--> Skip to main content

Cara Mengusir dan Mencegah Tungau di Kasur

Cara Mengusir dan Mencegah Tungau di Kasur

Cara Mengusir dan Mencegah Tungau Berkembang Biak di Kasur. Meskipun kecil, keberadaan tungau sangat berbahaya untuk kesehatan, apalagi jika anda memiliki anak kecil yang kulitnya masih sangat sensitif.

Tungau atau kutu merupakan hewan kecil yang sangat tidak diinginkan kehadirannya karena dapat menggigit kulit yang menyebabkan gatal, perih, hingga iritasi pada kulit. Tidak hanya itu, keberadaan tungau yang tidak segera diatasi dapat meningkatkan berbagai risiko infeksi kulit pada manusia. 

Tahukah anda, tungau justru banyak ditemukan di kamar tidur, tepatnya di kasur. Mengusir dan mencegah tungau berkembang biak di kasur bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan kimia. Akan tetapi cara ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan dan dapat terjedi pencemaran lingkungan.

Untuk Mengusir dan mencegah tungau sebaiknya Anda menghindari penggunaan bahan kimia dan silahkan anda coba beberapa tips cara berikut ini :


1. Bersihkan headboard bed frame tempat tidur Anda.

Untuk memulai acara bersih-bersih ini, lepaskan terlebih dahulu headboard dan bed frame tempat tidurmu. Dua tempat ini potensial menjadi sarang tungau yang tersembunyi.


2. Usir Tungau Menggunakan Minyak Lavender

Daripada menggunakan pestisida kimiawi yang berbahaya bagi tubuh, lebih baik gunakan minyak essential. Minyak lavender terbukti efektif karena aroma dan rasanya yang dibenci oleh tungau. Alternatif lain, kamu bisa gunakan minyak eucalyptus, lavender, peppermint atau tea tree.


3. Bersihkan Kasur dengan Vacuum Cleaner

Cara efisien lain untuk mengusir tungau adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan kursi, karpet, matras, kasur dan gorden rumah sedikitnya sekali dalam seminggu.


4. Cuci Kasur Dengan Air Panas

Air panas dapat mematikan tungau, bakteri dan mikroba. Sempatkan waktu sekali dalam sebulan mencuci pakaian, selimut, sarung bantal, sarung guling dan bed cover menggunakan air panas dan antiseptik. Keringkan di bawah sinar matahari terik.


Demikian tips dan cara  membasmi tungau dan kutu kasur, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar