ini, karat lama-kelamaan akan menjadi lunak dengan sendirinya. Dengan demikian, kamu dapat dengan mudah membersihkan sisa-sisa karat lunak tersebut menggunakan sikat atau spons.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar