--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Noda Pewarna Makanan di Kulit Tangan

Tips Cara Menghilangkan Noda Pewarna Makanan di Kulit Tangan. Biasanya, anak-anak sangat suka dengan berbagai jenis makanan warna-warni yang menarik. Namun, pewarna makanan tersebut terkadang basah dan menempel di tangan anak sehingga warna makanan tersebut tertinggal.

Cara Menghilangkan Noda Pewarna Makanan di Kulit

Untuk menghapus pewarna makanan memerlukan sedikit kesabaran untuk bisa membersihkan dan menghapusnya dari kulit maupun pakaian. Pewarna makanan bisa dihilangkan dengan bantuan beberapa bahan alami khususnya yang berbahan asam. 

Beberapa pengalaman menunjukkan bahwa air lemon atau pasta gigi, kedua-duanya sama baiknya apabila digunakan untuk menghapus warna makanan dari kulit.

Yang perlu kamu lakukan adalah menerapkan sedikit bahan tersebut pada kulit dan kemudian menggosok-gosoknya hingga warna benar-benar hilang. 

Bahan-bahan alami yang mengandung asam tersebut apabila bercampur dengan pewarna makanan dapat menyebabkan pewarna makanan tersebut menjadi memudar dan perlahan-lahan menghilang. 

Namun perlu diingat juga bahwa cara ini tidak ampuh jika digunakan pada kulit yang sudah terkena pewarna makanan selama lebih dari 20 menit. Jadi, sebisa mungkin kamu harus menerapkannya sebelum 20 menit. 

Berikut adalah beberapa tips lengkap mengenai cara membersihkan tangan dari noda pewarna makanan, yaitu :


1. Menggunakan Pasta gigi

Cara menghapus noda menggunakan pasta gigi terutama noda akibat pewarna makanan tidak terlalu sulit. Kita akan mulai dengan mengambil pasta gigi secukupnya kemudian oleskan secara merata pada kulit yang terkena pewarna makanan. Diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga pasta gigi tersebut mengering.

Setelah kering, kamu bisa mengikis sisa pasta gigi sambil dicuci dengan air dingin. Cara ini cukup ampuh untuk menghapus pewarna makanan dari kulit.


2. Menggunakan Baking soda.

Cara lain untuk menghapus pewarna makanan dari kulit atau dari tangan adalah dengan menggunakan baking soda yang dicampurkan dengan air. Setelah kamu membuat campuran baking soda dan air, oleskan pasta tersebut dan gosok-gosokkan selama kurang lebih 5 menit secara terus-menerus. Setelah itu kamu bisa membilas jari-jari atau tangan anakmu dengan menggunakan air. Ulangi jika diperlukan.


3. Menggunakan Alkohol

Alkohol dan juga bisa dimanfaatkan dan memiliki efek yang cukup baik terutama untuk menyingkirkan noda bekas pewarna makanan pada kulit maupun pakaian. Untuk menghilangkan warna makanan dari tangan menggunakan alkohol cukup digunakan sedikit saja karena biasanya alkohol sangat keras dan tidak dianjurkan untuk kulit sensitif.


4. Menggunakan Obat kumur.

Mungkin tidak banyak dari kamu yang mengetahui bahwa obat kumur bisa digunakan untuk menghapus noda makanan dari kulit, tangan atau pakaian. Obat kumur merupakan alternatif yang sangat efektif untuk membantu memudahkan pewarna makanan dari kulit maupun pakaian.

Caranya, oleskan obat kumur kemudian gosok-gosokkan kulit dengan obat kumur tersebut hingga warnanya menghilang. Jika kamu menggunakannya untuk menghilangkan noda di pakaian, gunakan beberapa tetes kemudian oleskan dan gosok-gosok hingga nodanya menghilang.


5. Menggunakan Cuka

Cara efektif dan mudah lainnya untuk menghapus noda warna makanan pada kulit tangan dan pakaian anak adalah dengan menggunakan cuka asam. Ini merupakan salah satu bahan terbaik yang alami dan aman untuk kulit. 

Cuka putih atau white vinegar juga bisa bermanfaat untuk mencegah kulit agar tidak gosong. Cara menggunakannya adalah sediakan cuka secukupnya kemudian rendam kulit yang terkena noda makanan. Terakhir, bersihkan sambil digosok-gosok hingga warna makanan memudar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar