--> Skip to main content

Cara Menghentikan Darah Pada Luka

Cara Menghentikan Darah Pada Luka

Dalam setiap kegiatan sehari-hari baik di rumah atau juga di luar rumah pasti beresiko terjadi kecelakaan yang membuat kita terluka hingga mengeluarkan darah. 

Cara Menghentikan Darah Pada Luka Parah

Apabila kecelakaannya parah dan lukanya juga parah lebih baik kita langsung ditangani pihak medis.


Cara Menghentikan Darah Pada Luka Kecil

Namun untuk luka kecil bisa kita tangani dengan melakukan P3K.Salah satu tindakan P3K biasanya untuk menghentikan darah yang terus keluar dari, luka akan dicuci dengan air yang mengalir atau membalutnya dengan sepotong kain yang bersih agar terhindar dari infeksi atau menggunakan obat-obatan yang ada pada kotak P3K.

Namun jika dalam waktu itu tidak ada obat-obatan pada kotak P3K dan tidak alat memadai maka kita dapat  menggunakan obat alami yang mudah kita temui di dapur.

Tahukah Anda dengan bahan-bahan yang mudah Anda temui di dapur itu apa saja? 


Obat Alami Untuk Hentikan Darah Pada Luka Kecil

Berikut ini merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat untuk menghentikan darah yang keluar dari luka kecil yaitu :


1. Bubuk kopi

Beri sedikit bubuk kopi pada luka Anda untuk menghentikan pendarahan. Bubuk kopi memiliki zat astringent yang dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat.


2. Bubuk kunyit

Selain menghentikan pendarahan, bubuk kunyit juga akan menghindarkan luka dari infeksi.


3. Teh celup

Celupkan kantong teh dalam air dingin, laku tekan dengan lembut pada luka selama satu atau dua menit. Hal ini dapat segera menghentikan pendarahan dan membantu darah cepat mengering.


4. Pasta gigi

Sama seperti bubuk kopi, mengoleskan pasta gigi juga akan membuat pendarahan berhenti dan menyembuhkan luka dengan cepat karena zat astringent.


5. Gelas kaca

Tempelkan luka pada gelas dan tekan sesekali. Hal ini dapat menghentikan pendarahan dan membekukan darah karena gelas kaca memiliki permukaan bermuatan elektro-negatif.


6. Es batu

Ambil sebongkah es batu dan tempelkan pada luka. Melakukan hal ini dapat membantu membekukan darah.


7. Bubuk cabai

Taburkan bubuk cabai pada luka, mungkin akan terasa sedikit perih. Menaburkan bubuk cabai akan menghentikan darah keluar dari luka dan membantu menutup luka lebih cepat.


8. Garam

Garam mungkin terdengar menjadi cara yang menyakitkan untuk menghentikan pendarahan. Tetapi garam bekerja secara efektif menyerap darah yang keluar dari luka dan membuatnya kering, juga dapat mencegah infeksi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar