--> Skip to main content

Tips Cara Mengajarkan Anak Menabung

Cara Mengajarkan Anak MenabungMenabung merupakan salah satu kebiasaan positif yang sangat penting diajarkan orang tua kepada anak. Cara mengajarkan anak menabung tidaklah mudah apalagi bila dilakukan pada anak-anak yang masih kecil. Perlu kesabaran agar anak mengerti manfaat dari menabung itu sendiri. 

Tips Cara Mengajarkan Anak Menabung


Cara mengajarkan anak menabung sebaiknya di ajarkan orang tua sedini mungkin kepada anak. Karena dengan menabung orang tua sudah mengajarkan anak cara mengelola keuangannya sendiri sehingga kelak anak lebih bijak memanfaatkan uang dan lebih menghargai uang.

Berikut ini adalah beberapa tips mengajarkan anak menabung yaitu :


1. Belikan anak celengan.

Langkah awal dan sederhana mengajarkan anak menabung adalah dengan membelikan celengan berbentuk lucu atau tokoh kartun yang disukai anak. Dengan celengan yang lucu anak akan senang dan semangat untuk mengisinya.


2. Berikan contoh menabung pada anak.

Anak memiliki kecenderungan meniru sikap orang tuanya. Oleh karena itu orang tua juga seharusnya memberikan contoh menabung pada anak. Orang tua bisa juga ikut menabung dengan celengan disamping celengan anak. Usahakan anak melihat kegiatan ketika orang tua menabung, dengan begitu anak bisa meniru perilaku orang tuanya.


3. Beri anak uang saku.

Cara mengajarkan anak menabung juga bisa dengan membiasakan anak dengan uang saku. Dengan memberikan uang saku anak terbiasa untuk mengelola keuangannya sendiri. Ajarkan pada anak untuk menyisihkan uang saku untuk ditabung sebelum anak membelanjakan uang sakunya. Dengan begitu anak terbisa untuk selalu menabung dan hidup hemat.


4. Ajarkan pada anak beda antara kebutuhan dan keinginan.

Sedini mungkin orang tua harus memberikan pengertian pada anak apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan mereka. Biasakan anak untuk mendahulukan kebutuhan bukan keinginan. Ajarkan anak untuk membuat list kebutuhan dan keinginan, dan dahulukan pemenuhan kebutuhan anak.


5. Biasakan anak membeli dengan uang sendiri.

Apabila anak benar-benar menginginkan sesuatu sebaiknya jangan langsung penuhi keinginan mereka. Namun ajarkan anaklah membeli dengan uang sendiri. Dengan begitu anak akan menjadi bersemangat dan lebih rajin untuk menabung demi mendapat apa yang mereka inginkan.


6. Buka rekening atas nama anak.

Setelah anak terbiasa menabung di celengan, ajarkan juga anak menabung di bank. Buatlah rekening atas nama anak dan bimbing mereka untuk menyetor uangnya setiap bulan.


Itulah beberapa tips tentang bagaimana caranya mengajarkan anak menabung sedari dini agak kelak anak terbiasa untuk mengelola keuangannya sendiri. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar