--> Skip to main content

Cara Membuat Instagram Reels

Berikut ini merupakan panduan cara membuat Instagram reels beserta tips agar lebih menarik perhatian pengguna lainnya.

Tips Cara Membuat Instagram Reels

Monstutor.com. Dirancang untuk menyaingi TikTok, Instagram akhirnya merilis  fitur untuk berbagi video singkat yang dinamakan reels. 

Instagram Reels merupakan fitur baru dari Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat video mini atau video dengan durasi 15 detik saja yang mirip dengan TikTok.

Keunggulan fitur Instagram reels adalah integrasi tanpa batas dengan Instagram. Integrasi itu tidak hanya menawarkan pemaparan besar-besaran terhadap Reels sejak awal, tetapi juga memungkinkannya untuk memanfaatkan semua filter dan efek menarik yang sudah ada sebelumnya di Instagram.

Cara kerja Instagram Reels mirip dengan TikTok. Pengguna dapat melihat beragam konten di Reels dengan cara menggulir ke atas. Nantinya video baru akan tampil di bagian bawahnya. Durasi video yang disediakan berdurasi mulai dari 15-30 detik.

Adapun fitur-fitur yang disediakan di Instagram Reels terdiri dari durasi, audio, kontrol kecepatan, atur efek, filter, timer, dan rana multiklip.

Fitur durasi untuk mengatur durasi yang mau ditampilkan apakah mau 15 detik atau 30 detik. Sementara fitur audio untuk menambahkan latar belakang musik dalam konten.

Sementara kontrol kecepatan untuk mengatur apakah video mau ditampilkan dengan cepat atau lambat. Kemudian efek mirip dengan stiker atau emoji lain yang ada seperti di Instagram Stories.

Filter diperuntukkan untuk menambah efek entah itu di bagian wajah ataupun suasana video. Timer ditujukan untuk menambah beberapa detik sebelum video benar-benar diunggah.

Selanjutnya rana multiklip diperuntukkan agar pengguna menambah beberapa cuplikan video yang sudah direkam sebelumnya untuk digabung ke dalam satu Reels.

Panduan Cara Membuat Instagram Reels

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti panduan cara membuat Instagram Reels, berikut caranya :


1. Rekam Video Instagram Reels

  • Buka aplikasi Instagram di perangkat dan ketuk ikon kamera di sudut kiri atas. Pada layar berikutnya, ketuk opsi Memulai (Get Started).

Rekam Video Instagram Reels




  • Selanjutnya akan terlihat tiga opsi di bagian bawah: Live, Story, dan Reels. Ketuk pada Reels.

Live, Story, dan Reels


  • Pastikan panjang keseluruhan klip video adalah 15 detik. Ketika sudah siap, tekan ikon lingkaran putih besar untuk mulai merekam klip. Setelah selesai, ketuk tombol yang sama untuk menghentikan rekaman

tombol yang sama untuk menghentikan rekaman


2. Tambahkan Musik ke Instagram Reels

Untuk membuat klip yang mudah menarik perhatian, juga dapat menambahkan musik yang sesuai dengannya. Untuk melakukannya :

  • Ketuk ikon musik di sebelah kiri. 
  • Kemudian, cari musik yang ingin ditambahkan. 
  • Ada dua tab yang disebut For You dan Jelajahi. Sementara bagian For You secara otomatis mengatur lagu sesuai selera, bagian Browse menawarkan berbagai lagu dari genre yang berbeda. Menariknya, kita dapat melihat lirik di layar dan memilih bagian mana pun dari lagu tersebut. 
  • Simpan untuk waktu di mana kita ingin membuat video sinkronisasi bibir yang menyenangkan.

3. Sesuaikan Kecepatan Perekaman Video Instagram Reels

Ada juga cara untuk mengatur kecepatan perekaman video. Untuk melakukannya, gunakan ikon panah kanan yang terlihat seperti tombol putar. Saat ini, Reels memungkinkan kita untuk merekam video dalam gerakan lambat hingga. 3x dan .5x . Kita juga dapat mempercepat klip dengan memilih 2x dan 3x. Secara default, 1x dipilih.


4. Tambahkan Filter Menarik ke Instagram Reels

Sebelum memulai dengan perekaman, kita dapat memilih dari banyak efek keren untuk membuat klip terlihat menarik. Cukup, ketuk tombol smiley lalu geser ke kanan pada lingkaran putih besar untuk mengakses semua efek yang tersedia. Kemudian, pilih salah satu yang terlihat cocok untuk tema.

5. Atur Timer untuk Instagram Reels

Instagram Reels juga memungkinkan kita mengatur penghitung waktu sehingga kita bisa bersiap dengan sempurna untuk pemotretan. Untuk mengatur timer, ketuk ikon timer di sebelah kiri dan kemudian atur durasi untuk klip kita (0,1 hingga 15 detik). Setelah selesai, ketuk pada Set Timer. Saat kita mulai merekam klip, penghitung waktu akan muncul di layar.

6. Sejajarkan Instagram Reels

Jika videokita terlihat agak berantakan, maka kita dapat menyelaraskannya dengan sempurna. Untuk melakukannya, cukup ketuk tombol Align.

7. Putar ulang Instagram Reels

Setelah kita merekam Instagram Reels, ketuk panah belakang di bagian bawah untuk memutar ulang video.

8. Simpan Instagram Reels

Jika kita ingin menyimpan Instagram Reels di perangkat kita, ketuk panah maju di bagian bawah. Kemudian, ketuk tombol Simpan di bagian atas untuk menyimpan klip kita.

9. Percantik Instagram Reels.

Jika kita ingin membuat Instagram Reels kita dapat menarik perhatian, maka kita dapat menambahkan teks, emoji, dan stiker yang menarik. Setelah kita merekam klip, ketuk panah maju di bagian bawah. Kemudian, ketuk ikon emoji di bagian atas untuk memilih dari beragam stiker dan emoji.

Jika kita ingin mencoret-coret, ketuk tombol coretan di atas dan kemudian gunakan kreativitas kita untuk menambahkan sesuatu yang unik. Untuk menambahkan teks, ketuk tombol teks di sudut kanan atas layar dan kemudian tambahkan teks yang sesuai.

10. Bagikan Instagram Reels.

Setelah mengedit Instagram Reels, selanjutnya kita dapat membagikannya dengan teman dan pengikut kita. Untuk melakukannya, ketuk panah maju di bagian bawah. Selanjutnya, tambahkan judul dan pilih bagaimana kita ingin berbagi Reels dengan orang lain. Misalnya, kita dapat memilih untuk membagikan klip untuk feed atau cerita. Pada akhirnya, tekan tombol bagikan!

Perlu diperhatikan:
  • Kita juga dapat merekam Reels dengan audio asli kita sendiri.
  • Ingat, ketika kita memposting Reels di akun publik, siapa pun di Instagram dapat membuat Reels menggunakan audio asli kita.
  • Jika akun kita disetel ke pribadi, tidak seorang pun akan dapat membuat Reels menggunakan audio asli kita.
  • Perhatikan bahwa Reels yang diposting ke Umpan atau Jelajahi akan muncul di tab Reels di profil Instagram kita. Namun, Reels yang dibagikan di Cerita dan Direct akan secara otomatis dihapus setelah 24 jam dan kita tidak akan menemukannya di profil. 
  • Lindungi Instagram Reels dan Audio Asli kita.
  • Saat kita membagikan Instagram Reels, siapa pun dapat melihat dan membagikannya. Reels kita dapat muncul di Jelajahi dan tempat-tempat seperti efek, tagar, dan bahkan halaman audio. Begitulah cara klip menjadi viral dan meraih jutaan tampilan. Dan jika itu terjadi, kita bisa menjadi bintang dalam semalam.


Untuk membuat video Instagram Reels menjadi privasi, silahkan buka tab profil,  cari dan klik tombol menu yang terlihat seperti tiga garis horizontal -> Pengaturan -> Privasi -> Privasi Akun. Sekarang, hidupkan tombol untuk Akun Pribadi.

Itulah tips dan trik terbaik di mana kita dapat memanfaatkan Instagram Reels yang baru saja diluncurkan, tampaknya sepenuhnya diperlengkapi untuk mengisi kekosongan dan juga menawarkan sesuatu yang menarik bagi pencipta dan pengguna.

----------------------




Tag:
reels instagram android, reels instagram tidak muncul, cara melihat reels di instagram, instagram reels indonesia, download instagram reels, kenapa reels instagram tidak muncul, cara pakai reels instagram, reels instagram di indonesia.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar