--> Skip to main content

Cara Menambah Memory VGA Onboard

Cara Menambah Memory VGA Onboard

Cara Menambah Memory VGA Onboard. Pada dasarnya di dalam komputer, Memory VGA memegang peranan penting dalam pengolah data grafik. Semakin besar Memory VGA yang ada pada sebuah Komputer PC ataupun Laptop maka akan semakin baik pula kinerjanya dalam mengolah grafik, baik itu berupa grafik game maupun grafik saat kita menjalankan software lainnya.

Namun, masalahnya adalah game-game berat sekarang ini, menuntut kita untuk memiliki kapasitas Memory VGA yang besar agar saat bermain game bisa lancar tanpa adanya Lag. Bagi yang berkantong tebal mungkin tidak menjadi masalah, namun bagi sebagian lainnya hal tersebut cukup menguras kantong.

Tapi tenang saja, berikut ini ada trik bagaimana cara menambah Memory VGA OnBoard tanpa harus membeli VGA baru, jadi kita akan memaksimalkan Memory VGA OnBoard di dlam komputer kita, atau membuat VGA menjadi Mode Game.

Cara menambah Memory VGA OnBoard yang terbukti ampuh yaitu :


1. Share Memory RAM ke VGA Onboard


Untuk menambah Memory VGA OnBoard dengan cara Share RAM, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke BIOS. Untuk yang belum tahu bagaimana cara masuk ke BIOS, silahkan ikuti caranya dibawah ini :

  • Ketik win + r.  Maka akan muncul jendela kecil yang berada di pojok kanan bawah, selanjutnya silahkan Anda ketikkan 'msconfig' tanpa tanda kutip.


  • Centang safeboot. Setelah mengetik 'msconfig' maka kita akan masuk ke menu System Configuration, jika sudah terbuka silahkan Anda berikan centang pada Safeboot yang ada di dalam menu Boot option.


  • Klik apply, lalu pilih ok. 
Langkah akhir tinggal Anda restart komputer / laptop, maka secara otomatis Anda akan masuk ke menu BIOS. Setelah masuk ke BIOS selanjutnya silahkan Anda ikuti cara dibawah ini, untuk membagi RAM dengan VGA.
  1. Seting Video RAM ( VGA Shared Memory Size )
  2. Ubahlah jumlah shared memori sesuai kebutuhan Anda
  3. Langkah terakhir Save dan Exit

Catatan : Semakin besar RAM yang kita miliki, maka akan semakin maksimal pula penambahan Memory VGA.

Jika sudah silahkan Anda coba dan rasakan perbedaan performa pada VGA Anda. Dan jika masih kurang, kita juga bisa menambah Memory VGA dengan menggunakan Software Intel Display Adapter Management Tool



2. Menggunakan software Intel Display Adapter Management Tool  (IDAMT).


Untuk cara menambah Memory VGA mengunakan software IDAMT hanya bisa untuk pengguna Komputer PC atau Laptop yang menggunakan VGA Intel seperti Intel HD Graphics 2000/3000/4000.

Intel Display Adapter Management Tool (IDAMT) adalah salah satu software untuk menambah Memory VGA OnBoard yang sudah terbukti keampuhannya.

Cara Kerja dari software IDAMT ini juga terbilang cukup sederhana, yaitu hanya mengubah Vertex Processing Mode agar tidak dijalankan sepenuhnya oleh VGA, jadi ada pembagian antara VGA dan Memory di game itu sendiri.

Untuk menggunakan software IDAMT ini sebenanrya cukup mudah, pertama tentu Anda harus download software ini terlebih dahulu, atau kalau tidak mau repot mencari silahkan klik disini untuk Download Intel Display Adapter Management Tool.

Jika sudah selesai di download, selanjutnya silahkan Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk Share Memory RAM ke VGA OnBoard menggunakan software Intel Display Adapter Management Tool.

  • Extract file software Intel Display Adapter Management Tool yang masih berekstensi .rar
  • Install Intel Display Adapter Management Tool.exe lalu jalankan software tersebut
  • Masuk ke tab Vertex Processing Modes For Selected Executables (Intel Only)
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik Add Executable
  • Pilih game atau aplikasi yang dirasa berat untuk dijalankan, lalu klik Open
  • Langkah terakhir adalah tinggal Anda klik Change Vertex Processing Mode


Kedua Cara Menambah Memory VGA OnBoard Komputer PC atau Laptop diatas akan memaksimalkan kinerja VGA, karena kita sudah mensetting RAM untuk membagi memory yang dimilikinya untuk dibagikan kepada VGA, jadi saat bermain game berat sekalipun bisa kita mainkan dengan lancara tanpa adanya lemot atau lag.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar