--> Skip to main content

Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas


Minyak goreng merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok atau yang biasa kita sebut sembako yang tentunya harus selalu ada di dapur rumah kita. 

Biasanya minyak goreng ini bisa digunakan untuk menggoreng  hanya 1 hingga 3 kali pakai saja. Sesudah itu minyak goreng tersebut akan berubah menjadi keruh dan tak jernih lagi atau biasa kita sebut minyak jelantah, yang pada akhirnya seringkali kita membuangnya begitu saja. Maka terpaksa harus membeli minyak goreng yang baru lagi. 

Jika Anda mau berhemat, sebenarnya kita masih bisa mengolah atau menjernihkan kembali minyak goreng  bekas tersebut agar dapat digunakan lagi.

Terlebih lagi semakin lama harga minyak goreng yang begitu melonjak tinggi di pasaran, Pastinya anda sempat berpikir agar bisa menghemat persediaan minyak goreng. Maka jangan dibuang dulu minyak goreng bekas pakai ini, karena anda masih bisa menggunakannya satu kali lagi.

Berikut ini cara untuk menjernihkan kembali minyak goreng bekas pakai yaitu :

  • Langkah yang pertama terlebih dahulu sediakan arang kayu dan satu lembar kain
  • Haluskanlah arang kayu yang sudah anda siapkan tadi
  • Kemudian masukkan sebanyak dua kepal arang kayu yang sudah dihaluskan ke dalam satu kilogram minyak goreng bekas pakai atau minyak jelantah
  • Aduk minyak yang bercampur dengan arang kayu tersebut hingga merata, dan diamkan selama kurang lebih 5 sampai 8 menit
  • Setelah semua residu yang terdapat pada minyak jelantah telah diserap oleh serbuk arang kayu tadi, Maka kondisi minyak goreng jelantah mampu menjadi jernih kembali
  • Langkah selanjutnya yakni menyaring minyak goreng bekas yang sudah dijernihkan tadi dengan menggunakan kain yang  bersih. Sekarang minyak jelantah tersebut sudah berhasil dijernihkan dan siap untuk digunakan kembali


Itulah cara menjernihkan minyak goreng bekas agar dapat kita gunakan lagi. Namun untuk saran lebih baik tidak dilakukan karena bagaimanapun minyak goreng bekas tidak baik untuk kesehatan Anda, apalagi untuk tujuan dijual kembali.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar