--> Skip to main content

Cara Membedakan Kura-kura Jantan dan Betina

Bagi orang awam, membedakan antara kura-kura jantan dan betina pastilah hal yang sulit. Hal itu dikarenakan keduanya terlihat sama. Lalu bagaimana cara membedakan kura-kura jantan dan betina?


Perbedaan Kura-kura Jantan dan Betina.


Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakan kura-kura jantan dan betina. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai beberapa perbedaan yang  mencolok. Akan tetapi, untuk mengetahui jenis kelamin kura-kura yang masih kecil terhitung lebih sulit dibandingkan dengan kura-kura yang telah dewasa secara sistem reproduksi.

Perbedaan kura-kura jantan dan betina dapat dilihat melalui beberapa ciri. Untuk membedakan jenis kelamin kura-kura, beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :




1. Cangkang.

Kerapas atau cangkang pada kura-kura jantan memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebih ramping, sedangkan kerapas pada betina lebih pendek dan lebih lebar.


2. Cakar.

Cakar pada kura-kura jantan lebih panjang, lebih tajam dan lebih ramping dibandingkan dengan betina karena cakar pada jantan digunakan pada saat kawin dengan betina. Selain itu, cakar juga digunakan untuk mempertahankan wilayah serta untuk berkelahi.


3. Plastron.

Plastron pada kura-kura jantan memiliki bentuk yang cekung. Bentuk plastron yang seperti itu membuat jantan mudah menyesuaikan dengan cangkang betina saat kawin. Sementara itu, plastron pada betina memiliki bentuk yang rata sehingga dengan bentuk seperti itu ruang perut betina lebih luas untuk mengandung telur.


4. Kloaka.

Kloaka atau lubang saluran kotoran pada ekor, juga dapat membedakan antara kura-kura jantan dengan kura-kura betina. Jantan memiliki kloaka yang panjang dan berbentuk seperti belahan, letaknya hampir pada bagian ujung ekor. Sementara itu, pada betina kloakanya lebih bundar dengan bentuk menyerupai bintang, letaknya tersembunyi pada bagian cangkang.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar