--> Skip to main content

Cara Menggunakan Alat Termometer Tembak Agar Akurat

Cara Menggunakan Alat Termometer Tembak  Agar Akurat


Cara Menggunakan Alat Termometer Tembak  Agar Akurat. Alat Termometer tembak adalah salah satu alat yang populer pada pandemi Covid-19 ini. Termometer ini biasanya digunakan di berbagai pintu masuk ruang publik, misalnya pusat perbelanjaan, kantor, bandara dan tempat lainnya untuk memastikan suhu tubuh seseorang.

Penggunaan alat termometer dianggap lebih efektif dan praktis jika menggunakan termometer lainnya karena dapat membaca suhu tubuh seseorang dengan cepat sehingga tidak menimbulkan antrian pada tempat-tempat yang memiliki lalu lintas pengunjung yang tinggi.

Selain karena kecepatannya, termometer tembak juga dapat digunakan untuk mengukur suhu permukaan dari jarak jauh sehingga penggunanya tidak perlu melakukan kontak fisik dengan orang-orang yang akan diperiksa.

Meski demikian, penggunaan termometer tembak harus digunakan pada jarak yang tepat, tidak terlalu dekat atau terlalu jauh, agar mendapatkan membaca suhu tubuh seseorang secara akurat.

Penggunaan termometer di gedung-gedung kantor belakangan ini tengah disorot. Beberapa orang menilai hasilnya tidak masuk akal karena suhunya hanya 31-33 derahjat celcius.

Suhu tubuh manusia normal ada di kisaran 36-37 derajat celcius. Kurang dari 35 derajat celcius, harus dicurigai ada masalah kesehatan seperti hipotermia yang berakibat fatal.

Termometer tembak itu cara ideal untuk mengukur suhu tubuh. Tetapi ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar hasilnya bisa lebih akurat ketika digunakan.


1. Gunakan sesuai buku panduan.

Saat menggunakan termometer tembak, orang yang melakukannya harus membaca dan mengetahui cara penggunaanya.

Agar proses pemeriksaan suhu tubuh mendapatkan hasil yang akurat, Anda perlu memahami cara menggunakan termometer dengan benar. Berikut adalah panduan penggunaan termometer tembak.

  • Cari tombol pengubah unit pengukuran terlebih dahulu untuk memilih suhu yang biasa Anda gunakan, yakni Celsius atau Fahrenheit.
  • Nyalakan laser untuk pengecekan suhu dengan menggunakan tombol daya atau power.
  • Arahkan laser ke arah orang atau objek yang ingin Anda ketahui suhunya.
  • Berdirilah dekat objek atau pada posisi yang ditentukan agar termometer dapat membaca suhu dengan akurat.
  • Tarik pelatuk untuk mengetahui hasil pemeriksaan suhu melalui tampilan layar termometer tembak.

Setiap alat tembak pasti berbeda tiap posisi tombolnya sesuai dengan merk alat tembak termometer, yang terpenting adalah membaca manual yang ditulis saat menggunakan alat, jadi jangan asal utama tembak-tembak aja.


2. Lakukan di ruangan tertutup

Mengukur suhu tubuh dengan termometer tembak akan jauh lebih efektif bila dilakukan di dalam ruangan tertutup, daripada di area terbuka.

Untuk mengukur suhu tubuh seharusnya di dalam ruangan tertutup, bukan diukur di depan pintu. Suhunya berbeda kalau di tempat terbuka, jadi tidak akurat.


3. Tembak di permukaan kulit

Tidak ada batasan untuk memilih area kulit dalam mengukur suhu tubuh menggunakan termometer tembak, tetapi yang paling ideal adalah di sekitar wajah. Jadi tempat paling baik adalah di muka di bagian dahi.


Itulah penjelasan mengenai cara penggunaan alat termometer tembak dengan benar ara akurat. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam menggunakan termometer ini dengan benar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar