--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Lipatan di Leher

Cara Menghilangkan Lipatan di Leher

Cara Menghilangkan Lipatan di Leher. Kebanyakan orang perawatan pada kulit leher, dan hanya fokus pada perawatan kulit wajah. Hal tersebut tentunya dapat menimbulkan masalah yaitu warna kulit leher yang tidak sama dengan kulit wajah, munculnya garis halus, hingga kerutan atau lipatan pada leher.

Struktur kulit pada area leher hampir sama dengan kulit pada wajah, jadi harus selalu dilakukan perawatan seperti halnya pada wajah.

Lipatan di leher biasanya muncul pada orang bertubuh gemuk akibat tumpukan lemak di area sekitar leher. Lipatan pada leher juga bisa terjadi pada orang yang kurus. Penyebabnya biasanya adalah karena faktor penuaan.

Proses penuaan dengan munculnya kerutan di leher, yang diawali dengan garis-garis halus samar. Usia yang bertambah menyebabkan penurunan produksi kolagen, yang pada akhirnya memengaruhi penurunan elastisitas kulit. Akibatnya, kulit jadi kendur dan muncul garis halus cikal bakal keriput.


Penyebab Munculnya Lipatan di Leher

Selain faktor penuaan, apa saja yang bisa menyebabkan munculnya lipatan dan garis-garis halus di leher?. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan muculnya lipatan pada leher yaitu :

1. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak tekstur dan jaringan kulit. Sinar UV yang terkandung di matahrai dapat merusak kolagen dan mengurangi elastisitas pada kulit. Itu sebabnya, kulit jadi rentan kendur, bergelambir, dan muncul garis halus yang merupakan cikal bakal keriput. Hal ini akan semakin tampak jika Anda tidak merawat kulit leher, misalnya dengan cara mengoleskan tabir surya ber-SPF minimal 30.

2. Posisi tidur yang salah

Posisi tidur yang menyamping akan memberi tekanan pada leher dan membentuk garis lipatan. Jika posisi tidur menyamping ini jadi kebiasaan, lama-kelamaan garis-garis di area leher akan semakin dalam dan terlihat. Mulai mengganti posisi tidur Anda dengan posisi telentang yang tidak memberi tekanan pada area sekitar leher.

3. Salah menggunakan pakaian

Tekanan dari pakaian yang ketat di area leher juga bisa membuat kulit leher mengendur. Ditambah lagi jika bahan pakaian yang Anda kenakan kasar dan mengiritasi kulit. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih bahan yang lembut dan model pakaian yang tidak memberikan tekanan pada leher.

4. Kurangnya perawatan leher

Seperti halnya area wajah, kulit leher juga butuh perawatan, setidaknya diberi pelembap setiap hari. Selain pelembap, Anda juga disarankan untuk rutin menggunakan tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan.


Cara Mengencangkan Kulit Leher

Mengencangkan kulit leher merupakan cara mengatasi kerutan pada leher. Untuk membantu leher Anda terlihat awet muda, ada saran dari beberapa pakar perawatan kulit untuk mengencangkan kulit leher agar lipatan hilang, yaitu:

1. Minum air putih secara teratur.

Minum air putih secara teratur bisa membantu Anda menghilangkan lemak tubuh, termasuk di leher. Dalam sebuah studi, minum air putih di sela-sela waktu makan, bisa mengurangi masuknya kalori hingga 13%.

Dengan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap air, air yang tertahan di bagian leher pun bisa menghilang. Sehingga lipatan di leher tidak terlihat.

2. Mengonsumsi makanan sehat.

Mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak gula, memang sangat lezat di lidah. Namun, bagi organ tubuh lain seperti jantung, pola makan seperti itu sangat mengerikan.

Jika Anda ingin menghilangkan lipatan di leher, konsumsilah makanan yang bernutrisi. Sebab, makanan bernutrisi tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga bisa memberikan tenaga lebih untuk beraktivitas.

Konsumsilah makanan berprotein tinggi seperti ikan, ayam, hingga telur secara rutin. Serat dari buah dan sayuran, juga baik untuk kesehatan.

3. Lakukan Senam leher.

Sama halnya perut dan paha, leher pun dapat dikencangkan dengan berolagraga dengan melakukan senam leher. 

Caranya adalah angkat kepala hingga dagu menghadap ke atas, lalu gerakkan rahang ke depan untuk merasakan sedikit peregangan di dagu. Tahan posisi ini selama 5 detik dan ulangi 10 kali. 

Meskipun tidak mungkin Anda dapat memulihkan leher yang kendur, melakukan olahraga seperti itu secara teratur dapat mendorong, mengangkat, dan menambah volume leher.

4. Mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet ternyata juga bisa menjadi olahraga leher. Bahkan, mengunyah permen karet dianggap bisa menghilangkan double chin. Selain itu, mengunyah permen karet dipercaya mampu mengikis lemak di leher.

Dalam sebuah penelitian, para responden yang mengunyah permen karet setelah makan, akan merasa lebih kenyang, sehingga tidak makan berlebih. Jadi, mengunyah permen karet bisa mencegah Anda makan berlebihan, dan akhirnya mengurangi lemak di tubuh.

Namun ingat, jangan terlalu sering mengonsumsi permen karet, apalagi yang mengandung gula.

5. Gunakan rol wajah pada leher.

Jika Anda tidak terlalu menguasai seni yoga wajah, coba masukkan roller wajah ke dalam rutinitas kulit Anda. Ini memiliki manfaat yang sama dari pijatan wajah dan disebut-sebut sebagai alat anti penuaan yang kuat yang mendorong drainase limfatik, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi tampilan bengkak.  

Sistem limfatik kita bertanggung jawab untuk mendetoksifikasi tubuh kita dan membuang racun dan cairan ekstra melalui organ kita yang lain yaitu kantung kemih, ginjal, dan hati. Ketika racun dan cairan ini tidak terkuras, mereka menumpuk di kelenjar getah bening kita dan dapat menyebabkan perubahan warna dan pembengkakan kulit. 

Leher terdiri dari banyak kelenjar getah bening, dan karena menghubungkan kepala ke tubuh, penting untuk membantu daerah ini dalam saluran drainase limfatik.

Menggunakan rol wajah akan membantu menghilangkan racun dan dengan demikian mempromosikan permukaan leher yang rata dan halus.

6. Rutin menggunakan Sunscreen.

Leher dan wajah Anda berada dalam jarak yang sangat dekat, sehingga membuat hal-hal seperti kerusakan akibat sinar matahari dan masalah lain yang berkaitan dengan kerusakan dari elemen lingkungan memengaruhi wajah dan leher Anda secara bersamaan. 

Pilihlah sunscreen berbahan dasar mineral (dibandingkan dengan yang kimiawi), karena sunscreen tersebut melindungi dari sinar UVA dan UVB dan dikenal memiliki formula yang tidak menyebabkan iritasi, sehingga cocok untuk jenis kulit sensitif.

7. Gunakan Krim Retinol.

Retinol adalah vitamin yang membantu mempercepat pergantian sel dan meningkatkan produksi kolagen. 

Para dermatologis sepakat jika retinol sangat tepat untuk mengencangkan leher. Karena leher adalah area sensitif, yang terbaik adalah memulai dengan jumlah yang kecil atau konsentrasi yang lebih rendah dan meningkatkannya, saat kulit leher sudah terbiasa.

8. Aplikasikan krim perawatan leher dari bawah ke atas.

Anda mungkin tahu pentingnya rajin mengoleskan krim leher setiap hari, tetapi ketika berbicara tentang cara mengaplikasikannya, banyak yang tidak begitu paham. Area leher menua dengan lebih cepat. Kulit di leher Anda sedikit lebih tipis dari wajah Anda, dan otot serta jaringan kulit lemah. 

Untuk alasan ini, Anda sebaiknya menggunakan tekanan lembut saat mengaplikasikan produk leher Anda, karena menarik-narik dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan lebih cepat. Untuk menghindari kulit leher kendur, selalu lakukan gerakan bawah ke atas di sepanjang leher Anda.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar