--> Skip to main content

Cara Basmi Rayap Kayu di Rumah

Cara Basmi Rayap Kayu di Rumah

Cara basmi rayap di rumah. Rayap merupakan jenis serangga yang kerap dianggap sebagai hama yang dapat merusak semua benda kayu yang berada di dalam rumah kita.

Serangga Rayap ini sangat menyukai barang-barang yang terbuat dari kayu. Sebab kayu mengandung selulosa yang merupakan makanan mereka.

Penting sekali bagi kita mengetahui cara membasmi rayap kayu di rumah pada perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu agar serangga tersebut tidak bersarang lagi.

Maka dari itu kita harus pandai-pandai merawatnya dari serangan rayap agar tidak merusak barang dan benda kayu di rumah kita.

Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membasmi rayap di rumah yaitu :


1. Cara Basmi Rayap Menggunakan Asam Borat.

Asam borat sangat tepat digunakan untuk membasmi rayap pada furniture kayu kita dengan cepat dan mudah dalam waktu yang singkat. Asam borat merupakan senyawa kimia yang sering digunakan sebagai bahan pembasmi serangga seperti rayap. Caranya dengan mencairkan asam borat kemudian masukkan ke dalam wadah semprotan agar mudah digunakan. Semprotkan asam borat pada lemari kayu yang diserang rayap.


2.  Cara Basmi Rayap Menggunakan Kapur Barus.

Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi hama rayap adalah menggunakan kapur barus. Aroma kapur barus juga tidak terlalu menyengat buat manusia tetapi tetapi dibenci oleh rayap. Caranya cukup Anda letakkan kapur barus di tempat-tempat rayap bersarang atau furniture yang digerogoti rayap tersebut.


3.  Cara Basmi Rayap Menggunakan Air Garam.

Untuk membasmi rayap yang menyerang perabotan dan bagian rumah Anda yang terbuat dari kayu bisa juga menggunakan air garam. Caranya Larutkan semangkuk garam dengan setengan liter air, sehingga kandungan garamnya masih tinggi dan dapat bekerja maksimal. Semprotkan larutan tersebut pada rayap, dan pastikan semua rayap di dalam lemari kayu kena semprot dengan merata. Larutan ini membuat rayap lemas dan lama kelamaan mati.


4.  Cara Basmi Rayap Menggunakan Kapur Sirih.

Kapur sirih sangat ampuh untuk mematikan rayap. Cairan ini bersifat panas dan dapat membuat rayap mati dengan seketika, bahkan yang masih berupa larva. Caranya yaitu campurkan kapur sirih dengan segelas air, lalu aduh rata hingga berbentuk cairan putih yang pekat. Semprotkan pada bagian sarang rayap agar rayap tersebut mati dan tidak menyebar ke tempat lain. Setelah itu, lakukan penyemprotan ke bagian lain yang dianggap perlu agar rayap tidak pindah dan bersarang di tempat baru.


5.  Cara Basmi Rayap Dengan Menjemur di Terik Matahari.

Untuk menghilangkan rayap pada furniture kayu bisa dengan menjemurnya di terik matahari langsung. Rayap Akan keluar dari furniture Anda karena kepanasan, kemudian Anda basmi rayap tersebut dengan air garam atau air kapur sirih seperti yang telah dijelaskan di atas cara membuatnya.


Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hama rayap yang menyerang pada furniture yang terbuat dari kayu. Sebelum rayap tersebut bersarang dan menggerogoti perabotan dan bagian rumah Anda sebaiknya Anda juga melakukan pencegahan seperti menggunakan cat anti rayap dan memilih kayu yang tahan terhadap serangan rayap. Selain itu, beri jarak furniture Anda terhadap dinding, terutama dinding yang lembab.