--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Kutu Pada Beras

Kutu Pada Beras


Cara Menghilangkan Kutu Pada Beras. Munculnya kutu serta bau apek pada beras bisa saja terjadi secara tak terduga. Meskipun beras disimpan di tempat yang kedap udara sekalipun. Kutu beras memang tetap saja mampu menyusup dan merusak kondisi beras menjadi bau apek. 

Hal tersebut bisa terjadi karena memang kutu beras ini  bisa beranak dan berkembang biak di dalamnya. Ditambah lagi ketika beras disimpan dengan kurun waktu yang cukup lama, maka kondisinya pun juga tidak bisa dihindari dari yang namanya bau apek.

Ini memang tak bisa dibiarkan begitu saja, maka anda juga perlu menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Jika tidak, maka saat beras hendak dimasak, tentu hal yang paling ribet yakni harus mencucinya dengan air secara berulang-ulang. Hingga keberadaan kutu dan bau apek pada beras dapat dihilangkan. 

Tapi jangan khawatir berikut ini ada beberapa cara ampuh yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan terdapatnya kutu beserta bau apek pada beras ini. 

Cara ini sangat ampuh dan mudah karena menggunakan bahan-bahan alami yang tidak terlalu sulit untuk di dapatkan. Sehingga anda bisa dengan mudah menjaga kondisi beras agar tetap sehat dan enak saat dikonsumsi, meski disimpan dalam kurun waktu lama. Yang nantinya bisa menghasilkan cita rasa nasi yang sedap dan wangi.



Cara Menghilangkan Kutu Dan Bau Apek Pada Beras Secara Alami


Berikut ini merupakan cara menghilangkan kutu beserta bau apek pada beras dengan mudah dan alami :

1. Menggunakan daun Belimbing.

Untuk menghilangkan Si kutu beras ini, siapkan saja beberapa lembar daun belimbing, Kemudian bersihkan dan keringkan. Setelah itu, anda dapat memasukkannya ke dalam plastik dan jangan lupa untuk memberinya lubang kecil. Lalu taruhlah ke dalam tempat penyimpanan beras tersebut. Dengan begitu bau apek beserta kutu beras dapat disingkirkan secara alami.


2. Menggunakan parutan daun Jeruk Purut.

Jika anda menggunakan parutan daun jeruk purut untuk menghilangkan kutu beras, maka hal ini merupakan cara yang juga cukup manjur. Yang mana selain si kutu beras dapat dihilangkan dengan mudah, kondisi beras pun akan bisa terhindar dari bau apek. Anda dapat memasukkan 50 gram daun jeruk purut ke dalam 10 kilo gram beras. 


3. Menggunakan daun Asam Jawa.

Sediakan daun asam jawa secukupnya, dan jangan lupa untuk membersihkannya. Kemudian keringkan dan simpanlah di tempat penyimpanan beras yang berada di rumah. Dan ingat, jangan lupa sesekali mungkin anda membuka penutup penyimpanan beras, agar udara yang terdapat di dalamnya tidak sampai terperangkap. Dengan begitu, bau apek pada beras dapat hilang dan si kutu pun dapat disingkirkan.


4. Menggunakan daun Salam dan Garam.

Perlu anda tahu, bahwa kombinasi kedua bahan ini memang dapat digunakan untuk menghilangkan bau apek pada beras serta kutunya secara alami. Cukup anda siapkan beberapa lembar daun salam kering dan sedikit garam, kemudian masukkan ke dalam plastik yang sudah diberi lubang. Lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras.


5. Menggunakan daun atau batang Lada.

Baik daun maupun batang lada, memang dikenal ampuh dalam mengusir kutu beras bersama bau apek di dalamnya. Nah.., jika anda ingin menerapkannya, siapkan saja beberapa daun atau batang lada, dan masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Maka kutu beras tidak berani mendekati tempat penyimpanan beras di rumah anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar