--> Skip to main content

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita

Cara Menghitung Berat Badan Ideal. Banyak di antara Anda pastinya tidak mengetahui berat badan yang ideal itu bagaimana. Apakah berdasarkan perbandingan berat badan dengan tinggi badan? Berapa berat badan ideal anda? Nah, disini kami akan mengulas berbagai cara mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan ideal Pria dan Wanita.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal


Berat Badan Ideal pada Orang Dewasa (Pria dan Wanita)

Anda pasti sudah mengetahui bahwa untuk dapat mengetahui berat badan yang ideal, tidak dapat diketahui melalui penimbang berat badan saja, ada rumus yang harus dihitung untuk mengetahuinnya. Beberapa referensi rumusan yang biasanya digunakan adalah rumus BMI (body mess index) serta Brocha. Kedua rumus tersebut sering digunakan untuk menghitung berat badan yang ideal. Mari kita berdiskusi secara bersama.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung berat badan ideal, yaitu menggunakan rumus Broca. Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini membedakan cara penghitungan antara pria dan wanita. Hal ini disebabkan karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda.


Meskipun pria dan wanita memiliki cara yang berbeda dalam menghitung berat badan ideal, rumus ini rumit. Berikut adalah rumusnya :


  • Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]


  • Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]


  • Misalnya untuk pria, jika kamu memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitungnya adalah (170-100)-[(170-100)x10%], 70-7= 63. Jadi, berat badan ideal kamu adalah 63 kilogram.


  • Sedangkan jika kamu seorang wanita dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Jadi berat badan kamu adalah 49,3 kilogram.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Body Mass Index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Berbeda dengan cara perhitungan sebelumnya yang membedakan cara perhitungan pria dan wanita, BMI dibedakan berdasarkan usia.


Kalkulator BMI, yang juga menjadi salah satu fitur melalui aplikasi Halodoc, dapat digunakan oleh seseorang yang sudah berusia 20 tahun atau lebih. Bagi mereka yang berusia di bawah 20 tahun, ada cara lain untuk menghitungnya.

Dengan menggunakan kalkulator BMI, akan diketahui apakah seseorang masuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak. Meskipun begitu, BMI dapat menimbulkan penyakit bagi atlet atau olahragawan.

Berat badan juga berasal dari massa otot, sehingga atlet bisa dinyatakan kelebihan berat badan, padahal sebenarnya tidak. Sebelum mencoba menghitung BMI, ada baiknya mengetahui keterangan mengenai perhitungan ini:

  • Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25.
  • Jika angka BMI melebihi 25, kamu memiliki berat badan berlebih.
  • Sedangkan, jika angka BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang.
  • Jika angka BMI sudah melebihi angka 40, sebaiknya jangan dilakukan karena angka ini menunjukkan tanda.

Cara menghitungnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

Contohnya, jika berat badan kamu 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, nilai BMI kamu adalah 47:(1,63)= 17.8. Artinya, berat badan kamu termasuk di bawah rata.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar